Bakti Sosial dalam Rangka HKN Kerjasama dengan Dinkes Sleman DIY

bakti-sosial-dan-pengobatan-gratis-kesehatan-fakultas-kedokteran

bakti-sosial-dan-pengobatan-gratis-kesehatan-fakultas-kedokteran

Sleman – FK UII (18/11) – Catur Darma Univeritas Islam Indonesia mencakup 4 aspek yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan dakwah Islamiyah. Dalam kaitannya dengan aspek pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran UII telah menjalankannya dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu yang dapat dilakukan FK UII adalah dengan menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang ditujukan kepada masyarakat Kabupaten Sleman dan sekitarnya. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat (18/11) di Lapangan Denggung, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan pengabdian kepada masyarakan ini diselenggarakan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional berkerjasama dengan Dinas Kesehatan Sleman, Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 6000 peserta dari kalangan guru dan lain sebagainya. Fakultas Kedokteran dalam kegiatan ini menyiapkan berbagai fasilitas pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis serta cek lab meliputi GDS, asam urat, dan kolesterol. Pemeriksaan ini tanpa dipungut biaya bagi 100 pendaftar pertama, pendaftar selanjutnya dikenai biaya Rp 10.000/ orang.

Pelayanan gratis ini juga dibantu oleh 8 mahasiswa Tenaga Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) dan 5 orang dokter meliputi dr. Fitria Siwi, dr. Rokhima Lusiantari, dr. Alfan Nur Asyhar, dr. Eka Rosmarini SW, dan dr. Milda Khoiriana serta 2 orang laboran Ernadita dan Afivudien. (Tri)