Tenaga Kependidikan Profesional dan Amanah, FK UII Selanggarakan Workshop Evaluasi Deskripsi Tugas

Fakultas Kedokteran UII Menyelenggarakan Workshop Evaluasi Deskripsi Tugas dan Pelatihan Bagi Tenaga Kependidikan pada Selasa, 5 Februari 2019 di hotel Prime Plaza Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh 67 tenaga kependidikan FK UII beserta Jajaran Dekanat, Jurusan, Prodi, Kepala Departemen dan Ketua Unit di lingkungan FK UII. Workshop ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan DT oleh tenaga kependidikan dalam rangka optimalisasi peran dan service excellent. Sebelum pelaksanaan workshop, terdapat serangkaian acara pra workshop yang dilaksanakan pada Sabtu 2 Februari 2019 di Auditorium lt 1 FK UII. Peserta workshop juga diminta melakukan self assessment dan peer assessment terhdap DT.

Pada kegiatan pra workshop, kegiatan difokuskan pada Focus Group Discussion pada masing-masing Divisi atau Unit dan Departemen, yang didampingi oleh Fasilitator dari Pimpinan FK UII atau Ketua Unit atau Kepala Departemen. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada dan usulan perbaikan ke depan termasuk didalamnya redistribusi DT. Selanjutnya, peserta workshop mendapatkan taushiyah dari Bapak Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc tentang Pekerjaanku menjadi Ladang Amal, pelatihan Optimalisasi Deskripsi Tugas dari ibu Ike Agustina, S.Psi., M.Psi., Psi. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi dari masing-masing Divisi, yang diawali oleh Divisi Akademik & SIM, dilanjutkan Presentasi Divisi Umum & Rumah Tangga dan terakhir adalah presentasi Divisi Keuangan.

Alhamdulillah, kegiatan berjalan lancar dan semoga tercapai tujuan utama dari kegiatan ini yaitu Tenaga Kependidikan bisa melakukan tugas-tugasnya secara optimal.

Kegiatan pra workshop berupa Focus Group Discussion pada masing-masing Divisi atau Unit dan Departemen, yang didampingi oleh Fasilitator dari Pimpinan FK UII atau Ketua Unit atau Kepala Departemen. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada dan usulan perbaikan ke depan termasuk didalamnya redistribusi DT. Selanjutnya, peserta workshop mendapatkan taushiyah dari Bapak Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc tentang Pekerjaanku menjadi Ladang Amal, pelatihan Optimalisasi Deskripsi Tugas dari ibu Ike Agustina, S.Psi., M.Psi., Psi. Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi dari masing-masing Divisi, yang diawali oleh Divisi Akademik & SIM, dilanjutkan Presentasi Divisi Umum & Rumah Tangga dan terakhir adalah presentasi Divisi Keuangan. (Rani/Tri)

dr.Tria Meilla R Alumni FK UII (Ketua Klinik RSB) Kunjungi PYBW UII

 

C:\Users\FKUII-01\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-01-18 at 18.55.37.jpeg

Kedokteran – Alumni Kedokteran Universitas Islam Indonesia, angkatan 2004 dr. Tria Meilla R mendapat amanah sebagai Ketua Klinik Rumah Sehat Baznas Yogyakarta dan berkesempatan melakukan kunjungan ke Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indoneisa yang ditemui langsung oleh Ketua Umum Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia Drs. Suwarsono, MA, Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Drs. Sularono, M.Ag, Ketua Bidang Pengembangan Bisnis Drs. Muqodim, MBA, dan Bendahara Drs. Suharto, M.Si.

Menurut dr. Tria Meilla R kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jumat, 18 Januari 2018, Jam. 13.50 s.d 15.00 WIB bertempat di Ruang Rapat YBW UII,Jl.Cik Di Tiro Yogyakarta, dengan agenda kegiatan saling silaturami karena tidak pernah bertemu.

Lebih lanjut di jelaskan dokter Tria bahwa sudah lama komunikasi tidak terjalin antara YBW UII,BAZNAS dan RSB. Oleh karena itu melalui pertemuan ini diharapkan dapat meningkatkan komunikasi dan kerjasama. Yang sebernarnya sudah ada dan telah tertuang pada Surat Keputusan Bersama (SKB) dalam pendirian RSB Yogyakarta.

Disepakati bahwa kerjasama ini akan berlangsung dalam 1-2 tahun kedepan meliputi bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat yang merupakan bagian dalam Catur Dharma UII.

Semua pihak optimis bahwa kerjasama ini akan membawa angin segar akan kemajuan RSB Yogyakarta maupun UII dan bagi umat khususnya kaum dhuafa. Wibowo

 

Kedokteran Hadir di Acara Expo Pendidikan Tinggi Kota Malang dan Ngawi 2019

 

Kedokteran – Guma memperkenalkan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Yogyakarta kepada siswa di Kota Malang, Jawa Timur, maka FK UII ikuti Expo Pendidikan Tinggi Kota Malang dan Ngawi 2019

Hal tersebut disampaikan oleh Tim Promosi FK UII, dr. Dimas Satya Hendarta, selepat mengikuti kegiatan Expo Pendidikan Tinggi Kota Malang dan Ngawi 2019 masing-masing berlangsung selama 1 hari, yaitu pada Kamis, 10 Januari 2019 di Gedung Sasana Krida Universitas Negeri Malang (UM) dan Selasa, 15 Januari 2019 di Gedung RM Notosuman Ngawi dari pukul 08.00-15.30.

Menurut dokter Dimas, kegiatan ini dimulai dengan pembukaan, setelahnya pameran baru efektif dimulai sekitar pukul 09.00. Kegiatan ini dibanjiri oleh lebih dari 9.000 pelajar se-Kota Malang dan Kabupaten Ngawi, dan mereka begitu antusias mendatangi serta mencari informasi yang ditawarkan stand para peserta expo, tak terkecuali stand FK UII untuk mencari berbagai info seputar PMB 2019. Wibowo

 

Wadek Sumber Daya FK UII Pimpin Pleno Karyawan

Kedokteran – Guna memberikan informasi terkait karyawan atau tenaga kependidikan di lingkungan Kedokteran Universitas Islam Indonesia maka diselenggarakan Pleno Karyawan atau pleno bagi tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Kedokteran UII.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, dr. Erlina Marfianti, M.Sc., Sp.PD, di laboratorium Lt. 2 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta, yang diikuti seluruh Tenaga Kependidikan se FK UII. Wibowo

 

Mahasiswa Kedokteran melakukan Prestasi Poster Ilmiah di FK UII

Kedokteran – Salah satu komponen pinilaian blok adalah nilai penugasan yang harus di capai oleh mahasiswa blok kesehatan masyarakat yaitu dengan mampu membuat poster dan mempresentasikannya di hadapan tutor penguji sebagai upaya untuk mendapat nilai secara maksimal.

Presentasi penugasan poster mahasiswa blok kesehatan masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia berlangsung di seluruh koridor dan selasar Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, kampus terpadu UII, Jalan Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta, yang diselenggarakan pada hari Jumat, 11 Januari 2019 pada pukul. 13.00 Wib. Wibowo

 

Kedokteran Selenggarakan Pembimbingan Sukses UKMPPD

Kedokteran – Sukses Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) merupakan suatu usaha institusi untuk mengantarkan mahasiswa berhasil dengan cara pembibingan yang di selenggarakan secara periodik.

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Veby Novri Yendri, Sp.THT-KL, saat memberikan pengarahan sebelum bimbingan jelang UKMPPD periode Februari 2019 bagi mahasiswa profesi pendidikan kliniki FK UII di auditorium FK UII lt.1 Jalan Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta pada tanggal 09 Januari 2019.

Selama bimbingan nantinya mahasiswa akan di bagi menjadi beberapa kelompok kecil untuk membahas masalah-masalah dan soal yang diberikan, kemudian ada kuliah pakar serta evaluasi bimbingan dengan Try Out. Wibowo

 

Jurusan Kedokteran UII selenggarakan Local Genius

Kedokteran – Guna membuat kecerdasan yang unggul berbasis ilmia di bidang kesehatan dan kedokteran maka Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan acara Local Genius yang diperuntukan bagi dosen di lingkungan FK UII.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Rabu, 09 Januari 2019 bertempat di auditorium lantai 1 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta dengan mengundang narasumber mantan Warek I UII, Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI. Wibowo

 

Dosen FK UII Ikuti PLA tentang Implementasi dari UHC

C:\Users\FKUII-01\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-01-14 at 17.40.32.jpeg

Kedokteran – Dosen dan Tutor Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Ikuti acara program Penciptaan Lingkungan Akademik (PLA) yang di selenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.

Adapun kegiatan tersebut berlangsung pada hari Selasa, 08 Januari 2019, pada pukul 12.30 WIB bertempat di auditorium Lt.1 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta, dengan di kemas dalam bentuk Mini Symposium “Implementation of UHC : Experienced from Taiwan & UK dalam rangka Seminar Ilmiah Program Penciptaan Lingkungan Akademik Fakultas Kedokteran UII

Selaku pemateri, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia mengundang Prof. Shiao-Ping Chen denga materi tentang “Implementation and Challenges NHI in Taiwan” dari dosen Asian University dan dr. Nur Aisyah Jamil, M.Sc dosen Tetap FK UII dengan tema “Experience of UK National Health Service: Best Practice for Indonesia”. Wibowo

 

Dosen Tamu untuk Mahasiswa Blok 4.4 FK UII

C:\Users\FKUII-01\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-01-14 at 17.40.02.jpeg

Kedokteran – Guna menambah bekal bagi mahasiswa di Blok Kesehatan Masyarakat (4.4), maka Fakultas Kedoktean Universitas Islam Indonesia mengundang dosen tamu dari Asia University Taiwan untuk mengisi kuliah Guest Lecture.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Blok Kesehatan Masyarakat 4.4, dr. Sani Rahman Soleman, M.Sc yang diselenggarakan pada hari Selasa, 08 Januari 2019 bertempat di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof.Dr. Sardjito, MD, yang diikuti mahasiswa Semester 7 FK UII.

Menurut dokter Sani bahwa dalam kegiatan dosen tamu atau Guest Lecture untuk mahasiswa Blok 4.4 menghadirkan Prof.Shiao-Ping Chen dari Asia University Taiwan, sebagai dosen ahli kesehatan masyarat di Taiwan. Wibowo

C:\Users\FKUII-01\AppData\Local\Temp\WhatsApp Image 2019-01-14 at 17.40.00.jpeg

 

Dokter P Luthfi ghazi, M.Kes (Dosen Tetap FK UII) Ciptakan Buklet Baraille tentang Sindroma T O R C H bagi Penyandang Disabilitas Tuna Netra

Kedokteran – dr. Pariawan Luthfi Ghazali, M.Kes Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia menjalankan pengabdian kepada masyarakat dengan membuat buklet braille untuk menginformasikan promosi kesehatan tentang sindroma Torch bagi penyandang disabilitas tuna netra.

Hal terserbut disampaikan oleh dokter Pariawan Luthfi Ghazali, M.Kes saat di temui di ruang Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta, pada hari kerja Senin, 07 Januari 2019 dengan menunjukan karya ilmiahnya.

Menurut dokter Luthfi, bahwa kegiatan ilmiah dengan membuat media promosi kesehatan cetak untuk tuna netra seudah sejak tahun 2004, dan didasari dengan semangat pengabdian karena media cetak untuk tuna netra masih minim, misal, buku bacaan, Al Qur-an, termasuk buku saku dan informasi-informasi kesehatan, sehingga semua penyandang disabilitas berhak mendapatkan informasi. Wibowo