Launching Desa Sehat FK UII 2011

Jadwal Kegiatan PHK-PKPD 2012
 Desa Binaan merupakan suatu program pembangunan masyarakat dengan target lokasi sebuah desa yang memenuhi kriteria untuk menjadi sebuah desa binaan. Untuk mewujudkan program tersebut, maka Departemen Pengabdian Masyarakat Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia mengadakan sebuah program desa binaan dengan nama “Desa Sehat FK UII” yang berlokasi di dusun Gondangpusung, Wukirsari, Sleman. Dengan memilih desa yang hampir sepertiganya telah habis karena bencana merapi diharapkan para mahasiswa yang tergabung dalam kepengurusan Tim Pendampingan Desa Sehat FK UII mampu membangun kembali dan mengembangkan potensi yang ada di desa tersebut. Terutama kita harus merubah paradigm bahwa pengabdian masyarakat bukan merupakan sarana untuk selalu memberi melainkan berusaha memberdayakan sumber daya alam dan potensi warga sehingga akan tercipta masyarakat mandiri dengan potensinya sendiri.

Dengan adanya slogan “Desaku Sehat Desaku yang mandiri dan sejahtera”  diharapkan mampu menanamkan serta mewujudkan banyak hal yang bisa dilakukan dalam membangun sebuah desa yang berpotensi sesuai dengan Catur Darma UII, khususnya bidang pengabdian masyarakat dan Dakwah Islamiyah. Adapun kegiatan Launching dan opening ceremony “Desa Sehat FK UII” diadakan pada tanggal 26 Desember 2011 di Masjid Gondangpusung mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.30 WIB. Terdapat serangkaian kegiatan yang dilakukan secara full sehari mulai dari Launching yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia yang diwakili oleh dr.Sunarto,M.Kes, Dewan Perwakilan Mahasiswa oleh Izzah Baridah dan Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa oleh Ridho Ardi Widyanto juga Kepala Dukuh Gondangpusung yang sekaligus meresmikan Gondangpusung sebagai Desa Binaan FK UII selama satu tahun kedepan.
Rangkaian kegiatan selanjutnya yakni Pengobatan Gratis bagi seluruh warga Gondangpusung yang bekerja sama dengan dokter lulusan FK UII dan TBMM FK UII (Tim Bantuan Medis Mahasiswa ) dan peresmian taman baca “Cardios” serta perlombaan bagi anak-anak hingga sore hari. Setelah itu acara dilanjutkan dengan Bina TPA yang bertujuan untuk membina dan menghidupkan kembali TPA yang ada di Masjid tersebut bagi anak-anak dengan CMIA FK UII sebagai penanggung jawab, disini adik-adik yang ada di Gondangpusung dibimbing untuk belajar mengaji, menulis arab yang insyaallah akan rutin di adakan. Kemudian memasuki acara puncak yakni Tausiyah yang dihadiri oleh semua warga Gondangpusung yang diisi oleh Ustadz Roy lalu diakhiri dengan penutup dan doa hingga pukul 21.30 WIB.
Dengan serangkaian kegiatan launching “Desa Sehat FK UII” diharapkan menjadi langkah awal yang baik untuk membuat berbagai program yang bisa mengembangkan banyak potensi yang ada didesa tersebut. Apalagi sambuatan hangat dan apresiasi dari warga Gondangpusung juga sangat membakar semangat Pengurus Tim Pendampingan Desa Sehat FK UII untuk bekerja melaksanakan berbagai program demi terwujudnya tujuan dan target desa binaan. Tim yang diketuai oleh Aji Wiyasa ini memiliki program setahun kedepan antara lain pendekatan keluarga binaan, bersih desa, bina warga, training pengkaryaan dan pengkaderan warga, bakti sosial, penyuluhan dan pelayanan kesehatan juga posyandu, pelatihan dokter kecil, turnamen olahraga, pelatihan tanggap bencana, pameran foto yang insyaallah akan dilaksanakan rutin setiap bulan yang bekerjasama dengan seluruh civitas akademika FK UII. Semoga program desa binaan ini tidak hanya berlangsung selama satu tahun, tetapi bisa berlanjut ke tahun-tahun selanjutnya dan suatu saat bisa menjadi percontohan untuk membentuk sebuah desa binaan. Amin. (izza)