Siswa SDIT Ash Shiddiq Sehari Menjadi Mahasiswa FK

Siswa SDIT Ash Shiddiq saat mengunjungi perpustakaan FK UII.

Siswa SDIT Ash Shiddiq saat mengunjungi perpustakaan FK UII.

   SLEMAN (Ath-Thib) – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) menerima kunjungan guru dan siswa kelas I-V Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Ash Shiddiq Yogyakarta pada hari Kamis, 24 November 2016, yang ingin mengetahui dan merasakan langsung bagaimana gambaran pembelajaran di suatu fakultas kedokteran. Para siswa tersebut tampak sangat senang dan antusias melihat dan mencoba berbagai fasilitas pendidikan yang ada di FK UII.

Para siswa tersebut setelah diterima oleh dr. Ninda Devita dari Unit Promosi dan Kerjasama (UPKS) FK UII, selanjutnya diajak berjalan-jalan ke laboratorium anatomi, histologi, mini hospital, dan perpustakaan. Mereka dipandu oleh delapan mahasiswa dari tim marketing komunikasi (MARKOM) UPKS FK UII. Di berbagai lokasi tersebut mereka mendapatkan penjelasan dari pemandu serta berkesempatan untuk merasakan sensasi menjadi mahasiswa FK, seperti melihat sel dengan mikroskop mikroelektron, mengenal berbagai macam preparat anatomi tubuh manusia, hingga menjajal berbagai macam alat pemeriksaan kedokteran.

Bapak Irwin selaku humas dan administrasi SDIT Ash Shiddiq yang turut mendampingi para siswa mengatakan bahwa kegiatan seperti ini dirasa penting karena dapat memberi pengalaman serta gambaran tentang dunia kesehatan yang belum tentu bisa didapatkan para siswa di dalam kelas. “Kami mengharapkan kunjungan seperti ini dapat terus berlanjut,” ujarnya bersemangat.

Dihubungi terpisah, dr. Dimas Satya Hendarta selaku Kepala UPKS FK UII menjelaskan bahwa penerimaan kunjungan dari SDIT Ash Shiddiq merupakan salah satu bentuk komitmen FK UII untuk mewujudkan visinya sebagai rahmatan lil ‘alamin. Melalui kegiatan semacam itu diharapkan nantinya akan tumbuh keinginan dan cita-cita di kalangan para pelajar SD untuk menjadi sosok yang berilmu dan bermanfaat bagi sesama, salah satunya dengan menjadi seorang dokter. (fm/dsh)