Dosen FK UII Ikuti Short Course Healthcare System di Coventry University UK

 

Kedokteran (UII News) – Guna mendapatkan gambaran tentang healthcare system di Inggris yang telah menerapkan NHS/National Health System sejak 1948. Maka Fakultas Kedokteran UII mengirim Dosen FK UII untuk mengikuti acara tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh dr.Nur Aisyah Jamil,M.Sc (dosen tetap dan Wadek KAK FK UII) setelah mengikuti acara tersebut yang di selenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Fakultas Health Science Coventry University United Kingdom pada 14 November 2018 sampai 30 November 2018 yang diikuti oleh 23 dosen dari 19 institusi Pendidikan di Indonesia.

Menurut dokter Nur Aisyah Jamil, mengikuti short course. Short course ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang healthcare system di Inggris yang telah menerapkan NHS/National Health System sejak 1948.

“Diharapkan ada best practice yang dapat diambil dalam perbaikan sistem pada jaminan kesehatan nasional(JKN) di Indonesia yang baru menerapkan JKN sejak 2014 dan memiliki target universal coverage pada 2019”, kata dokter NAJ.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Inggris adalah negara maju yang termasuk awal menerapkan universal health coverage dengan mekanisme pembiayaan kesehatan yang hampir semuanya berasal dari pajak.

Fasilitas dan tenaga kesehatan merupakan milik pemerintah dan pelayanan kesehatan diberikan berdasarkan basic health need dan tanpa kelas. Pemerintah Inggris memberlakukan sin tax (pajak yang amat tinggi bagi pembelian barang yang tidak baik untuk kesehatan seperti rokok dan minuman keras). Dana ini juga merupakan komponen pembiayaan NHS. Dengan kebijakan ini juga pemerintah mengklaim prevalensi perokok menurun sampai 15% dari total populasi. NHS merupakan salah satu sistem yang memiliki efisiensi yang tinggi dengan kualitas output dan outcome kesehatan yang baik dibanding dengan negara lain yang menerapkan social health insurance atau negara maju lainnya yang menerapkan free market.

Best practice lainnya adalah banyaknya badan yang berperan dalam pelaksanaan NHS yang menjamin NHS berjalan dengan kualitas yang baik . Juga social support dari pemerintah maupun charity seperti jaminan tempat tinggal yang layak bagi anak dan wanita yang homeless, food bank, community transport bagi pasien cuci darah maupun disable, penjualan barang bekas untuk charity kesehatan dan lain-lain. Beberapa permasalahan yang dihadapi dalam NHS adalah kurangny support keluarga dalam mengatasi problem mental dan loneliness pada lansia, masa tunggu pelayanan kessehatan yang cukup lama pada kasus yang tidak urgen, dan beberapa ketidakpuasan dari pemberi layanan kesehatan.

“Disamping mempelajari tentang NHS, short course juga memberikan bimbingan penulisan dan publikasi ilmiah. Short course ini juga membuka peluang untuk kerjasama riset, publikasi maupun sekolah lanjut khususnya ke Coventry University UK”, demikian oleh-oleh dokter Nur Aisyah Jamil, M.Sc selaku Wadek KAK FK UII. Wibowo