Kedokteran Selenggarakan Seminar Infeksi dengan Tema “Stop infection protect our nation”

 

D:\Bowo\UII News_Des 2015\April 2017\IMG_2170.JPG

Caption : Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK 9tengah) berfoto besama dengan para pemateri Smeinar Ilmiah Stop infection protect our nation. Foto Wibowo/Istimewa.

Kaliurang (UII News) – Peduli terhadap kasus penyakit Infeksi yang memprihatinkan di Indonesia, maka mahasiswa Pendidikan Klinik Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD) Fakultas Kedokteran (FK) UII, menyelenggarakan seminar dengan tema “Stop infection protect our nation”.

Hal tersebut diselenggarakan Ketua Panita Seminar, Catur Kurniawan, S.Ked, saat berlangsungnya seminar pada hari Ahad,29 Jumadil Awal 1438 H/26 Februari 2017 di Tehe Alana Hotel, Jalan Palagan yang di ikuti 500 orang dari para dokter yang berasal dari wilayah Indonesia.

Dijelaskan oleh Catur melangsir referensi dari (Sardjono, 2009). bahwa Infeksi penyakit tropis adalah sekelompok penyakit yang tergolong dalam communicable disease yang terjadi di daerah tropis dan subtropis.Penyakit infeksi tropis diperkirakan menyebabkan 51% kematian di dunia, terutama akibat tiga penyakit utama, yaitu tuberkulosis, HIV/AIDS, dan malaria.Sementara 29% sisanya adalah kematian penduduk dunia yang disebabkan oleh infeksi yang lain

“Atas dasar itulah maka kami dari para calon dokter FK UII menyelenggarakan seminar ini agar menambah pemahaman tentang penyakit infeksi terkini karena di Indonesia sendiri, masih banyak infeksi penyakit tropis yang bisa ditemukan, diantaranya adalah infeksi dengue, leptospirosis, helminthiasis, filariasis, tuberkulosis, dan lain sebagainya. Infeksi dengue di Indonesia, adalah salah satu masalah penyakit tropis yang paling utama karena Indonesia menduduki urutan tertinggi negara di Asia Tenggara dengan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terbanyak terhitung sejak tahun 1968 hingga tahun 2009.”, katanya.

Lebih lanjut Catur menambahkan bahwa Indonesia yang termasuk dalam kelompok negara berkembang, saat ini masih menghadapi sejumlah problematika yang belum terselesaikan dalam beberapa bidang, tidak terkecuali bidang kesehatan.Masalah kesehatan yang banyak muncul dapat terjadi akibat berbagai faktor, baik sumber daya yang kurang memadai, rendahnya tingkat ekonomi sosial masyarakat, dan lain sebagainya.Salah satu faktor yang juga berpengaruh terhadap masalah kesehatan di Indonesia adalah kondisi geografis negara.Keberadaan Indonesia yang masuk dalam wilayah tropis memunculkan masalah sendiri, yakni sampai saat ini Indonesia masih berusaha untuk mengatasi penyakit tropis yang ada.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Fakultas Kedokteran UII 2017 menyelenggarakan seminar bertajuk “Update of Tropical Medicine in Adult and Pediatric (TROPIC)” yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang penanganan terbaru untuk penyakit-penyakit tropis. Dengan pencapaian tujuan tersebut, kami berharap semoga seminar yang kami selenggarakan dapat memberikan konstribusi terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat yang hidup di negara, demikian kata Catur. Wibowo