Kedokteran Dipercaya Periksa Kesehatan Timnas Sepakbola Indonesia

kedokteran-dipercaya-periksa-kesehatan-timnas-sepakbola-indonesia

kedokteran-dipercaya-periksa-kesehatan-timnas-sepakbola-indonesia

Foto Wibowo/Istimewa : Tim Dokter FK UII saat melakukan pemeriksaan kepada Timnas

Kaliurang (UII News) – Guna mengetahui kondisi kesehatan standar Timnas sepak bola Indonesia sebelum menjalankan latihan intensif  maka Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia dipercaya melakukan cek kesehatan dengan pengecekan sampel Darah dan Elektrodiografi (EKG).

Hal tersebut disampaikan oleh dosen FK UII, dr. Alfan Nur Asyhar yang juga dokter Timnas Sepakbola Indonesia saat melakukan pengecekan sebanyak 25 pemain timnas di Laboratorium Pelayan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia pada hari Sabtu, 21 Muharram 1438 H / 22 Oktober 2016.

Menurut dokter Alfan, Pemeriksaan ini dilakukan guna memastikan kondisi kesehatan secara komprehensif dan menyeluruh terhadap para pemain Timnas Sepakbola Indonesia sebelum melakukan latihan intensif.

“Meskipun kondisi pemain tampak fit, namun pemeriksaan kesehatan perlu dilakukan guna memastikan kondisi organ tubunya berfungsi secara normal atau ada kelainan, termasuk pelatih Alfred Riedl dan para ofisial juga diperiksa”, kata dokter Alfan.

Lebih lanjut dijelaskan oleh dokter Alfan bahwa jika nantinya  kedapatan para pemain ini ada gangguan fungsi organ, seperti penyakit jantung maka pelatih akan berhak mencoret sepagai Timnas Sepakbola Indonesia.

“Semoga dengan adanya moment ini FK UII bisa menjadi partner kerja utk  tim olahraga lainnya baik lokal maupun nasional sebagai cikal bakal berdirinya sports medicine sports yg rencana di gagas berdiri”, demikian ungkap dr.Alfan Nur Asyhar, yang juga  dokter timnas PSSI U16 dan U19 yg juga sebagai dosen tutor FK UII, sekaligus sebagai kordinator pemeriksaan Timnas dari FK UII. Wibowo/Tri