SURABAYA (fmuiinews) – Delegasi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) yang terdiri dari Adi Nugraha, Naila Salim Suparlan, dan Vatia Lucyana Hendyca berhasil meraih gelar Juara 1 Nasional Video Edukasi Airlangga Medical Scientific Week 2021 yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Pada babak final yang berlangsung pada 22-24 Oktober 2021 tersebut, FK UII harus bersaing ketat dengan berbagai kampus ternama di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Universitas Hang Tuah.

Pada kesempatan kali ini, delegasi FK UII menampilkan karya berjudul: “Hah, Graves’ Disease? Apa itu?”. Karya tersebut menyesuaikan tema AMSW 2021, yaitu “Endocrine & Metabolic Disorders”.

Kami harus mencari penyakit yang berkaitan dengan tema tersebut. Dari masing-masing penyakit, kami mencari prevalensi serta berapa banyak edukasi yang telah ada pada YouTube. Berdasarkan survei kami, penyakit Graves’ Disease inilah yang memiliki prevalensi lumayan tinggi,” jelas Naila

Menurut Basic Health Research pada tahun 2007, jumlah penderita Graves’ Disease di Indonesia mencapai 6.9% penduduk Indonesia. Sedangkan menurut data studi epidemiologi, pengidap Graves’ Disease di seluruh dunia mencapai 20:100.000 individu.

Selain itu, konten edukasi Graves’ Disease pada kanal YouTube juga sangat terbatas. Dari situlah kami mengambil keputusan untuk memilih materi tentang penyakit Graves’ Disease agar dapat turut berkontribusi dalam pencegahan dan penanganannya,” pungkas Naila. (dsh)