,

Mahasiswa Kedokteran Juara 1 dalam Ajang Scientific Research Festival (SRF) 2016 di Medan

Foto Wibowo/Istimewa : Faisal Ridho Sakti mahasiswa FK UII mendapatkan hadiah juara I di ajang SRF 2016 di FK USU Medan

 

Kaliurang (UII News) – Enam delegasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII), mengikuti perlombaan Scientific Research Festival (SRF) 2016 di kota Medan. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Fakultas Kedoteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) Medan untuk mahasiswa kesehatan di seluruh Indonesia.

Hal tersebut dijelaskan oleh Faisal Ridho Sakti, mahasiswa FK UII angkatan 2013, saat di Kampus FK UII sepulang dari  Fakultas Kedoteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) unutk  mengikuti Scientific Research Festival (SRF) 2016 di kota Medan pada Jum’at-Selasa, 29 Januari – 2 Februari 2016 / 19 – 23 Rbiul Akhir 1437 H.

“Perlombaan ini mencakup cabang KTI-GT, Essay Ilmiah, Poster Ilmiah, Poster Publik, dan Vidio Edukasi dengan mengusung tema “Neuoropsychiatry Disease : Assess Your Brain, Enrich Your Life”, kata Faisal.

Menurut Faisal, Delegasi dari FK UII masuk dalam finalis cabang Essay Ilmiah (Faisal Ridho Sakti), Poster Ilmiah (Septantri H., Dwi Ana, dan Amiroh D.K.), dan Vidio Edukasi (Indra Wahono, Dyan N.L., dan Amelia K.).

“Sebelum mempresentasikan karyanya, para peserta SRF 2016 telah melewati seleksi ketat untuk menjadi finalis. Masing-masing cabang diambil 10 finalis untuk cabang lomba KTI-GT, Esssay, dan Vidio Edukasi. Sedangkan untuk cabang lomba Poster Ilmiah dan Poster Publik diambil 15 tim untuk memaparkan karyanya. Acara ini diikuti oleh 112 delegasi dari 20 universitas di Indonesia”, jelasnya.

Dengan usaha keras dan semangat yang kuat akhirnya Essay karya dari Faisal Ridho Sakti dinyatakan sebagai pemenang juara I dengan judul “Potensi Nanocurcumin sebagai Terapi Terkini Penyakit Alzheimer”.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa mendapatkan Juara 1 dalam perlombaan ini. Saya merasa sangat bangga bisa bersaing dengan Fakultas Kedoteran lain dari seluruh Indonesia. Saya sangat berterimakasih kepada SMART FK UII yang telah mengajarkan saya tentang dunia keilmiahan,” demikian kesan kegembiraan dari Faisal

Ditambahkan oleh Faisal menyatakan  bahwa Prestasi ini merupakan suatu capaian yang patut dibanggakan guna mempertahankan akreditasi A FK UII. Semoga kedepannya akan lebih banyak prestasi yang di torehkan oleh FK UII. Wibowo/Tri