Dua Dosen FK UII Ikuti Kegiatan Ilmiah di Belgia

 

Caption : dokter Utami Mulyaningrum, M.Sc dan dokter Irena Agustiningtyas, M.Sc saat mengitkuti 10th European Congress of Tropical Medicine and International Health (ECTMIH) 2017. (Photo Wibowo : istimewa)

Kaliurang (UII News) – Dua dosen Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia berkesempatan mengikuti kegiatan 10th European Congress of Tropical Medicine and International Health (ECTMIH) 2017 yang diselenggarakan di Antwerp, Belgia.

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu dosen yaitu dokter Irena Agustiningtyas, M.Sc, setelah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari mulai Senin – Jumat, 26 -30 Muharom 1439 H /16-20 Oktober 2017 di Flanders Meeting and Convention Center, Antwerp.

Menurut dokter Irena, pada kegiatan ini kedua dosen FK UII membawakan poster presentation. dr. Utami Mulyaningrum, M.Sc dengan judul The influence of dengue serotype on disease severity. Sedangkan dr. Irena Agustiningtyas, M.Sc berjudul Seroprevalence of toxoplasmosis among premarital women in, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Kedua tema diangkat karena kasus baik demam bersarah dengue dan toxoplasmosis masih cukup tinggi di Indonesia, khususnya Yogyakarta.

“Kesempatan bertemu dan sharing penemuan dalam berbagai sudut pandang penyakit infeksi dengan peneliti dari seluruh dunia mampu menambah khasanah pengembangan penelitian terkait penyakit infeksi di institusi FK UII”, katan dokter Irena.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa tTema yang disuguhkan dalam berbagai kelompok presentasi kecil dari molekuler diagnosis sampai sistem informasi kesehatan dikemas dengan baik agar para peserta dapat mengikuti sesuai interest masing-masing.

“Prevalensi Neglected Disease begitu banyak disajikan dari negara2 berkembang. dr. Irena berharap ke depannya penelitian mengenai Neglected Disesase di Indonesia juga banyak dieksplore sehingga informasi data dapat dengan mudah didapatkan dan pada akhirnya Neglected Disease mampu diatasi dengan paripurna”, demikian harapnnya. Wibowo