Dosen FK UII IKuti Kegiatan Ilmiah ASBMB

 

Caption : dr. Syaefudin Ali Akhmad, M.Sc berfoto bersama dengan delegasi ASBMB (Poto : Wibowo/Isteimewa)

Kampus Terpadu (UII News) – ASBMB adalah American Society for Biochemistry and Molecular Biology, dan merupakan masyarakat Amerika untuk biokimia dan biologi molekuler sebuah organisasi profesi ahli kimia, biokimia dan biologi molekuler yang anggotanya dari seluruh negara bagian Amerika Serikat yang tergabung dalam Forum Experiment Biology.

Hal tersebut disampaikan oleh dosen tetap Departemen Biokimia Kedokteran UII, yaitu dr. Syaefudin Ali Akhmad, M.Sc, sepulang mengikuti kegitan tersebut pada hari Kamis-Ahad, 22-25 Dzulqoidah 1440 H/25-28 Juli 2019, di University of incarnate Word (UIW) San Antonio, dengna tema Transforming education of Biochemistry and Molecular Biology in Life Science.

Menurut dr. Syaefudin Ali Akhmad menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sebagai ajang pertemuan ilmiah para ahli biokimia dan berkesempatan membawakan poster untuk melakukan sharing pengalaman.

Kami membawakan presentasi poster dengan judul lesson learnt from Biochemistry Online Learning of Harvard Medical School untuk sharing pengalaman.

“manfaat positif yang kami rasakan setelah bisa bergabung sebagai member ASBMB adalah bisa update ilmu dan sharing pengalaman dan sharing evidence terbaru dalam pendidikan biokimia dan bisa mengikuti perkembangan terbaru khususnya di dunia penelitian biokimia dan biologi molekuler”, kata dokter Udin.

Caption : dr. Syaefudin Ali Akmad, M.Sc dengan poster Ilmiahnya yang di presentasikan di hadapan delegasi ASBMB (Poto : WIbowo/Istimewa)

Lebih lanjut, ditambahkan bahwa pertemuan ini sendiri merupakan pertemuan rutin tahunan organisasi dan tiap bulan juga ada pertemuan rutin sesuai dengan minat atau research interest group masing masing yang terbagi dalam minat penelitian lipid, penelitian discovery biomolekul baru dan penelitian instrumentasi untuk pengembangan alat ukur kuantitatif untuk menjaga mutu hasil pemeriksaan biokimiawi. Pada bulan Agustus tahun ini akan diadakan pertemuan mengenai aplikasi LC/MS untuk discovery biomolekul baru. Wibowo