IKM FK UII mendapatkan certificate of membership dari APACPH

Kedokteran – Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) mendapatkan certificate of membership dari APACPH yang diberikan saat acara konferensi International.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Dekan BKKA FK UII, dr. Nur Aisyah Jamil, M.Sc saat mengikuti konferensi internasional ke 50 & Golden Jubilee Conference of the Asia-Pacific Academic Consortium for Public Health (APACPH) dilaksanakan di UMS Sabah pada tanggal 11 sd 14 September 2018.

Menurut dokter Nur Aisyah Jamil, bahwa Asia Pasific Academic Consortium for Public Health (APACPH) telah berkembang selama 3 dekade terakhir. Sejak tahun 1984 dengan cita-cita meraih status kesehatan terbaik bagi seluruh masyarakat di semua negara di Kawasan Asia Pacific.

APACPH terdiri atas beberapa regional offices dan telah menjalin kerjasama dengan global partners of public health seperti WHO (SEARO/WPRO) – United States AED (Academy for Educational Development) – ASPHER (Association of Schools of Public Health in the European Region) – ASPH (American Schools of Public Health) dan SEAPHEIN (South-East Asia Public Health Education Institutes Network).

“Tahun 2018 APACPH menyelenggarakan konferensi internasional ke 50 & Golden Jubilee Conference of the Asia-Pacific Academic Consortium for Public Health (APACPH) dilaksanakan di UMS Sabah pada tanggal 11 sd 14 September 2018. Dengan tema “Milestone event – Moving forward to Address Challenges in Regional Health”, diharapkan konferensi ini dapat menjadi sarana diseminasi iinformasi public health yang berguna tidak hanya di negara-negara Asia-Pacific namun di seluruh dunia.”, ungkap Wakil Dekan BKKA FK UII.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Departemen IKM FK UII secara rutin mengikuti acara APACPH sejak beberapa tahun yang lalu sebagai perwujudan visi rahmatan lil ‘alamin dan setara dengan institusi negara lain. Agar dapat dikenal secara internasional, FK UII berupaya untuk menjadi member APACPH. Setahun yang lalu Departemen IKM FK UII telah divisitasi oleh representative APACPH dan pada tahun ini akan dilantik menjadi anggota. Wibowo