Bakti Sosial di Dusun Pandak

baksos

Yogyakarta, FK UII – Hari raya Idul Adha, merupakan salah satu momen yang sangat di tunggu oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Bertepatan dengan lebaran haji 9 Dzulhijah 1438 H tahun ini, Fakultas Kedokteran UII mengadakan bakti sosial di Dusun Pandak, Wijrejo, Pandak, Bantul. Dalam kegiatan ini, Fakultas Kedokteran UII bermaksud untuk berbagi terhadap sesama di hari yang penuh suka cita ini. Acara ini disambut dengan antusias oleh masyarakat Dusun Pandak. Karena, selain merangkul segenap masyarakat, kegiatan ini juga bekerja sama dengan puskesmas Pandak guna membantu dalam pelaksanaan acara ini nantinya.

Kegiatan Bakti sosial ini berlangsung selama 6 hari dari tanggal 27-02 September 2017. Diawali dengan lomba kebersihan antar RT di Dusun Pandak selama 4 hari.Lomba ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. Karena kebersihan lingkungan merupakan sebagian dari iman, selain itu lingkungan yang bersih juga dapat menghindarkan warga dari berbagai penyakit yang dapat menjangkit kapan saja.

Ketika proses penilaian, juri hampir bingung untuk menentukan pemenang karena selisih skore yang tipis. Namun, hanya ada 1 pemenang yang beruntung mendapatkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp.700.000, 00 yaitu RT 01. Selang satu hari sebelum acara puncak, pada hari raya Idul Adha FK UII membantu pemotongan hewan qurban dengan mendonasikan 1 ekor kambing dari PT. Fajar Mas serta 1 ekor sapi dari Bank Syariah Mandiri.

Pada hari terakhir, puncak acara berlangsung meriah dengan penampilan hadroh dari Dusun Pandak. Selain itu dr. Edi Fitrianto, M. Gizi., juga memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat, terutama untuk para lansia. Beliau juga menyampaikan beberapa tips agar tetap sehat di usia senja, salah satunya dengan menjaga asupan nutrisi setiap harinya. Karena, makanan yang masuk kedalam tubuh sangatlah berpengaruh bagi kesehatan. Makan makanan yang bergizi dan mudah dicerna, merupakan kunci utama tubuh tetap sehat.

Bersama para dokter Fakultas Kedokteran UII, yaitu dr. Titik Kuntari, M.P.H., dr. Novyan Lusiyana, M.Sc, dr. Edi Fitrianto, M. Gizi., dan dr. Alifa diadakan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan yaitu pengukuran tensi dan gula darah, serta asam urat. Selain memeriksaan kesehatan, warga juga dapat menukarkan kupon yang telah dibagikan ke bazar sembako murah.

Farah/Tri