Dokter Lulusan UII Wajib Mengingat Butir Sumpah Dokter

word-image

Caption : 32 dokter baru FK UII, yang mengikuti sumpah dokter periode 39 pada Kamis, 19 Oktober 2017. (Photo : Wibowo/Istimewa)

Kaliurang (UII News) – Arti sumpah dokter merupakan sesuatu ikatan perjanjian yang sakral karena menyertakan Allah SWT sebagai bentuk keyakinan kita, dengan apa yang kita lakukan diawasi Allah SWT. Untuk itu dokter lulusan UII selalu mengingat butir sumpah dokter.

Hal tersebut disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedoktean Universitas Islam Indoensia (FK UII) saat memberikan sambutan dalam acara sumpah dokter untuk periode ke-39 pada hari ini Kamis, 29 Muharom 1439 H/ 19 Oktober 2017 bertempat di Auditorium KH. Abdul Kahar Muzakir, Universitas Islam Indonesia, Kamus terpadu UII, Jalan Kaliurang Km.14,5 Sleman, Yogyakarta, yang diikuti sebanyak 32 dokter baru, yang terdiri dari 13 dokter laki-laki dan 19 dokter perempuan.

Menurut dokter Linda, dengan telah disumpahnya para alumni FK UII menjadi dokter berarti bahwa dokter yang dilantik pada hari ini sudah kompeten untuk bekerja di Layanan Kesehatan. Dan Alhamdulillah sampai saat ini PSPD FK UII telah meluluskan sebanyak 1.387 dokter, yang telah berkiprah sebagai PNS, dosen, dokter praktek pribadi, pemilik RS dan klinik serta banyak pula yang masih menempuh studi lanjut baik ke jenjang magister ataupun spesialis.

“Arti sumpah dokter merupakan sesuatu ikatan perjanjian yang sakral karena menyertakan Allah SWT sebagai bentuk keyakinan kita apa yang kita lakukan diawasi Allah SWT. Untuk itu dokter lulusan UII harus selalu mengingat butir sumpah dokter”, pesan dokter Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK.

Senada dengan Dekan FK UII, Ketua IDI DIY, dr Joko Murdiyanto SpAn MPH menyampaiakn salah satu poin sumpah dokter, yaitu pandai-pandailah memanusiakan manusia, utamakan keselamatan pasien, hargai hak-hak pasien.

“Setiap melakukan kegiatan profesi khususnya, bertindaklah berdasar dan berpedoman pada Kode Etik Kedokteran Indonesia”, pesan dokter Joko.

Sementara itu Rektor UII Nandang Sutrisno, SH., LLM., M.Hum.,Ph.D menyampaikan bahwa pengambilan sumpah kali ini juga melengkapi jumlah dokter yang menjadi alumni Fakultas Kedokteran UII menjadi 1.387 orang.

“Dengan pelantikan dan pengambilan sumpah ini, maka keluarga besar UII kembali meningkatkan peran dan kontribusinya meningkatkan kesehatan bangsa dan negara, khususnya lewat peran alumninya di tengah masyarakat.”, ungkap Pak Nandang. Wibowo