Fakultas Kedokteran UII Menjalin Kerjasama dengan University of South Asia

Screenshot_13

Yogyakarta, FK UII – Pada penghujung bulan Agustus(30/08) Fakultas Kedokteran UII mengadakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan University of South Asia. University of South Asia merupakan salah satu universitas swasta ternama di Bangladesh. Kerjasama ini terjalin karena keprihatinan akan tingginya tingkat penyandang difabilitas pada anak-anak di Bangladesh melalui seminar yang berlangsung di Auditorium lantai 1 Fakultas Kedokteran UII. Dalam kegiatan ini, Fakultas Kedokteran UII kedatangan dosen tamu dari University of South Asia yaitu Prof. Mohammad Muhit.

Kegiatan ini mengusung tema “Epidemologi of Childhood Disability in a LMIC Country: for research to practice”. Dalam seminar ini Prof. Mohammad Muhit menyampaikan berbagai latar belakang yang menyebabkan maraknya penyandang difabilitas pada anak-anak di Bangladesh. Beliau juga menyampaikan bahwa penyandang disabilitas kebanyakan baru berusia 6-10 tahun. Berdasarkan badan kesehatan dunia (WHO), 13% diantaranya mengalami lebih dari satu disabilitas. Persentase tersebut belum termasuk penderita gangguan ringan dan sedang. Beliau juga membahas mengenai berbagai metode dan solusi penanganan yang telah dilaksanakan guna menanggulangi disabilitas di Bangladesh, terutama pada beberapa daerah di Rajshahi seperti Sirajganj, Natore dan Bogra. Salah satu penanggulangan yang telah berjalan yaitu dengan memberikan penyuluhan mengenai difabilitas pada anak-anak. Selain itu juga di buka forum diskusi bersama dr. Pariawan Lutfi Ghazali, M.Kes., sebagai moderator.

Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Fakultas Kedokteran UII dapat menjalin kerjasama dengan salah satu universitas ternama di Bangladesh. Karena tidak semua fakultas memiliki kesempatan yang sama. Terlebih banyak sekali manfaat yang dapat diambil dengan terselenggaranya acara ini. Sehingga, untuk memererat tali silaturahmi dan memerluas wawasan antar universitas, maka tahun depan acara ini akan kembali diselenggarakan.

Farah/Tri