KKN UII Program Optimalkan Potensi Industri Minyak Atsiri di Purworejo

 

Caption : KKN UII 59 menyerahkan alat pengembangan minyak atsiri cengkeh dan sereh (Poto : Wibowo/istimewa)

Purworejo (UII News) – KKN UII Angkatan 59 di Purworejo melaksanakan ekspo dan presentasi kegiatan di depan Jajaran Pemrintah Daerah Kabupaten Purworejo, Camat Gebang, dan Kepala-kepala Desa di Aula Lokasi Wisata Gong Silegi, Desa Kemiri, Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo pada hari Sabtu, 27 Dzulhijah 1440 H/ 29 Agustus 2019 dengan mempertontonkan produk hasil kegiatan KKN dipamerkan dengan konsep yang menarik, dilanjutkan dengan presentasi secara ringkas dan detail program kerja unggulan KKN yang mewakili 340 mahasiswa se-Kabupaten Purworejo.

Hal tersebut di sampaikan oleh dr. R.Edi Fitriyanto, M.Gizi selaku Kepala Pusat KKN UII, dan menjelaskan bahwa kegiatan tersebut berupa presentasi diawali dengan penyampaian sistematika kegiatan mahasiwa KKN UII yang dilakukan sesuai metode ilmiah, meliputi pengumpulan data, analisis, perumusan masalah, penyusunan fase kegiatan, sampai dengan monitoring dan evaluasi.

“Salahsatu program yang diangkat adalah pengembangan Lokasi Rest Area dan Outbond Gong Silegi. Tujuan utama pengembangan lokasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lokasi tersebut merupakan gerbang masuk wilayah Kabupaten Purworejo”, ungkap dr. Edi Fitriyanto

Selanjutnya, mahasiswa memaparkan rancangan pengembangan yang meliputi spot wisata, fasilitas, rencana pengelolaannya. Guna mendukung program tersebut dillaksanakan juga pembinaan badan usaha milik desa, pelatihan pembuatan souvenir, serta pelatihan pemasaran.

Setelah presentasi dilanjutkan dengan diskusi dan tanggapan dari dinas terkait, pemerintah kecamatan, pemerintah desa, pengelola bumdes, dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Agus Ari Sediyadi, S.Sos menyampaikan apresiasi dan menekankan pentingnya memberdayakan masyarakat dengan pendekatan yang tepat, hal tersebut membutuhkan pemahaman manajerial dan pembelajaran langsung ke masyarakat.

Turut memberikan sambutan Camat Kecamatan Gebang KH Makin Mubasir, SH, MH. Dalam sambutannya alumni Fakultas Hukum UII tersebut memberikan semangat dan optimisme capaian tujuan kegiatan melihat perkembangan metode pembelajaran mahasiswa yang sistematis.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Desa Pelutan Kecamatan Gebang menyebut kegiatan mahasiswa KKN UII luarbiasa dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama untuk pengembangan minyak atsiri cengkeh dan sereh di bawah bimbingan DR. Noor Fitri. Pak Kades juga menyoroti keberhasilan kegiatan dalam pembinaan badan usaha milik desa, terutama dalam pembenahan manajerial dan peningkatan sumber daya manusianya.

Masukan lain datang dari Dinas Pariwisata dan Dinas Pekerjaan Umum agar menyelaraskan kegiatan KKN dengan perencanaan pembangunan daerah sehingga lebih dapat dirasakan manfaatnya.

Produk kegiatan mahasiswa KKN lainnya antara lain teknologi sederhana mesin pencacah daun, penghancur daun jati, pembinaan pengrajin gula kelapa, pembinaan pengrajin bambu, pembuatan briket dari sabut kelapa, pembuatan biopestisida dan sesuai nilai-nilai UII, kegiatan dakwah selalu mewarnai kegiatan setiap unit, mulai dari profil keagamaan sampai pembinaan kegiatan secara langsung di masyarakat. Wibowo