YOGYAKARTA (fk.uii.ac.id) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) kembali meneruskan Tradisi Prestasi Tiada Henti dengan meraih gelar Juara 2 Nasional Poster Publik Emergency Medical Competition 2021 Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia (PTBMMKI) Wilayah 1. Pada babak final yang berlangsung secara daring pada 22 Agustus 2021, delegasi FK UII yang terdiri dari Anisa Sugiyanti, Amany Taqiyyah Wardhani, dan Anindya Amanda Damayanti harus bersaing ketat dengan finalis lainnya yang berasal dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Universitas Hangtuah, Universitas Sriwijaya, dan Universitas Muhammadiyah Palembang.

Pada kesempatan kali ini delegasi FK UII menampilkan karya berjudul: “Waspada Racun Hand Sanitizer, Yuk Mulai CAKAP!”. Kata “CAKAP” di sini merupakan akronim dari langkah-langkah pencegahan toksikasi hand sanitizer. Topik tersebut sengaja dipilih delegasi FK UII karena masih jarang dibahas di tengah-tengah publik, padahal angka kejadian kasusnya kian meningkat di Indonesia, terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Gejala yang dapat muncul akibat toksikasi hand sanitizer begitu bervariasi, mulai dari iritasi kulit hingga penurunan kesadaran yang dapat mencapai tahapan yang sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention pada tahun 2020, sebanyak 300 anak dirawat dan 2 orang meninggal setiap harinya karena keracunan hand sanitizer. Oleh karena itu, pengetahuan terkait hal ini perlu diedukasikan kepada masyarakat agar mereka memiliki kesadaran dan pengetahuan yang baik saat membeli hand sanitizer, minimal dengan meneliti terlebih dahulu label komposisinya apakah terdapat zat berbahaya seperti metanol atau tidak. (dsh)