FK UII Menjalin Kerja Sama Visiting Professor dengan Pakar Bedah Jantung Dunia

fk-uii-menjalin-kerja-sama-visiting-professor-dengan-pakar-bedah-jantung-dunia
fk-uii-menjalin-kerja-sama-visiting-professor-dengan-pakar-bedah-jantung-dunia

Keterangan foto: Prof. Dr. dr. Med. H. Rasjid Soeparwata, Sp.B., Sp.B(K)V., Sp.BTKV(K) bersama dengan Dekan FK UII; dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK dan Kepala UPKS FK UII; dr. Dimas Satya Hendarta.

Dalam rangka mewujudkan visi dan misinya membentuk lulusan dokter yang rahmatan lil’ alamin, Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) dituntut untuk memiliki mutu yang baik dalam bidang akademik, salah satunya adalah dalam hal penyediaan staff pengajar yang kompeten dan berkualitas. Guna menunjang dan menjaga hal tersebut, FK UII menjalin kerja sama dengan salah satu pakar bedah jantung yang diakui dunia;  Prof. Dr. dr. Med. H. Rasjid Soeparwata, Sp.B., Sp.B(K)V., Sp.BTKV(K) – atau akrab disapa Prof.Rasjid – untuk menjadi visiting professor di FK UII.

Penandatanganan surat kerja sama dengan Prof. Rasjid dilakukan pada hari Kamis, 10 November 2016 di De Rijsttafel Restaurant The Cube Hotel Yogyakarta. Mewakili FK UII, hadir dalam pertemuan tersebut dr. Linda Rosita Rosita, M.Kes, Sp.PK selaku Dekan dan dr. Dimas Satya Hendarta selaku Kepala Unit Promosi dan Kerja Sama. Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana yang penuh dengan kehangatan dan rasa kekeluargaan tersebut, Prof. Rasjid menyambut baik isi surat permohonan untuk menjadi visiting professor di FK UII. Setelah sebelumnya berdiskusi singkat, beliau kemudian menandatangani surat perjanjian kerja sama dengan FK UII. Nantinya sebagai visiting professor, Prof. Rasjid akan memberikan guest lecture serta turut berpartisipasi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang diadakan FK UII.

Saat melakukan dialog di sela-sela acara penandatanganan kerja sama tersebut, Prof. Rasjid juga menekankan pentingnya FK UII dalam terus menjaga dan meningkatkan kualitasnya dalam memberikan pendidikan yang terbaik bagi mahasiswa, termasuk di antaranya adalah menyekolahkan para staff pengajar serta penyediaan berbagai fasilitas yang baik, seperti rumah sakit pendidikan yang dikelola oleh FK UII sendiri. Selain itu, profesor yang juga menjabat sebagai President Deutsch-Indonesische Gesellschaft fur Medizin tersebut juga bersedia untuk membantu menyediakan link bagi SDM pengajar FK UII yang berminat untuk melanjutkan studi di Jerman. 

“Prof. Rasjid sangat bersemangat dan antusias dalam membantu komitmen FK UII untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitasnya sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Selain memenuhi kebutuhan akan SDM yang mumpuni, kerja sama ini tentunya juga bernilai strategis dalam memantapkan persiapan FK UII menuju re-akreditasi yang akan dilakukan oleh BAN-PT pada Agustus 2017 mendatang” jelas dr. Dimas setelah acara penandatangan kerja sama berakhir.             

 (DSH/Tri)