Kedokteran Qurban di Desa Binaan dekat Rumah Sakit Pendidikan

Kedokteran Qurban di Desa Binaan dekat Rumah Sakit Pendidikan

Caption : Penyerahan sapi di Desa Wijirejo Pandak Bantul yang merupakan binaan FK UII dekat Rumah Sakit Pendidikan UII. (Photo : Wibowo)

Bantul (UII News) – Fakultas kedokteran UII dengan visi rahmatan lil alamin senantiasa melakukan pendekatan-pendekatan kemasyarakatan sebagai bagian dari dakwah profesi konsisten dan kontinyu melakukan kurban Idul Adha di desa binaan yaitu Desa Wijirejo Kecamatan Pandak Bantul, tepanya di sebelah selatan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Islam Indonesia (UII).

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pengabdian Masyarakat Desa Wijirejo Kecamatan Pandak Bantul, Fakultas Kedokteran UII, dokter Sani Rahman Soleman,M.Sc, pada hari Selasa, 09 Dzulhijah 1439 H/21 Agustus 2018 saat menyerahkan satu ekor lembu hewan qurban.

Menurut dokter Sani, kegiatan yang dikemas dalam rangka mempererat hubungan antara FK UII dengan masyarakat di desa binaan tersebut merupakan amanah yang harus dilaksanakan agar terciptanya harmonisasi sebagai tanggung jawab institusi dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

“Idul adha sebagai momentum untuk berkurban bukan hanya dalam tekstual Al Qur’an saja tapi values yang cakupannya lebih luas yaitu untuk membangun peradaban Qur’ani melalui kegiatan sosial kemasyarakatan” , kata dokter Sani.

Lebih lanjut di tambahkan oleh dokter Sani bahwa pendeketan-pendekatan kultural masih sangat diperlukan dalam rangka menjembati antara kepentingan umahat dengan umara sebagai bagian dari risalah islamiyah, beramal ilmiah dan berilmu amaliah sebagaimana Universitas Islam Indonesia canangkan kepada para Civitas Akademikanya.

Daging qurban nantinya di bagikan ke desa binaan Fakultas Kedokteran UII, berdekatan dengan RSP UII kepada 500 KK di desa Wijirejo. Wibowo