DEPARTEMEN MIKROBIOLOGI FAKULTAS
KEDOKTERAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Informasi Umum
Departemen Mikrobiologi FKUII mengembangkan pendidikan, pengajaran dan penelitian di bidang mikrobiologi. Pengajaran Histologi bagi mahasiswa sarjana kedokteran dilaksanakan secara terpadu karena Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning. Metode pembelajaran mikrobiologi tidak hanya dilaksanakan dengan kuliah tetapi juga praktikum dan diskusi tutorial. Dalam rangka pembelajaran Mikrobiologi melalui praktikum, departemen mikrobiologi memiliki sejumlah mikroskop dan preparat mikrobiologi, dan berbagai macam bakteri ATCC (____) atau bakteri klinis. Departemen Mikrobiologi juga memiliki beberapa poster yang dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran bagi mahasiswa.

Departemen Mikrobiologi ikut berperan serta dalam pengembangan ilmu dengan membuat program kerja rutin pelaksanaan penelitian dan keikutsertaan dalam pertemuan ilmiah nasional dibidang Mikrobiologi, biologi sel, dan molekuler. Untuk mendukung kegiatan penelitian, departemen mikrobiologi memiliki mikroskop, computer, autoclave, oven, inkubator, dan software optilab untuk pembacaan preparat hasil penelitian serta kamera mikroskop untuk pembuatan laparon penelitian. 

Departemen mikrobiologi senantiasa mendukung program kerja fakultas dengan ikut serta melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, dakwah islamiyah, dan peningkatan tata kelola yang baik dengan melakukan tindak lanjut hasil Audit Mutu Internal.  Departemen mikrobiologi juga berusaha meningkatkan kualitas manajemen maupun SDM dan memiliki sasaran mutu. 

Pelayanan 

  • Preparat dan mikroskop untuk pembelajaran regular maupun mandiri mahasiswa
  • Mikroskop, kamera mikroskop, komputer dan pembacaan preparat menggunakan software optilab untuk penelitian bagi staf departemen mikrobiologi, mahasiswa maupun umum.

Kegiatan terbaru yang sudah dilaksanakan

  • Lokarya departemen mikrobiologi
  • Kursus perawatan mikroskop bagi seluruh laboran Fakultas Kedokteran UII.
  • Telah diterima 10 asisten Mikrobiologi dari angkatan 2014


Kegiatan yang akan dilaksanakan

  • Short course Asisten Mikrobiologi