Workshop Evaluasi Pembelajaran Profesi Dokter, Langkah FK UII Menuju Pendidikan yang Lebih Baik

Kaliurang (17/3) – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) mengadakan Workshop Evaluasi Pembelajaran Profesi Dokter di Ruang Auditorium Lantai 1 FK UII, Jalan Kaliurang Km. 14,5, Sleman, Yogyakarta, kegiatan ini diselenggarakan dua hari yaitu pada Senin, 10 dan 17 Ramadhan 1446 H / 10 & 17 Maret 2025. Acara ini merupakan upaya komprehensif FK UII untuk meningkatkan kualitas pendidikan profesi dokter melalui berbagai aspek, mulai dari materi pembelajaran hingga sistem penilaian.

Dalam sambutannya, Dekan FK UII, Dr. dr. Isnatin Miladiyah, M.Kes., menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir meskipun di tengah hujan deras dan tantangan bulan Ramadan. Beliau menekankan bahwa evaluasi ini merupakan bagian dari amanah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan harus diniatkan sebagai ibadah.

Foto Dr. dr. Isnatin Miladiyah, M.Kes., saat memberikan kata sambutan

“Evaluasi ini menjadi bagian penting dalam peningkatan kualitas pendidikan profesi dokter. Dengan masukan dari berbagai pihak, kita dapat merumuskan perbaikan berkelanjutan demi mutu yang lebih baik. Semoga segala upaya yang kita lakukan mendapatkan keberkahan dan balasan terbaik dari Allah,” ujarnya.

Beliau juga menyoroti berbagai pekerjaan rumah (PR) yang harus ditindaklanjuti, termasuk penyusunan buku ajar, perbaikan kurikulum, serta pengembangan sistem logbook digital untuk meningkatkan akurasi dan ketepatan waktu dalam penilaian mahasiswa profesi dokter. Sistem ini diharapkan dapat membantu para dokter pendidik klinis dalam memantau perkembangan akademik mahasiswa secara real-time.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai departemen yang turut memberikan masukan serta menyusun langkah-langkah strategis guna perbaikan sistem pendidikan profesi dokter di FK UII. Dekan FK UII menutup sambutannya dengan harapan bahwa workshop ini dapat membawa manfaat dan keberkahan bagi seluruh peserta serta mendorong FK UII untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan profesi dokter. (Ra)