Kedokteran Selenggakan “Update on Neuroscience Research” bersama Dosen Tamu dr. IRAWAN SATRIOTOMO, Ph.D

 

C:\Users\FKUII-01\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\IMG_7541.jpg

Caption : Usai memberikan Kuliah Neurologi di FK UII, dokter Irawan Satriotomo, Ph.D. menerima sertifikat sebgai dosen tamu yang di serahkan oleh dokter Putrya Hawa, M.Bioned

Kaliurang (UII News) – Guna memperdalam tentang keilmuan kedokteran di bidang ilmu saraf atau neurosains bagi para dosen dan tutor di lingkungan FK UII maka Fakultas Kedokteran UII menyelenggarakan kuliah tamu dengan menghadiran pakar di bidangnya yaitu dokter Irawan Satriotomo, Ph.D.

Hal tersebut di sampaikan oleh panitia penyelenggara dokter Ninda Devita, di sela-sela acara kegiatan pada hari Rabu, 13 Sya’ban 1438 H / 10 Mei 2017 bertempat di auditorium Lt.1 Fakultas Kedokteran, Kampus terpadu UII, Jl. Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta yang di hadiri oleh segenap dokter selaku dosen maupun tutor dengan mengusung tema tentang “ How to Write Manuscript for International Journal: Tips and Trick”.

Menurut dokter Ninda, kenapa menghadirkan dr Irawan Satriotomo, Ph.D, karena beliau adalah salah satu ilmuwan Indonesia yang berkecimpung di dunia Neurosains yang saat ini mengajar di University of Florida. Pengalaman beliau dalam dunia akademisi sangat banyak termasuk menjadi reviewer di beberapa jurnal Internasional.

“Oleh karena itu agar acara ini bisa bermanfaat, maka kami selaku penyelenggara mengundang peserta tidak hanya dosen di FK UII tetapi juga pengampu jurnal di lingkungan FK UII. Dalam kesempatan tersebut dokter Irawan tidak hanya menyampaikan pengalamannya dalam menulis jurnal, tetapi juga memberikan tips-tips bagi peserta bagaimana cara menulis publikasi yang baik”, demikian kata dokter Ninda.

Ditambahkan lagi, bahwa saat acara berlangsung, peserta sangat antusias mengikuti acara ini dan diskusi berlangsung sampai akhir acara yang dimoderatori oleh dr Dimas Satya Hendarta.

Senada dengan dokter Ninda, selaku Ketua Panitia dr. Sufi Desrini, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menambah kemampuan dosen dalam menulis sebuah penelitian yang akan dipublikasikan di jurnal internasional karena untuksaat ini jurnal internasional sudah menjadi salah satu tolak ukur dalam dunia akademisi.

Pada kesempatan yang sama, dokter Irawan juga memberikan kuliah dalam kegiatan Penciptaan Lingkungan Akademik dengan judul “Update on Neuroscience Research”. Kuliah ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa FK UII pada hari yang sama pukul 13-00.15.00.

Lebih lanjut dokter Ninda, menjelasakan bahwa panitia juga menghadirkan dr Ety Sari Handayani, M.Sc, dosen FK UII yang tertarik dalam bidang Neuroanatomi, sebagai pembicara, dengan dipandu oleh dr Razmaeda, M.Sc,dengan materi yang diberikan berupa beberapa perkembangan terkini dalam dunia neurosains seperti beberapa penelitian tentang hipoksemia intermiten.

“Peserta sangat antusias dan banyak pertanyaan saat sesi diskusi dalam acara ini”, kata Ninda. Wibowo