Kedokteran FK-UII Datangkan Penulis 99 Buku Kurun Waktu 9 Tahun

H:\SDM 2 (rani)\LAIN-LAIN\TUGAS SDM\hibah buku jurusan\WhatsApp Image 2019-03-01 at 19.09.18.jpeg

Jurusan Kedokteran FK-UII Datangkan Dr. dr. H. Boy Subirosa Sabarguna, MARS penulis 99 buku dalam waktu 9 tahun dari FK-UI pada Workshop Hibah Penulisan Buku Berbasis Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

H:\SDM 2 (rani)\LAIN-LAIN\TUGAS SDM\hibah buku jurusan\WhatsApp Image 2019-03-01 at 19.09.18.jpeg

Dalam rangka meningkatkan publikasi Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia terutama pada produk buku ajar dan buku referensi berdasarkan penelitian atau pengabdian masyarakat, maka Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Workshop Hibah Penulisan Buku Berbasis Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Jum’at 1 Maret 2019 di Auditorium lantai 1 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Workshop ini bertujuan memberikan sosialisasi, prosedur dan motivasi kepada Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia untuk menulis buku. Terutama buku yang bisa digunakan dalam proses belajar mahasiswa.

Dalam kegiatan ini, pada sesi pertama, Dr. dr. H. Boy Subirosa Sabarguna, MARS dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyampaikan pengalamannya dalam menulis buku sebanyak kurang lebih 99 buku dalam waktu 9 tahun. Selain itu beliau juga memberikan gambaran dengan melakukan pertanyaan “apa” untuk melihat apa yang terjadi, apa yang diperlukan dan apa definisinya. Kedua, melakukan pertanyaan “mengapa” untuk melihat alasan mengapa dapat terjadi dan mengapa terlihat seperti itu. Dan yang ketiga, melakukan pertanyaan “bagaimana” untuk mengetahui bagaimana akibatnya, bagaimana penyimpangannya dan bagaimana kelanjutannya.

Sesi kedua, diisi oleh Prof. Dr. Ni’matul Huda, S.H., M.Hum. Dosen Fakultas Hukum UII. Bertema tentang motivasi menulis, beliau menyampaikan tentang hambatan dalam menulis bisa dari faktor internal misalnya belum membiasakan membaca buku dan belum ada minat. Sedangkan faktor eksternal misalnya kesulitan mendapatkan referensi dan menemukan topik.

Sesi ketiga, diisi oleh Dr. Jaka Nugraha, S.Si., M.Si. dari Badan Pengembangan Akademik UII, yang memberikan materi tentang Guideline Menulis Buku, yang pada akhirnya menjadi pedoman atau kaidah Dosen dalam menulis buku.

Pada setiap sesi diikuti dengan diskusi dan tanya jawab dari peserta workshop dan pemateri. Peserta yang terdiri dari dosen tetap dan tutor berkesempatan menanyakan hal-hal terkait teknis maupun teori tentang penulisan buku.

Untuk selanjutnya, diharapkan Dosen-Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia mampu menulis buku ajar atau buku referensi. Kegiatan workshop ini adalah sarana sosialisasi adanya Hibah penulisan buku berbasis penelitian dan pengabdian masyarakat. Diharapkan, setidaknya ada 4 tim yang akan menjadi pemenang hibah, yang pada akhirnya menjadi produk buku yang diterbitkan dan bisa menjadi penambah bahan belajar bagi mahasiswa.