FK UII, Melangkah Menuju Digitalisasi Melalui Google Edu

Warta FK – 68 (enampuluh delapan) Tenaga Kependidikan (tendik) di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII), tergabung dalam pelatihan guna meningkatkan kemampuan diri, agar tidak canggung menghadapi kecepatan dan derasnya guyuran teknologi. Pelatihan ini muncul, karena kebutuhan yang begitu mendesak yang didorong oleh motivasi pimpinan fakultas dalam menterjemahkan semangat rektor agar FK UII bisa lebih cepat mondial. Untuk itulah pelatihan menggunakan fasilitas Google Edu yang akhirnya menjadi pilihan.

 

Pelatihan dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 18 – 19 Nopember 2019, bertempat di Laboratorium Komputer FK UII. Pelatihan google edu untuk tendik kali ini, dikemas dalam dalam 3 sub bagian, sedangkan konten yang dipelajari antara lain: Google Drive, Google Sheet, Google Doc, Google Form, Google Publisher, Google Filestreem, Google Calender, dan Google Keep. Karena target yang diharapkan segera bisa menggunakan apa yang dilatihkan, maka sebagai narasumber adalah mereka yang memang sudah ahli, berpengalaman dan biasa menggunakan secara teknis dan aplikatif, yaitu Sujono Noor Ahmad, Ramansyah, dan Tri Suwarno.

 

Ketua pelaksana pelatihan, Eko Sukanto sembari mengamati jalannya pelatihan menyampaikan harapan pimpinan fakultas, bahwa semoga pelatihan ini bermanfaat. Usainya pelatihan, segera bermunculan ide-ide kreatif guna memaksimalkan layanan dengan menggunakan fasilitas dari google. Meski dalam kenyataanya, waktu yang dibutuhkan masih kurang. “Semoga di lain waktu pimpinan fakultas memberikan kesempatan kembali untuk bisa berlatih lebih mendalam”, imbuhnya.

 

Sementara Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, dr. Erlina Marfianti, M.Sc, Sp.PD dalam kesempatan menutup acara pelatihan secara resmi, menegaskan apa yang sudah disampaikan ketua pantia dengan penuh harapan para tendik di lingkungan FK UII bisa lebih cepat mewujudkan harapan rektor agar FK UII segera mondial. Salah satu caranya dengan mengawali pelatihan google yang sudah dilaksanakan. Ide-ide baru dari para tendik untuk memberikan layanan prima terhadap stackholder senantiasa ditunggu. “Semoga ilmu barunya manfaat dan bisa menambah keberkahan dalam berbagai karya. Dengan mengucap al-hamdulillahi rabbil ‘alamiin, pelatihan ini resmi ditutup”, papar dr. Erlina menutup kegiatan pelatihan.