,

Delegasi UII Berhasil Meraih 5 Medali Emas dan Satu Piala di Taiwan

WhatsApp Image 2016-12-11 at 20

WhatsApp Image 2016-12-11 at 20

Caption : Nurul Hidayah (FK UII 15) dan Felix Giovanni Hartono (FK UII 15) nampak senang mendapatkan 5 Mendali Emas dan 1 Piala (Wibowo/istimewa)

KALIURANG (UII NEWS) – Pada Kamis – Ahad, 8 -11 Robiul Awal 1438 H / 8 – 11 Desember 2016 M, dua tim dari delegasi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Islam Indonesia (UII) dengan total 5 delegasi, mengikuti Kaohsiung International Invention and Design Expo yang diadakan di Kaohsoiung Taiwan.

Hal tersebut disampaikan oleh Nurul Hidayah (FK UII 15) sepulang mengikuti kegiatan tersebut bersama dengan kedua temannya Felix Giovanni Hartono (FKUII15), dan Rima Nur Rahmawati (FK UII 13).

Menurut Nurul, saat mengikuti kegiatan tersebut, delegasi dari Kedokteran mempresentasikan dua buah karyanya yang berjudul “BIO-TIC : a Novel Biodegradable Plastic from Suweg Amorphophallus Campanulatus and Orange Peel Waste” dan juga “iMun Application: Facilitating Access to Homecare and Telemedicine”.

“Untuk karya Ilmiah dengan judul BIO-TIC dibawakan oleh tim delegasi UII yaitu Nurul Hidayah (FK UII 15) , Felix Giovanni Hartono (FK UII 15), dan Rima Nur Rahmawati (FK UII 13) sementara untuk karya iMUN dibawakan oleh tim delegasi UII lain yaitu Alin Julda Qonita (FK UII 14), Susan Indriani (FK UII 15), dan Didik Firmansyah (FTI UII 14)”, kata Nurul.

Pada akhirnya, proses pemberian penghargaan dan award dilakukan pada hari minggu keesokan harinya. Awalnya delegasi dari tim UII mendapat special Award dari negara hongkong untuk tim delegasi iMUN dan mendapatkan special award dari Thailand dan Korea untuk tim delegasi dengan karya BIO-TIC. Selaniutnya, pada sore harinya sekitar jam 3 para delegasi dari Kedokteran UII mendapat informasi bahwa dua tim dari Kedokteran UII sukses mendapatkan gold medal pada setiap karyanya.

“kami sangat bersyukur dengan hasil itu, maha besar Allah, delegasi dari Kedokteran UII kembali mendapat penghargaan sebagai top ecological invention yang diberikan kepada delegasi BIO-TIC, sehingga secara keseluruhan, tim dari UII berhasil mendapat 5 Medali Emas dan 1 Piala”, ucap Nurul.

“Semua gara gara Allah, kita cuma berusaha, Allah yang menentukan, semoga setelah ini, delegasi Kedokteran UII lainya bisa mendapat hasil yang juga baik, Amin”, tambahnya sambil terharu.

Ditambahkan oleh Nurul, perjuangan menuju ke Taiwan sangat berkesan, diawali Delegasi UII berangkat pada hari Rabu 7 Desember 2016 dari Jogja ke Surabaya, lalu melanjutkan ke Taiwan keesokan harinya dengan menginap di sebuah masjid yang berada di Kaohsiung.

Untuk menuju ke lokasi (Kaohsiung International Convention Centre(KICC)) delegasi menggunakan jasa MRT yang ada di Kaohsiung. Delegasi dari UII mulai mempersiapkan booth presentasinya di KICC sejak hari Jumat (9/12), dan pada hari Sabtu (10/12), proses penjurian dan presentasi karya mulai dilakukan.

“Alhamdullilah tidak ada masalah ketika kami presentasi, mungkin cuma sedikit lelah karena terus berjalan sejak pagi”, katanya. Wibowo