Kaliurang (UII News) – Saat ini Indonesia sedang menyongsong era penguatan layanan kesehatan primer sebagaimana termaktub dalam skema Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Dalam era ini, peran para dokter yang memberikan pelayanan kesehatan primer di tengah masyarakat atau komunitas kita akan semakin penting. Sebab seperti diketahui, isu kesehatan yang tengah bergulir dan mendapat perhatian adalah bagaimana memeratakan pelayanan kesehatan yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat Indonesia di pelosok negeri.

 

Hal itu disampaikan oleh Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc dalam sambutan tertulisanya di buku alumni Sumpah Dokter periode XXVIII, untuk acara sumpah pada hari Rabu, 15 April 2015 / 25 Jumadil Akhir 1436 H yang diikuti oleh 28 dokter baru lulusan FK UII.

Menurut Rektor UII, salah satu langkah yang dipandang efektif untuk menjawab tantangan itu tentunya adalah dengan meningkatkan peran dokter yang memberi pelayanan kesehatan primer. Terlebih jika kita mengacu pada fakta bahwa dapat dengan mudah ditemukan dari 1.000 populasi di masyarakat Indonesia, 750 populasi orang dewasa melaporkan pernah mengalami kesakitan. Sementara hanya 250 yang memenuhi layanan kesehatan yang memadai[1].

“Sejalan dengan hal tersebut, kami melihat peran para dokter UII yang baru disumpah pada kesempatan ini akan segera dinantikan di tengah masyarakat kita. Peluang untuk berkecimpung dalam profesi dokter layanan primer yang semakin terbuka ini hendaknya disambut secara positif oleh para dokter sehingga dapat membawa kemanfaatan yang maksimal”, katanya.

Lebih lanjut, Pak Harsoyo mengatakan bahwa eksistensi para dokter sejatinya tidak sekedar memberikan pelayanan kesehatan saja, namun juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang gaya hidup sehat sehingga aspek promotif dan preventif dalam kesehatan juga terpenuhi. Dengan dilandasi semangat keikhlasan dan dedikasi untuk menjadi insan yang membawa misi rahmatan lil alamin, kami yakin bahwa para dokter UII akan dapat memberikan kontribusi terbaiknya kepada bangsa dan negara ini. Wibowo