RAPAT KERJA ASOSIASI FAKULTAS KEDOKTERAN SWASTA INDONESIA (AFKSI)

RAPAT KERJA ASOSIASI FAKULTAS KEDOKTERAN SWASTA INDONESIA (AFKSI) di MALANG MENGHASILKAN BEBERAPA REKOMENDASI

Fakultas Kedokteran Swasta sangat berperan dalam mendukung sistem pelayanan kesehatan dan mencetak dokter yang kompeten, karena jumlah fakultas  kedokteran swasta di Indonesia jumlahnya lebih banyak dibanding negeri. Sehubungan dengan hal tersebut Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI) mengadakan rapat kerja yang diselenggarakan di Malang pada tanggal 28-29 Maret 2015.

Fakultas kedokteran UII mengirimkan dr. Erlina Marfianti, M.Sc, Sp.PD (Kaprodi PSPD FK UII)  dan Dr. Mustaqim, SH, M.Si wakil dari Yayasan Badan Wakaf untuk mengikuti acara tersebut. Pada acara tersebut materi yang disampaikan adalah Peran konsil Kedokteran Indonesia dalam Pendidikan Dokter, Akreditasi Model LAM PT Kes, Peningkatan kemampuan Fakultas Kedokteran Swasta di bidang Ristek, serta Rumah Sakit Pendidikan dan Hubungannya dengan Fakultas Kedokteran. Raker tersebut menghasilkan beberapa rekomendasi untuk pemerintah demi kemajuan pendidikan dokter lebih baik. Beberapa rekomendasi tersebut yaitu perlunya regulasi untuk RSUD sebagai Rumah sakit Pendidikan, Klarifikasi linieritas ijazah pengajar, memperjuangkan dokter pendidik klinik di RSP agar bisa mendapatkan NIDN, Penyelesaian retaker uji kompetensi, ketercukupan SDM, penetapan kuota mahasiswa

Tambahan Syarat Wisuda

Tambahan Syarat Wisuda

Surat Keterangan Penyerahan Koleksi (Perpustakaan Fakultas)
Surat Keterangan Bebas Pustaka (Perpustakaan Fakultas)
Surat Keterangan Penyerahan Karya Ilmiah (Perpustakaan Universitas)
Surat Keterangan Bebas Perpustakaan (Perpustakaan Universitas)
Print Lembar Judul KTI dalam B.Indonesia & B.Inggris serta dikirim ke email judul@gmail.com
4 lbr pas foto ukuran 4×6 cm
4 lbr pas foto ukuran 3×4 cm
Ijazah SLTA yang telah dilegalisir
Akta Kelahiran yang telah dilegalisir
Sertifikat TOEFL CILACS UII
Sertifikat KKN
Angsuran 1-2 / 3-4
Pengajuan Tutup Teori : ASLI / Fotocopy
Print Out KHS & IP dari Unisys
Surat Pernyataan Bebas dari Catatan Assesment Afektif : ASLI / Fotocopy
Tanda Terima Penyerahan Naskah Publikasi KTI (Cetak dan File/CD) ke Unit Jurnal FKUII di Sekretaris Wakil Dekan (Yani)

PENGUMUMAN PENGADAAN PEGAWAI BLUD NON PNS DINAS KESEHATAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015

Kami informasikan kepada civitas academica Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyelenggarakan Pengadaan Pegawai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Non Pegawai Negeri Sipil sesuai Rekomendasi Bupati Sleman. Berikut informasi selengkapnya:[hr style=none margin_top= margin_bottom=50]

 

PENGUMUMAN

NOMOR : 800 /1525

TENTANG

PENGADAAN PEGAWAI BLUD NON PNS

DINAS KESEHATAN KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2015

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman akan menyelenggarakan Pengadaan Pegawai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Non Pegawai Negeri Sipil sesuai Rekomendasi Bupati Sleman Nomor 814/0632/BKD tanggal 23 Maret 2015, dengan ketentuan sebagai berikut:

A.     Formasi yang Dibutuhkan

No.

Nama Jabatan

Jumlah

1. Dokter umum

14

2. Dokter gigi

2

3. Psikolog

1

4. Bidan

4

5. Perawat

4

6. Sanitarian

2

7. Pranata laboratorium

5

8. Fisioterapis

10

9. Pengelola IT & aset

19

10. Pengadministrasi umum

15

  Jumlah

76

B.  Persyaratan Umum

a. Warga Negara Indonesia;

b. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

c. Berbadan sehat;

d. Memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan;

e. Diutamakan memiliki KTP Kabupaten Sleman;

C.  Persyaratan Khusus

  1. 1. Dokter umum

a. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku minimal hingga 31 Desember 2015 atau surat keterangan      perpanjangan STR dari Organisasi Profesi Ikatan Dokter Indonesia (IDI);

b. Berusia maksimal 35 tahun pada tanggal 1 Januari 2015;

c. Lulusan Program Studi Kedokteran yang terakreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi;

d.Diutamakan IPK minimal 2.75;

e. Mempunyai pengalaman kerja di fasilitas pelayanan kesehatan;

f. Diutamakan memiliki sertifikat GELS/ACLS/ ATLS.

2.  Dokter Gigi

a. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku minimal hingga 31 Desember 2015 atau surat keterangan perpanjangan STR dari Organisasi Profesi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI);

b. Berusia maksimal 35 tahun pada tanggal 1 Januari 2015;

c. Lulusan Program Studi Kedokteran Gigi yang terakreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi;

d. Diutamakan IPK minimal 2.75;

e. Mempunyai pengalaman kerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

3. Psikolog.

a. Memiliki Surat Izin Praktek Psikolog (SIPP) yang masih berlaku minimal hingga 31 Desember 2015 atau surat keterangan perpanjangan SIPP dari Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) wilayah;

b. Berusia maksimal 37 tahun pada tanggal 1 Januari 2015;

c. Lulusan Pendidikan Profesi Psikolog yang terakreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi;

d. IPK minimal 3.00;

e. Mempunyai pengalaman kerja di fasilitas pelayanan kesehatan;

4. Bidan

a. Memiliki Surat Izin Bidan (SIB) atau Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku minimal hingga 31 Desember 2015 atau Surat Keterangan Perpanjangan STR dari Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP);

b. Berusia maksimal 30 tahun pada tanggal 1 Januari 2015;

c. Lulusan D.III Kebidanan dari Lembaga Pendidikan yang terakreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi;

d. IPK minimal 3.00;

e. Mempunyai pengalaman kerja di fasilitas pelayanan kesehatan;

f. Memiliki minimal salah satu sertifikat PONED/ IUD/ IMPLAN/ APN.

5. Perawat

a. Memiliki Surat Izin Perawat (SIP) atau Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku minimal hingga 31 Desember 2015    atau Surat Keterangan Perpanjangan STR dari Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP)

b. Berusia maksimal 30 tahun pada tanggal 1 Januari 2015;

c. Diutamakan lulusan D.III Keperawatan yang terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi;

d. IPK minimal 3.00;

e. Mempunyai pengalaman kerja di fasilitas pelayanan kesehatan;

f. Memiliki sertifikat PPGD;

g. Diutamakan laki-laki

6. Sanitarian

a. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku minimal hingga 31 Desember 2015 atau surat keterangan pengajuan STR dari Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP);

b. Berusia maksimal 30 tahun pada tanggal 1 Januari 2015;

c. Lulusan D.III Kesehatan Lingkungan yang terakreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi;

d. IPK minimal 2.75;

e. Mempunyai pengalaman kerja di fasilitas pelayanan kesehatan, diutamakan di puskesmas BLUD;

7. Pranata Laboratorium

a. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku minimal hingga 31 Desember 2015 atau Surat Keterangan      Pengajuan STR dari Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP);

b. Berusia maksimal 30 tahun pada tanggal 1 Januari 2015;

c. Lulusan D.III Analis Kesehatan yang terakreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi;

  1. d. IPK minimal 3.00;

          e. Diutamakan mempunyai pengalaman kerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

8. Fisioterapis

a. Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku minimal hingga 31 Desember 2015 atau Surat Keterangan Pengajuan STR dari Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP);

b. Berusia maksimal 40 tahun pada tanggal 1 Januari 2015;

c. Diutamakan lulusan D.III Fisioterapi yang terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi;

d. Diutamakan IPK 3.00;

e. Mempunyai pengalaman kerja di fasilitas pelayanan kesehatan, diutamakan di puskesmas BLUD;

9. Pengelola IT dan Aset

a. Berusia maksimal 35 tahun pada tanggal 1 Januari 2015;

b. Lulusan D.III semua Jurusan yang terakreditasi minimal B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi;

c. IPK minimal 2.75;

d. Diutamakan mempunyai pengalaman kerja di fasilitas pelayanan kesehatan BLUD;

e. Memiliki keahlian umum :

1). Menguasai seluruh program Microsoft Office;

               2)  Mampu mengetik komputer dengan cepat

f.  Memiliki keahlian khusus:

1). Kemampuan dalam bidang pengelolaan jaringan komputer;

2). Kemampuan dalam bidang pengelolaan data base sistem informasi kesehatan.

10. Pengadministrasian Umuma.

a. Berusia maksimal 37 tahun pada tanggal 1 Januari 2015;

b. Pendidikan minimal SLTA;

c. Bagi lulusan Perguruan tinggi IPK diutamakan 3,00;

d. Bagi lulusan SLTA/sederajat nilai rata-rata ijazah diutamakan 7,00;

e. Mempunyai pengalaman kerja di Unit Kerja BLUD;

A.     Persyaratan Administrasi

  1.           Surat lamaran ditulis tangan sendiri di atas kertas bermaterai 6000 ditujukan kepada Bupati Sleman up. Kepala Dinas      Kesehatan Kabupaten Sleman;
  2.           Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  3.           Fotokopi sah Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai;
  4.           Fotokopi sah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh Kepolisian setempat;
  5.           Pasfoto berwarna ukuran 3x4cm sebanyak 2 lembar;
  6.           Daftar Riwayat Hidup;
  7.   Surat Keterangan Sehat yang dikeluarkan oleh Dokter Pemerintah;
  8.           Fotokopi sah Surat Tanda Registrasi (STR)/ Surat Izin Praktek Psikolog (SIPP)/ Surat Izin Perawat (SIP)/ Surat Ijin Bidan (SIB) yang masih berlaku minimal hingga 31 Desember 2015 atau Surat Keterangan Perpanjangan/Pengajuan STR dari Majelis Tenaga Kesehatan Propinsi (MTKP), sesuai dengan persyaratan khusus masing-masing profesi;
  9.           Fotokopi Surat Keterangan Akreditasi program Studi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) bagi yang ijazahnya belum mencantumkan keterangan akreditasi dari BAN PT;
  10. Surat Keterangan Pengalaman Kerja yang ditandatangani oleh pejabat yang berwenang bagi yang mempunyai pengalaman kerja;
  11. Fotokopi sertifikat sesuai dengan persyaratan masing-masing jabatan.

 

A.     Teknis Pendaftaran

Berkas lamaran dimasukkan dalam 1 map diserahkan langsung oleh pelamar kepada Panitia Pengadaan Pegawai BLUD Non PNS dengan diberi tanda/tulisan LAMARAN PEGAWAI BLUD NON PNS DINAS KESEHATAN KABUPATEN SLEMAN di kanan atas Map dengan ketentuan sebagai berikut:

No.

Nama Jabatan

Ketentuan

1.

Dokter umum Map plastik warna hijau

2.

Dokter gigi Map plastik warna biru

3.

Psikolog Map kertas motif batik

4.

Bidan Map kertas warna merah

5.

Perawat Map kertas warna kuning

6.

Sanitarian Map plastik warna merah

7.

Pranata laboratorium Map plastik warna kuning

8.

Fisioterapis Map plastik warna putih

9.

Pengelola IT & asset Map kertas warna biru

10.

Pengadministrasi umum Map kertas warna hijau

Penerimaan berkas lamaran dilaksanakan pada hari Rabu s.d. Kamis, tanggal 25 s.d. 26 Maret 2015, pukul 08.00 WIB s.d. 14.00 WIB di Aula C Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

B.    Tahap Seleksi

 

  1. Pengumuman hasil seleksi administrasi pada hari Senin, tanggal                   30 Maret 2015 pukul 14.00 WIB melalui website Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman (www.dinkes.slemankab.go.id).
  2. Ujian wawancara dilakukan pada hari Selasa, tanggal 31 Maret 2015, pukul 08.00 WIB – selesai (sesuai jadwal) di Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman
  3. Ujian Praktek (khusus bagi pelamar Jabatan Pengelola IT dan Aset) dilaksanakan bersamaan dengan ujian wawancara pada hari Selasa, tanggal 31 Maret 2015, pukul 08.00 WIB – selesai di Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman.

C.    Pengumuman Hasil Seleksi

Pengumuman hasil pengadaan pegawai BLUD Non PNS Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Tahun 2015 dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal           2 April 2015 pukul 12.00 WIB melalui website Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman (www.dinkes.slemankab.go.id).

D.    Lain-lain

  1. Setelah dinyatakan lulus, calon Pegawai BLUD Non PNS melakukan pemberkasan pada hari Senin, tanggal 6 April 2015 pukul 08.00 WIB s.d. 12.00 WIB dengan menyerahkan kelengkapan berkas sebagai berikut:
  2. Surat keterangan dari instansi yang bertanggung jawab dalam bidang ketenagakerjaan (Kartu Pencari Kerja);
  3. Surat Pernyataan bermaterai;

-     Bersedia melakukan perjanjian kerja dengan Unit Kerja Badan Layanan Umum Daerah (UPT Puskesmas, UPT JPKM, UPT Laboratorium Kesehatan)

-     Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Kabupaten Sleman;

-     Tidak menuntut diangkat menjadi CPNS dan pegawai tetap.

 Pelamar yang lolos sampai dengan seleksi akhir dinyatakan gugur apabila:

a. Tidak dapat melengkapi berkas yang dipersyaratkan sampai dengan hari Senin, tanggal 6 April 2015 pukul 12.00 WIB;

b. Mengundurkan diri;

c. Tidak dapat menunjukkan dokumen asli ijazah, transkip nilai, Surat Tanda Registrasi (STR)/ Surat Izin Praktek Psikolog (SIPP)/ Surat Izin Perawat (SIP)/ Surat Izin Bidan (SIB)/ Surat Keterangan Perpanjangan/Pengajuan (sesuai dengan persyaratan khusus bagi masing-masing jabatan) saat pemberkasan.

3.  Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi akhir, kemudian mengundurkan diri dikenakan sanksi tidak bisa mengikuti seleksi pengadaan pegawai pada kesempatan selanjutnya.

4. Pelamar yang dinyatakan lolos seleksi akhir dan dinyatakan gugur akan digantikan pelamar selanjutnya berdasarkan urutan peringkat nilai sesuai formasi jabatan.

5. Pengumuman hasil seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.

 

  Sleman,   24     Maret 2015        

  Ketua Panitia 

  ttd

 dr. CAHYA PURNAMA, M.Kes.

Pembina, IV/a

NIP 19660830 199703 1 004

sumber: dinkes.slemankab.go.id

FK UII Presentasi Paper Tentang Peningkatan Mutu Pendidikan di AEME Pakistan

Kedokteran (UII News) – AEME adalah Association for Excellent Medical Association. Forum ini adalah forum paling bergengsi di kalangan kedokteran di seluruh Pakistan yang diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai negara seperti amerika, inggris, arab Saudi/timur tengah, Bangladesh, Iran, dan termasuk Indonesia. Forum ini diadakan tiap tahun untuk meningkatkan mutu pendidikan dokter di 92 Fakulatas kedokteran yang ada di Pakistan. Misi AEME adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dokter dan penelitian mengenai medical education untuk mencapai pendidikan kedokteran yang excellence.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Dekan FK UII, dr. Syaefudin Ali Akhmad, M.Sc bersama Faisal Ridho Sakti saat mengikuti AEME di Foundation University Islamabad pada awal bulan Maret 2015 yang lalu.

Menurut dokter Udin forum AEME ini didirikan pada tahun 2011 dan pertemuan kali ini merupakan pertemuan keempat dengan jumlah peserta yang semakin tahun semakin meningkat mencapai 500 peserta sedangkan tahun lalu 2014 delegasi FK UII yang dihadiri olehnya mengikuti acara tersebut di University of Health Sciences Lahore. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengambil tema profesionalisme dokter, AEME pada tahun ini megambil tema tentang the continuum of education in health professions; enhancing the quality.

“Dalam kesempatan ini delegasi FK UII mempresentasikan paper yang berjudul New Problem of National Competency test for Physician in Indonesia. Peningkatan mutu pendidikan dokter yang menjadi sebuah tuntutan dan keniscayaan demi tegaknya martabat pasien dan safety/keselamatan pasien serta demi terwujudnya efektivitas pelayanan kesehatan. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah tersedianya SDM yang kompeten dan terstandarisasi melalui ujian kompetensi bagi dokter”, katanya.

Lebih lanjut dosen Biokimia FK UII ini menjelaskan bahwa dalam acara tersebut delegasi FK UII bisa sekalian melakukan benchmark dengan Pakistan Medical Doctor and Dentistry Council (PMDC). PMDC juga dalam upaya melakukan hal yang sama untuk menata SDM dokter dalam rangka mengikuti akreditasi World Federation Medical Education (WFME) tahun 2023 melalui system assessment yang terstandarisasi WFME. Menurut data dari PMDC bahwa tiap tahun dokter Pakistan melakukan migrasi ke luar negeri seperti UK, USA, timur tengah dan Eropa yang jumlahnya mencapai 900 sampai 1250 per tahun. Pakistan dikenal sebagai negara terbesar kedua setelah india yang mengirimkan dokter paling banyak untuk bekerja di luar negeri, demikian imbuhnya.

Sementara itu, di sela-sela kesempatan mengikuti acara AEME tersebut Wadek FK UII ini, juga mengadakan kerja sama dengan beberapa universitas di Pakistan dan yang langsung bersedia menandatangani kerja sama tersebut yaitu Azad Jamu Kashmir Medical College (AJKMC). Bahkan Dekan Fakultas Kedokteran AJKM meminta waktu kepada Wadek FK UII untuk memberikan kuliah tamu kepada mahasiswa Azad Jamu Kashmir Medical College (AJKMC) di Muzaffarabad. AJKMC merupakan fakultas kedokteran yang sudah masuk dalam Internasional Medical Education Directory versi FAIMER dan WHO directory of Medical School. Dalam acara tersebut delegasi FK UII juga diberi kehormatan menjadi anggota tetap AEME. Wibowo/SAA

FK UII Terima Kunjungan dari STIKES Al Irsyad Al Islamiyah Cilacap

Kedokteran (UII News) – Dalam rangka meningkatkan tata kelola unit laboratorium maka  STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap melakukan kunjungan laboratorium di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Rombongan kunjungan  STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap, Johariyah, S. ST, M. Keb ( Pembantu ketua Bidang Administrasi Umum) saat melakukan pada hari Rabu, 11 Maret 2015/ 20 Jumadil Awal 1436 H, di laboratorium terpadu FK UII, Jl.Kaliurang Km.14,5 Sleman, yang diikuti 10 orang.

Menurut Johariyah, sebelum kunjungan ini berlangsung, terlebih dahulu diawali dengan permohonan izin dan Alhamdulillah diterima oleh Fakultas Kedokteran UII, “Alhamdulillah rencana kunjungan kami diterima oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia”, Katanya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa tujuan dari kunjungan tersebut untuk mengetahui administrasi pembelajaran di laboratorium, pengelolaan laboratorium, proses perawatan alat bahan laboratorium, proses pengadaan dan penggunaan alat-bahan laboratorium.

kunjungan sekolah tinggi ilmu kesehatan 2

Acara kunjungan dari STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap, disambut langsung oleh Dekan FK UII, dr.Hj.Linda Rosita, M.Kes., Sp.PK didampingi oleh Kaprodi PSPD FK UII, dr. Hj. Erlina Marfianti, M.Sc., Sp.PD, serta beberapa Kepala Departemen Pre Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.

Adapun acara kunjungan tersebut dikemas dalam bentuk tanya jawab, diskusi serta kunjungan di laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Wibowo

kunjungan sekolah tinggi ilmu kesehatan 2

Mahasiswa FK UII Ikuti Mesentrica II

Kedokteran (UII News) – Mahasiswa Fakultas Kedokteran UII kembali berkarya melalui keikutsertaannya dalam ajang kompetisi ilmiah antarmahasiswa kesehatan se-Indonesia. Dalam kompetisi yang digelar oleh kelompok mahasiswa Lampung University Medical Research Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Lunar FK Unila) yang bertajuk Medical Student Fair and Tracing Creativity II (Mesentrica II), mahasiswa FK UII berpartisipasi menjadi finalis di semua cabang lomba yang meliputi karya tulisan ilmiah gagasan tertulis, poster publik, dan esai. Lomba ini diikuti oleh mahasiswa kesehatan dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh mahasiswa FK UII, Rima Nur Rahmawati saat mengikuti Mesentrica II di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Lunar FK Unila) pada tanggal 13-15 Maret 2015 / 22-24 Jumadil Awal 1436 H.

Menurut Rima, dalam lomba yang bertemakan Infectious Disease ini, UII berhasil meloloskan 7 orang finalis yaitu Rima Nur Rahmawati (’13) dan Faqih Shintani Yuslihati (’13) dari cabang lomba Karya Tulis Ilmiah Gagasan Tertulis, Amiroh Dewi Kartika (’13) dan Anggita Dewanti, Hidayaning Nur Syahbania (’13) dari cabang lomba poster, dan Filzah Amar (’14), Yanasta Yudo (’14) dari cabang lomba esai. Rata-rata para finalis ini mengambil sutema pencegahan penyakit malaria dalam karyanya. Sayangnya, dalam ajang ini, perwakilan dari UII belum berhasil menyabet juara dari semua lomba yang diikuti. Meskipun demikian, disampaikan oleh ketua rombongan, Rima Nur Rahmawati (’13), mahasiswa harus tetap semangat dalam berkarya.

“Walaupun kita pulang belum mendapat juara 3 besar, tapi tak apa. Yang penting pengalamannya. Saya percaya semuanya sudah berusaha semaksimal mungkin. Selebihnya saya justru bangga karena FK UII bisa meloloskan 7 finalis di acara Mesentrica ini. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi. Tetap belajar dan berkarya” kata Rima.

 Lebih lanjut mahasiswa angkatan 2013 ini menjelaskan bahwa keikutsertaan mahasiswa FK UII dalam berbagai kompetisi di tingkat nasional bukan hal yang baru. Hal ini tak lepas dari dorongan Dekanat Fakultas Kedokteran untuk terus mengembangkan potensi mahasiswa dalam hal kompetisi ilmiah sesuai visi FK UII yang berkomitmen pada bidang penelitian. Tak hanya itu, Dekanat Fakultas Kedokteran juga mewadahi minat mahasiswa FK UII dalam hal kepenulisan ilmiah dalam UKM SMART (Scientific Medical Activities of Research and Technology) FK UII. Meskipun masih seumur jagung, UKM ini terus berusaha untuk mengembangkan kapasitas keilmuan dan riset mahasiswa di bidang medis. Melalui UKM SMART FK UII, mahasiswa FK tak hanya diharapkan terus berkarya dan mengharumkan nama UII di berbagai ajang kompetisi ilmiah, tetapi juga dapat menjadi UKM yang menelurkan peneliti hebat di masa mendatang, jelas Rima. Wibowo

PENGUMUMAN PREDIK PERIODE MARET 2015

Diinformasikan kepada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia bahwa jadwal Pelaksanaan kegiatan Predik Periode Maret 2014  sebagai berikut:

 

[column size=half position=first ]Pendaftaran Matrikulasi  [/column][column size=half position=last ]: 24 Maret – 27 Maret 2015[/column]

[column size=half position=first ]Pembayaran Matrikulasi & Ujian Predik[/column][column size=half position=last ]: 24 Maret – 31 Maret 2015[/column]

[column size=half position=first ]Pelaksanaan Matrikulasi Predik[/column][column size=half position=last ]: 30 Maret – 2 April 2015[/column]

[column size=half position=first ]Ujian PREDIK Utama[/column][column size=half position=last ]: 6 April – 9 April 2015[/column]

[column size=half position=first ]Yudisium PREDIK Utama[/column][column size=half position=last ]: 10 April 2015[/column]

[column size=half position=first ]Ujian Remediasi I[/column][column size=half position=last ]: 13 April – 15 April 2015[/column]

[column size=half position=first ]Yudisium Remediasi I [/column]  [column size=half position=last ]: 16 April 2015[/column]

[hr style=none margin_top= margin_bottom=]

Untuk pengumuman ujian Remediasi II dan Yudisium Remediasi II akan diinfokan selanjutnya.

Tempat pendaftaran matrikulasi & ujian Predik : Ruang Admin Ket. Medik Lt.4 (sayap timur).

Syarat pendaftaran matrikulasi :

  • Mengisi formulir pendaftaran
  • Menyerahkan Surat Pernyataan Tutup Teori yang sudah di yudisiumkan atau FC ijazah S.Ked.
  • Bagi mahasiswa KBK 2011 sudah mengikuti OSCE Komprehensif Ke-Islaman

Biaya matrikulasi dan ujian Predik sebesar Rp 3.550.000,00 dan dibayarkan ke Bank Muamalat (Kantor Kas Rektorat UII).

Syarat mengikuti ujian Predik :

  • Menyerahkan kuitansi bukti pembayaran matrikulasi dan ujian predik
  • Mengikuti matrikulasi 100 %

Informasi selengkapnya dapat didownload : Pengumuman Predik Maret 2015

 

PENGUMUMAN LKID

Assalaamu ‘alaikum wr. wb.
Diberitahukan kepada semua mahasiswa bahwa akan diadakan kegiatan LKID (Latihan Kepemimpinan Islam Dasar) sebagai berikut :
1. Jadwal Kegiatan
2. Rundown acara
3. Tata tertib
Demikian, Wassalaam.

 

 

SEMINAR ILMIAH NASIONAL CONTINUING MEDICAL EDUCATION “CURRENT UPDATE OF PEDIATRIC DISEASE”

Panitia CME FK UII 2015 mengadakan Seminar Ilmiah Nasional Continuing Medical Education dengan tema “CURRENT UPDATE OF PEDIATRIC DISEASE” yang akan diadakan pada Minggu, 29 Maret 2015 bertempat di Imperial Ballroom The Sahid Rich Hotel, Yogyakarta

 

Tema

Febril Seizure: Management to Prevent Complication
by Prof. Dr. dr. Sunartini Hapsaram PhD. Sp.A (K)

Clinical Approach to Diarrhea and Electrolyte Therapy in Children
by Prof. Dr. dr. M. Juffrie, PhD. Sp.A (K)

Respiratory Problems in Pediatric: Emergency and The Best Management
by dr. Amalia, Sp.A (K)

Clinical Update of Pediatric Basic Life Support
by dr. Nurnaningsih, Sp.A (K)

Immunization for A Healthy Future
by dr. Soeroyo Mahfuudz, Sp.A (K)

Management of Congenital Heart Disease in Primary Care Unit
by dr. Sri Lilijanti W., Sp.A (K)

Clinical Approach and Management of Pediatric Surgical Emergency
by dr. Ajie Rakhmadi, Sp.BA

Islamic Perspective of Immunization in Children
by dr. Raehanul Bahraen

 

Harga Tiket

*Sebelum 1 Maret 2015

[column size=fourth position=first ] Dokter Muda/Mhs[/column][column size=two-third position=last ]Rp 200.000[/column]

[column size=fourth position=first ]Dokter Umum[/column][column size=two-third position=last ]Rp 300.000[/column]

[column size=fourth position=first ]Dokter Spesialis[/column][column size=two-third position=last ]Rp 400.000[/column]

 

*Setelah 1 Maret 2015

[column size=fourth position=first ] Dokter Muda/Mhs[/column][column size=two-third position=last ]Rp 250.000[/column]

[column size=fourth position=first ]Dokter Umum[/column][column size=two-third position=last ]Rp 350.000[/column]

[column size=fourth position=first ]Dokter Spesialis[/column][column size=two-third position=last ]Rp 450.000[/column]

Rekening:

Bank BRI Syariah 1020742344 a/n Irna Meliya Wati
Bank Mandiri 1370006877118 a/n Fajriatun Nur Isnaeni
Info selengkapnya dan pembelian tiket bisa menghubungi CP

[column size=fourth position=first ]Isna[/column][column size=two-third position=last ]085725943455[/column]

[column size=fourth position=first ]Huma [/column][column size=two-third position=last ]081216291491[/column]

 

 

atau Line (ID: cmefkuii)