Agenda Milad Fakultas Kedokteran UII Tahun 2017

poster milad2



,

Symposium & Workshop: Annual Primary Care Update 2017

Untitled-1

Annual Primary Care Update 2017

“CORONER” Coronary Artery Disease Management In Primary Health Care Setting : Improving Clinical Competences and Continuing Professional Development General Practioner

in Health Promotion And Prevention

9 DESEMBER 2017

THE GARDEN ROOM EASTPARC HOTEL YOGYAKARTA

Seminar & Workshop “Coroner”

Dalam rangka mengoptimalkan kompetensi klinis dokter terutama pengelolaan kasus-kasus kegawatan di bidang kardiologi sehari-hari secara komperhensif dan holistik serta konsep patient centered care, FK UII mengembangkan beberapa program
peningkatan kemampuan dokter. Salah satunya program yang akan dilaksanakan adalah Seminar Nasional Annual Primary Care Update tahun 2017 adalah kegiatan berupa symposium dan workshop dimana pemateri menyampaikan materi sesuai tema setelah itu
peserta dapat menyampaikan pertanyaan dan diskusi terkait pengalaman klinis sehari-hari peserta. Simposium berisi 4 materi yang menitik beratkan pada peningkatan kemampuan aspek klinis dan penambahan wawasan konsep pengelolaan pasien secara komperhensif dan holistik di fasilitas kesehatan tingkat primer (FKTP).

SYMPOSIUM 1

“Current Update In Coronary Artery Disease Screening Risk Factor and Laboratory Examination 

In Primary Health Care Setting”

dr. Linda Rosita, Sp.PK, M.Kes

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia

  • Penjelasan konsep pemeriksaan laboratorium kasus Penyakit Jantung Koroner (angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI)
  • Penjelasan temuan biomarker terbaru pada kasus Penyakit Jantung Koroner (angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI)
  • Penjelasan konsep pemeriksaan laboratorium kasus Penyakit Jantung Koroner yang dapat di lakukan di fasilitas kesehatan tingkat primer

dr.Erlina Marfianti Sp.PD, M.Sc

Kaprodi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia

  • Penjelasan cara identifikasi Faktor risiko pada kasus Penyakit Jantung Koroner (angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI) di fasilitas kesehatan tingkat primer
  • Penjelasan konsep promosi dan preventif pada Faktor Risiko kasus Penyakit Jantung Koroner (angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI)
  • Metode Skrining terbaru kasus Penyakit Jantung Koroner yang dapat diaplikasikan di fasilitas kesehatan tingkat primer salah satunya dengan Risk Scoring :
    • Framingham Risk Score (1998)
    • Framingham Risk Score (ATP-III) (2001-2004)
    • SCORE European
    • PROCAM
    • WHO/ISH
    • Jakarta Cardiovascular Score

SYMPOSIUM 2

“Current Update In Coronary Artery Disease Initial Management and exercise on CAD Patient ”

dr. Bagus Adi Pramono Sp.JP

  • Penjelasan Epidemiologi dan urgensi angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI di dunia, terutama di Indonesia
  • Penjelasan Algoritma diagnosis angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI, bagaimana sebagai dokter pada layanan primer membedakan angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI
  • Penjelasan Penatalaksanaan komprehensif angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI
  • Penjelasan merujuk pasien dengan STEMI ke fasilitas pelayanan kesehatan tingkat lanjut

dr. M.Ikhwan Zein, Sp.KO

  • Penjelasan konsep olahraga pada kasus Penyakit Jantung Koroner (angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI)
  • Penjelasan contoh olahraga kasus Penyakit Jantung Koroner (angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI) yang bisa diaplikasi di fasilitas kesehatan tingkat primer
  • Penjelasan faktor penghambat dan pendukung olahraga kasus Penyakit Jantung Koroner (angina pectoris, UAP, infark miokard, STEMI dan NSTEMI) yang bisa diaplikasi di fasilitas kesehatan tingkat primer

WORKSHOP

dr.M.Robikhul Ikhsan,Sp.PD KEMD

Workshop 1

“How to manage metabolic problem on CAD Patient “

dr. R. Heru Prasanto Sp.PD KGH

Workshop 2

“How to Manage Hypertention and Kidney Problem on CAD Patient”

DR. dr.Budiyanti Wiboworini Sp.GK

Workshop 3

“FoodTherapy on CAD Patient”

dr. Bagus Andi Pramono, Sp. JP

Workshop 4

“CAD Patient in Emergency
Room”

SCHEDULE

06.30 – 07.30 WIB

Pembukaan

  • Pembukaan
  • Pembacaan Ayat – Ayat Suci Al Quran
  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
  • Laporan Ketua Panitia
  • Sambutan Ketua Tim DLP FK UII
  • Sambutan dan Pembukaan Acara Seminar

08.00-10.10 WIB

Symposium 1

  • Symposium 1 :
    “Current Update In Coronary Artery
    Disease Screening Risk Factor and
    laboratory examination In Primary
    Health Care Setting”
  • Tanya Jawab
  • Kesimpulan dan Penutupan
  • Coffe break

10.10-12.35 WIB

Symposium 2

  • Symposium 2 :
    “Current Update In Coronary Artery
    Disease Initial Management and exercise
    on CAD Patient ”
  • Tanya Jawab
  • Kesimpulan dan Penutupan

13.00 – 13.35 WIB

ISHOMA

  • Lunch
  • Shalat Dzuhur
  • Pembagian Sertifikat Symposium

13.35 – 15.35 WIB

Workshop

Workshop :

1. “How to manage metabolic
problem on CAD Patient “
2. “How to Manage Hypertention
and Kidney Problem on CAD
Patient”
3. “FoodTherapy on CAD Patient”
4. “CAD Patient in Emergency
Room”

TIKET

Symposium saja

GP & internship :

350K

Medical Student & Co-ass :

250K

Symposium & Workshop

GP & internship :

400K

Medical Student & Co-ass :

300K

Workshop saja

GP & internship :

250K

Medical Student & Co-ass :

200K

EASTPARC HOTEL YOGYAKARTA

Laksda Adisucipto KM. 6.5,

Jalan Kapas No. 1,  Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

,

SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP : Penanganan Kegawatdaruratan Medis: Henti Jantung / Henti Nafas dan Penanganannya

SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP  Penanganan Kegawatdaruratan Medis: Henti Jantung / Henti Nafas dan Penanganannya

SEMINAR DAN WORKSHOP

Penanganan Kegawatdaruratan Medis: Henti Jantung / Henti Nafas dan Penanganannya

semnasgadar.fk.uii.ac.id

8 SKP IDI  untuk Seminar dan Workshop

Seminar

Sabtu, 18 November 2017
08.00-12.00

Workshop

Sabtu, 18 November 2017
13.00 – 16.00

Auditorium Kahar Muzakkir

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu Jl. Kaliurang Km 14.5 Yogyakarta

 

Materi dan Pembicara

  1. Novianto, Sp.An., M.Sc

Pengenalan Pasien dengan Kegawatdaruratan Henti Jantung/Henti Nafas dan Aktifasi Sistem Kegawatdaruratan

  1. Muhammad Yusuf Hisam, Sp.An

Kegawatdaruratan pada Henti Nafas dan Henti Jantung

  1. Syaefuddin Ali Akhmad, M.Sc

Dillema Ethiolegal in Emergency

  1. Erlina Marfianti, Sp.PD., M.Sc

Manajemen/Tatalaksana Terapi Elektrik dan Obat-obatan pada Keadaan Aritmia Ganas

  1. Alfan Nur Asyhar

Manajemen Stabilisasi, Evakuasi dan Transportasi pada Kondisi Gawat Darurat

  1. Moch. Junaidi Heriyanto, Sp.B., FINACS

Manajemen Kegawatdaruratan Bedah: Trauma Crush Injury/Akut Abdomen dan Cedera Kepala

Dr.Med. dr. Untung Widodo, Sp.An., KIC

Manajemen Pengelolaan Shock: Hipovolemi, Anafilatik, Kardiogenik

Materi Workshop

  1. Teknik Intubasi pada kasus Gawat Darurat
  2. Resusitasi Jantung Paru Otak dan penggunaan AED/Defib
  3. Resusitasi Cairan pada Syok Hipovolemia, Neurogenik, Kardiogenik
  4. Evakuasi dan Transportasi pada kasus Kegawatdaruratan

 

Peserta Seminar dan Workshop

Dokter Umum

Workshop dan Simposium

Rp 300.000

Dokter Umum

Simposium

Rp 200.000

Dokter Spesialis

Workshop dan/atau Simposium

Rp 400.000

Mahasiswa

Simposium

Rp 150.000

Informasi Pembayaran

Bank BNI Syariah
0489220826 – MARNI UTAMI

Sekretariat Panitia

Departemen Anestesi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia
Kampus Terpadu UII
Jl. Kaliurang Km 14.5 Yogyakarta
Telepon: 0274 – 898444 ext. 2097

Kontak Person
Marni Utami : 085743039585
Atik Suharni : 081328684852

 

,

PENDAFTARAN PESERTA PELATIHAN CTU – PRE SERVICE



Materi Seminar dan Workshop Imunisasi

Berikut kami lampirkan materi untuk kegiatan SWIM 2017 FK UII hari/tanggal : Sabtu, 14 Oktober 2017.

Download Materi:
Dr. dr. Fx. Wikan Indrarto, SpA

Prof. Dr. Drs. H. Makhrus Munajat, S.H.,  M.Hum.

dr. Yasmini Fitriati, Sp.A.

dr. Nurcholid Umam, M.Sc., Sp.A.

dr. Deshinta Putri Mulya, M. Sc, SpPD, KAI

dr. Mei Neni Sitaresmi, PhD, SpA(K)

dr. Soeroyo Machfudz, MPH, Sp.AK

dr. Tien Budi Febriani, Sp.A

dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA

[Update 12/09] Nilai Remediasi Semester Genap 2016-2017

Berikut kami sampaikan Nilai Remediasi Semester Genap 2016/2017 yang dapat diunduh di tautan di bawah ini

  1. Yudisium Remediasi 1.4
  2. Yudisium Remediasi 1.5 (rev 12/09)
  3. Yudisium Remediasi 1.6
  4. Yudisium Remediasi 1.7
  5. Yudisium Remediasi 2.4
  6. Yudisium Remediasi 2.5
  7. Yudisium Remediasi 2.6
  8. Yudisium Remediasi 2.7
  9. Yudisium Remediasi 3.4
  10. Yudisium Remediasi 3.5
  11. Yudisium Remediasi 3.6

Nilai Remidiasi MKU (update 12/09)

  1. Yudisium Remediasi KWU
  2. Yudisium Remediasi SKI
  3. Yudisium Remediasi Ulil Albab 2016

DAFTAR JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI Fakultas Kedokteran

Kami sampaikan informasi kepada civitas academica Fakultas Kedokteran UII bahwa terdapat Jurnal Nasional Terakreditasi Fakultas Kedokteran sebagai berikut.

1 Paediatrika Indonesiana
2 PERHIMPUNAN MIKROBIOLOGI INDONESIA
3 INDONESIAN JOURNAL OF UROLOGY
4 UNIVERSA MEDICINA
6 ACTA MEDICA INDONESIANA
7 JURNAL KESEHATAN REPRODUKSI
8 Jurnal Pendidikan Kedokteran
9 jurnal anestesi perioperatif
10 Traditional medicine Journal
11 Jurnal Of the Medical Sciences
12 Media Kesehatan Masyarakat Indonesia
13 Jurnal Gizi dan Pangan
14 INAJOG
15 KEMAS
16 Jurnal Anestesiologi Indonesia
17 Jurnal Kedokteran brawijaya
18 medical journal of Indonesia
19 Oto Rhino Laryngologica Indonesiana jurnal
20 Jurnal Anestasi Perioperatif
21 Jurnal NERS
22 Indonesian Journal of Clinical Pathology and Medical Laboratory
23 Paediatrica Indonesiana
24 Jurnal Kardiologi Indonesia
25 Berkala Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin (BIKKK): Periodical of Dermatology and Venereology
26 The Indonesian Journal of Gastroenterology Hepatology and Digestive Endoscopy
27 Indonesian Journal of Tropical and Infectious Disease
28 Jurnal Gizi Klinik Indonesia
29 The Indonesian Biomedical Journal
30 Kesmas : Jurnal Kesehatan Masyarakat
31 Sari Pediatri

UIIPrint: Cetak, Pindai, dan Fotokopi

cloudprint-2

UIIPrint adalah layanan terbaru berbantuan teknologi informasi yang memungkinkan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan untuk melayani diri sendiri untuk mencetak (print), memindai (scan), dan memfotokopi (photocopy) dokumen.

Layanan UIIPrint ini tersedia di seluruh kampus Universitas Islam Indonesia, yang terkoneksi dengan akun UII. Untuk saat ini, akses ke mesin dilakukan dengan memasukan username dan password akun UII. Dalam beberapa waktu ke depan, untuk meningkatkan kenyamanan, semua Kartu Mahasiswa dan Kartu Pegawai akan diremajakan.

Pada tahap pertama (Agustus 2017),  tersedia sebanyak 15 mesin yang melayani, dan tersebar di

  1. Semua fakultas (Printer di Fakultas Kedokteran diletakkan di Ruang Akademik lantai 2)
  2. Gedung Mohammad Hatta (Perpustakaan Pusat)
  3. Gedung Prabuningrat (Rektorat)

Sebanyak 14 mesin dapat melayani cetak hitam dengan kertas A4, sedang satu mesin cetak warna dengan kertas A4 dan A3 (tersedia di Gedung Prabuningrat lantai 3). Ke depan, ketika adopsi sudah massif, jumlah mesin akan ditambah secara bertahap.

Dengan sekali mengirimkan dokumen ke mesin, pengguna dapat melakukan pencetakan dari semua mesin yang tersebar. Untuk menjaga keberlangsungan layanan, mahasiswa diminta mengganti biaya operasional cetak (tinta dan kertas).

Layanan ini melengkapi layanan lain yang sudah ada sebelumnya: UIIConnect (akses Internet nirkabel mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan), UIIGuest (akses Internet nirkabel tamu), dan eduroam (dukungan mobilitas global).

Pedoman penggunaan dan tarif layanan UIIPrint dapat dilihat di http://itsupport.uii.ac.id

Untuk isi ulang voucer UIIPrint bagi mahasiswa, kunjungi https://print.uii.ac.id/

Tri

Panduan UII Print

Sebelum menggunakan fasilitas ini, mohon untuk dipastikan akun Gmail UII anda telah aktif (akun ini sama dengan akun WIFI dan Klasiber), jika belum aktif silakan ikuti tautan berikut http://itsupport.uii.ac.id/gmail-uii-how-to/

Selain menggunakan Gmail UII, untuk melakukan langkah-langkah dibawah diwajibkan menggunakan browser Google Chrome.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan UII Print yang dibagi menjadi beberapa bagian.

Mengaktifkan printer di perangkat Mobile

  1. Akses uii.ac.id/addprinter melalui Google Chrome.
  2. Jika ada pilihan akun silakan pilih/gunakan akun Gmail UII.
  3. Klik tombol “Add Printer”
  4. Printer telah berhasil ditambahkan.
  5. Untuk mengenali printer tersebut silakan install App “Cloud Print/Cloud Print Plus” yang dapat diunduh secara gratis melalui playstore.
  6. Setelah terinstall, ketika pertama kali membuka maka akan diminta memilih akun, pilih/gunakan akun Gmail UII.
  7. Setelah menentukan akun, maka akan muncul pilihan printer, silakan pilih UII Print.
  8. Saat ini printer sudah aktif pada perangkat Mobile anda, jika muncul halaman iklan silakan pilih “Not now, maybe later”.

Membuat order cetak melalui perangkat Mobile

  1. Untuk membuat order cetak silakan membuka aplikasi Cloud Print.
  2. Pada halaman utama Anda dapat memilih sumber dokumen yang akan dicetak, bisa dari file explorer, gambar, sms, contact, dll.
  3. Setelah memilih dokumen yang akan dicetak silakan klik tombol setting(lambang gir seperti tombol setting pada android).
  4. Tentukan pengaturan jumlah, halaman dan jenis warna dari hasil cetakan, lalu klik “Save”.
  5. Pada halaman berikutnya klik “Click here to print” untuk membuat order cetak.
  6. Order cetak sudah berhasil dibuat.

Pengaktifkan printer di PC/Laptop

  1. Untuk menambahkan printer pada PC silakan akses uii.ac.id/addprinter melalui Google Chrome.
  2. Pilih atau login menggunakan akun GmailUII jika diminta.
  3. Klik tombol “Add Printer” pada halaman berikutnya. Dan printer berhasil ditambahkan.
  4. Untuk menginstall driver, silakan akses https://tools.google.com/dlpage/cloudprintdriver
  5. Klik “Download Google Cloud Print”. File driver akan terunduh secara otomatis.
  6. Halaman installasi driver akan muncul setelah proses unduh selesai, silakan klik “Accept and Install”.
  7. Akan muncul halaman informasi jika driver telah berhasil diinstall.

Membuat order cetak melalui PC/Laptop

  1. Membuat order cetak dapat dilakukan pada seluruh aplikasi yang memiliki fasilitas print pada komputer Anda, seperti MS Word, Excel, Power Point, Notepad ataupun browser Anda.
  2. Cukup pastikan memilih Google Cloud Printer sebagai printer yang akan digunakan.
  3. Berikutnya akan muncul halaman pada browser Anda, silakan pilih UII Print.
  4. Tentukan pengaturan jumlah, halaman dan jenis warna dari hasil cetakan, lalu klik “Cetak”.
  5. Tunggu hingga proses selesai dan order cetak telah berhasi dibuat.

Melakukan cetak pada mesin Printer

  1. Datangi printer terdekat dengan lokasi Anda yang terintegrasi dengan fasilitas UII Print.
  2. Login menggunakan akun Gmail UII atau cukup tap kartu Anda jika sudah terekam RFID akun anda di dalamnya.
  3. Pada halaman utama akan muncul daftar order cetak yang sudah dibuat.
  4. Pilih salah satu dan tekan tombol “Print”.
  5. Dokumen akan tercetak.
  6. Khusus pencetakan melalui media external (flasdisk), saat ini file yang didukung baru untuk format .tiff, .pdf dan .jpg

Fotokopi dan Pindai Dokumen

  1. Untuk mengakses menu selain fotokopi dan pindai, silakan tekan tombol “Use Copier Function”.
  2. Untuk melakukan fotokopi, cara termudah adalah melalui tombol “Copy Start” jumlah fotokopi dapat diatur melalui pengaturan jumlah di sebelah kiri tombol tersebut.
  3. Untuk pengaturan fotokopi lebih detail silakan akses aplikasi “Copy” yang sudah tersedia.
  4. Untuk memindai dokumen dapat dilakukan menggunakan aplikasi “Scan & Send”.
  5. Menekan gambar pratayang di atas tombol “Start” untuk melihat pratayang dari dokumen yang akan dipindai.
  6. Tekan tombol “Start” untuk memulai memindai dokumen dan otomatis mengirimkan hasil pindai ke alamat email yang diinginkan.

Manual UII Print

Berikut adalah manual operasional UII Print. Manual ini akan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu add printer dan membuat order print dari perangkat mobile dan PC, dilanjutkan dengan operasional mencetak order print yang telah dibuat melalui mesin printer.

Untuk mempermudah, sebelum melakukan langkah-langkah dibawah, pastikan akun gmail UII Anda telah aktif dan sudah login menggunakan akun UII anda pada google chrome atau perangkat mobile Anda, karena fasilitas ini memerlukan akun tersebut.

Add Printer untuk Mobile

  • Untuk menambahkan printer pada hp Anda, silakan akses uii.ac.id/addprinter melalui google chrome.

  • Pada alamat tersebut akan muncul tombol “Add Printer”

  • Untuk driver printer pada HP Anda, disini kami menggunakan aplikasi Cloud Print/Cloud Print Plus. Aplikasi tersebut dapat ditemukan pada Playstore dan dapat diinstall secara gratis.

  • Pertama kali membuka aplikasi Cloud Print, maka akan diminta untuk menentukan akun yang akan digunakan, silakan gunakan akun gmail UII (nik@uii.ac.id atau nim@students.uii.ac.id)

  • Setelah setting awal berhasil maka akan muncul halaman iklan seperti di bawah ini, pilih “Not now, maybe later”.

  • Setelah menentukan file yang akan di Print, silakan klik tombol gir untuk melakukan setting.

putih, halaman tertentu atau semua halaman, lalu klik “Save”.

  • Kilk “Click Here to Print” untuk membuat order print.

  • Order print yang berhasil dibuat akan muncul pesan seperti di bawah ini.

Add Printer untuk PC/Laptop

    • Pertama, akses uii.ac.id/addprinter, maka akan muncul halaman login seperti berikut.

    • Setelah login dengan akun Gmail UII Anda, maka akan muncul halaman seperti di bawah ini, klik “Add Printer”.

    • Untuk menginstall driver, silakan akses tools.google.com/dlpage/cloudprintdriver dan klik tombol “Download Google Cloud Printer”.

  • Setelah berhasil akan muncul halaman informasi seperti di bawah ini.

  • Untuk membuat order print, dapat menggunakan dokumen apapun, pada menu print silakan pilih Google Cloud Print.

  • Atur warna, jumlah copy dan halaman yang akan di print, lalu klik “Cetak/Print”

Cetak order print

    • Untuk mencetak silakan login menggunakan login UII Anda pada mesin yang sudah disediakan.

    • Selain login manual Anda juga bisa menggunakan kartu yang sudah bisa merekam RFID. Untuk kartu yang sudah aktif cukup dengan menempelkan kartumaka akan langsung otomatis login.

  • Untuk kartu yang belum aktif, silakan tempelkan kartu, setelah muncul pesan error maka anda akan diminta memasukkan login Anda, setelah login maka kartu anda akan aktif secara otomatis.

  • Halaman pertama setelah login maka Anda dapat melihan order print yang telah Anda buat, silakan pilih dan tekan tombol “Print”

  • Akan muncul halaman konfirmasi dan biaya pencetakan. Pada saat ini file Anda sudah selesai tercetak.

Copy(fotokopi) & Scan(pindai)

Untuk melakukan operasional selain print, silakan tekan tombol “Use Copier Function” pada halaman pertama setelah login untuk mengakses halaman utama.

Pada halaman utama akan tampil seperti di bawah ini.

Berikut adalah penjelasan untuk masing-masing tombol pada halaman utama.

  1. Fotokopi simpel, cukup tentukan jumlah fotokopi dan tekan tombol “Start” untuk melakukan fotokopi.
  2. Aplikasi My Page berguna untuk merubah profil dan pengaturan akun Anda.
  3. Web Print : dengan mundah Anda bisa browsing dan mencetak langsung dari internet.
  4. Address Book
  5. Slide kebawah maka akan muncul akun Anda, tekan untuk logout.
  6. Semua menu fotokopi ada di sini.
  7. Semua menu pindai ada di sini.
  8. Job Status Option, menu untuk mengatur order yang sudah anda buat.
  9. Menu untuk melihat seberapa banyak aktifitas yang sudah dilakukan dengan akun Anda.
  10. Tombol Pengaturan, sama dengan pengaturan pada perangkat android.
  11. Tombol untuk mengakses seluruh App dan Widget, sama dengan perangkat android.

Fotokopi

Untuk melakukan fotokopi dapat dilakukan menggunakan petunjuk No.1 pada petunjuk di atas, atau No.6 untuk melakukan fotokopi dengan pengaturan. Di bawah ini adalah halaman yang muncul setelah menekan tombol No. 6.

Berikut adalah penjelasan untuk gambar di atas.

    1. Tekan gambar tersebut untuk memunculkan pratayang dari hasil fotokopi.
    2. Tekan tombol tersebut untuk memulai proses fotokopi.
    3. Pilihan untuk menentukan jenis dari dokumen yang akan dipindai.
    4. Untuk menentukan sumber kertas yang ada pada mesin.
    5. Menentukan tipe penggandaan.
    6. Menentukan hasil dari fotokopi, pakah lebih besar/kecil atau sama dengan dokumen asli.
    7. Untuk mengakses menu fotokpi lebih lanjut.

Scan (pindai dokumen)

Untuk melakukan pemindaian dokumen, silakan tekan tombol “Scan & Send” seperti petunjuk halaman utama No. 7

Berikut adalah penjelasan dari gambar di atas.

  1. Tombol untuk mengakses pilihan pindai lebih lanjut.
  2. Menentukan apakah dokumen asli yang akan dipindai hanya satu sisi atau kedua sisi dari dokumen asli.
  3. Masukkan alamat email tujuan untuk mengirimkan hasil pindai.
  4. Kolom untuk memasukkan nama dokumen hasil pindai.
  5. Tentukan format dokumen hasil pindai.
  6. Menu untuk menentukan resolusi hasil pindai.
  7. Menu untuk menentukan kualitas dokumen hasil pindai, semakin tinggi kualitas maka semakin besar juga ukuran dokumennya.
  8. Tekan untuk melihat pratayang hasil pindai.
  9. Tekan untuk memulai proses pindah dan langsung mengirimkan dokumen ke alamat email tujuan.