Kaliurang (UII News) – Perlu juga kami mengingatkan bahwa dokter lulusan UII siap untuk ditempatkan dimana saja karena visi UII adalah rahmatan lil a’lamin, mengingat rasio dokter dan penduduk di Indonesia belum dapat menjangkau di daerah terpencil. Dan ke depan akan ada kebijakan Dokter Layanan Primer (DLP). Sehingga diharapkan lulusan dokter PSPD FK UII dapat berperan pada layanan primer. Dengan distribusi dokter yang lebih baik, diharapkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan oleh dokter akan lebih baik lagi dan da’wah islam akan sampai di daerah terpencil.

Hal tersebut disampaikan oleh Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK dalam buku sambutannya untuk sumpah dokter periode XXVIII, yang diikuti oleh 28 dokter baru FK UII, pada hari Rabu, 15 April 2015 / 25 Rabiul Akhir 1436 H di auditorium KH. Abdul Kahar Muzakir, UII, Jl. Kaliurang Km.14, 5 Sleman Yogyakarta.

Menurut dokter Linda, kita sebagai dokter yang bertugas pemberi layanan jasa kesehatan pada pasar bebas ASEAN, sebagai dokter harus siap bersaing pada standar profesi dengan dokter dari ASEAN yang mau praktek di Indonesia.

“Sementara kalau dokter yang datang ke Indonesia wajib hukumnya bisa menggunakan bahasa Indonesia dalam menjalankan profesinya. Sehingga hal tersebut memacu dokter lulusan Indonesia untuk meningkatkan kualitas komunikasi dengan pasien dan keluarga pasien”, pesannya. Wibowo