Gandeng FK UII, BAZNAS Kota Yogyakarta Selenggarakan Khitanan Masal

 

Caption : Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK saat memberikan bingkisan bagi peserta khitan di Baznas Kota Yogyakarta (Photo : Wibowo).

Yogyakarta (UII News) – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta menggandeng Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII), menggelar khitanan masal yang di ikuti oleh anak-anak SD –SMP di Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Hal tersebut disampaikan oleh dokter Sani Rachman Soleman, M.Sc selaku Ketua Tim Khitan FK UII saat berlangsungnya acara khitanan masal di Masjdi Diponegoro, Komplek Balai kota Timoho Yogyakarta, yang diikuti sebanyak 77 orang, yang diselenggarakan pada hari Ahad, 27 Raobiul Awal 1439 H / 17 Desember 2017.

Menurut dokter Sani, acara kerjasama ini sudah sering dilakukan oleh BAZNAS Kota Yogyakarta dengan menggandeng FK UII sebagai operatornya, dengan menerjunkan tim medis yang teridri dari dokter dan Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) FK UII.

“Di acara khitan tersebut, seluruh peserta mendapatkan skrining guna mengetahui keadaan dari peserta, apakah kondisi dalam keadaan sehat atau sedang mendapatkan gejala lain”, kata Sani.

Dokter Sani menambahkan, setelah peserta dilakukan khitan maka dari Fakukltas Kedokteran UII juga memberikan pelayanan kontrol yang berguna mengecek kondisi anak setelah paska khitan dengan melepas perban dan menggantinya dengan yang baru.

Sementara itu Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes,Sp.PK bepesan kepada segenap peserta bisa mengikuti apa yang nanti diarahkan oleh tim medis, agar proses khitan bisa berjalan dengan lancar. Disisi lain setelah khitan maka peserta sudah melaksanakan sunah Nabi Muhammad SAW, sehingga setelah di khitan maka harus menjaga sholatnya,guna menjadi insan yang bertakwa.

Dari BAZNAS sendiri juga menambahkan bahwa kegiatan tahunan ini diselenggarakan dengan bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran UII yang selama ini memang sudah terjalin baik. Dengan kegiatan ini diharapkan bisa menjalin silaturrahmi serta mengajak berdakwah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Kebanyakan peserta yang mengikuti khitanan gratis ini adalah para orang tuanya yang tidak memiliki cukup dana pergi ke rumah sakit atau bong supit, sehingga adanya khitanan ini bertujuan membantu mereka untuk mengentaskan anak-anaknya mengikuti sunah nabi”, tegas Ust. Syamsul Asyhari dari Baznas Kota Yogyakarta. Wibowo