Mahasiswa FK UII Timba Ilmu di Taiwan

summer program asia university 2018

summer program asia university 2018

 

TAIWAN (Ath-Thib) – Lima mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII), yaitu: Rafik Prabowo, Farida Rahmatika, Asyam Syafiq Hasbullah, Afief Mulyawijaya, Finandanisa Amani berkesempatan untuk mengikuti “Summer Program 2018: Healthy Aging and Anti-Aging” di Collage of Medical and Health Science Asia University, Taiwan selama 2 minggu dari tanggal 23 Juli hingga 3 Agustus 2018.

Asia University yang berlokasi di Distrik Wufeng, Taichung, Taiwan, merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi paling bergengsi di Taiwan. Asia University banyak meraih prestasi di bidang penelitian dan dikenal memiliki keunggulan dalam proses pendidikannya. Universitas ini juga menjadi salah satu destinasi pendidikan yang banyak dilirik mahasiswa asing. Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah adanya fasilitas asrama modern bagi para mahasiswa dari luar negeri. College of Medical and Health Sciences sendiri berdiri sejak tahun 2005 dengan awalnya bernama College of Health.

“Selama mengikuti summer program ini, kami mengikuti berbagai kegiatan pembelajaran seperti kuliah, praktikum di laboratorium, serta berdiskusi dan saling bertukar ide serta pikiran dari para pakar hebat. Event ini juga diikuti oleh mahasiswa dari negara-negara lain di dunia serta beberapa negara tetangga kita seperti Malaysia, Thailand, India dengan jadwal yang berbeda-beda,” jelas Rafik Prabowo, salah satu mahasiswa peserta summer program.

Total terdapat 36 jam pelajaran yang harus ditempuh selama summer program ini, meliputi: Introduction to Campus and Courses, Lifestyle in Aging, Anti-Aging Diet, Aging Gene and Molecular Biology, Psychology of Aging, Geriatrics Care (Geriatric Rehabilitation, Long Term Care), Age-Related Vision Loss and Prevention, Age-Related Hearing Loss and Prevention, Health Promotion Activities for Successful Aging, Animal Companionship for the Elderly, dan Summary.

Adanya program Summer Program Asia University 2018 benar-benar menjadikan kampus tersebut sebagai rumah bagi siswa internasional dari seluruh dunia dan memberikan pengalaman akademisi yang menantang dengan menu kegiatan pendidikan dan sosial yang seimbang sehingga peserta akan memiliki pengalaman belajar yang benar-benar transformatif. Kita berdoa semoga kelak FK UII juga dapat menyelenggarakan program yang mendunia seperti ini, amin. (dsh/Tri)