Memahami Peran Dosen yang Multifungsi dan Vital dalam Pendidikan Melalui Lokakarya Manajerial

Kaliurang (9/10)- Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) menyelenggarakan Lokakarya Manajerial pada Selasa, 8 Oktober 2024. Kegiatan yang diselenggarakan di ruang Auditorium Lantai 4 FK UII ini ditujukan untuk dosen tetap FK UII. Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah “Menjadi Dosen yang Amanah dan Profesional”.

Lokakarya ini menghadirkan Rektor UII yaitu Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D atau yang biasa dipanggil dengan nama Pak Fathul sebagai pemateri. Dimoderatori oleh dr. Ade Indah Wahdini, Sp.KJ, pak Fathul menyampaikan materi tentang Optimalisasi Dosen di Institusi pendidikan sebagai akademisi, pendidik, dan pemegang amanah. Dalam penjelasannya, pak Fathul menekankan bahwa menjadi dosen itu harus produktif dan berintegritas. Produktifitas ditunjukkan dengan banyaknya pekerjaan yang ditugaskan kepadanya terjalankan secara tuntas, cacah dan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan, dan lain lain. Integritas ditunjukkan dengan adanya pengabdian yang dilaksanakan sepenuh hati, kejujuran yang dijunjung tinggi tanpa kompromi, penghargaan kepada orang lain yang menggambarkan kesetaraan dan lain lain. Acara ini sangat menarik antusiasme para peserta sehingga acara dilanjutkan dengan diskusi yang seru dan menarik.

Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D saat menyampaikan materi lokakarya

Kegiatan Lokakarya ini akan dilanjutkan sesi 2 pada Selasa, 22 Oktober 2024 dengan pemateri Prof. Dr. dr. Haerani Rasyid, M.Sc., Sp.PD-KGH, Sp.GK. Beliau adalah Dekan dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar yang menyampaikan materi tentang Manajemen Diri Dosen di Institusi Pendidikan Kedokteran.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dosen FK UII dapat menjalankan peran secara lebih optimal dan profesional, sehingga dapat terus berkontribusi yang signifikan bagi institusi, mahasiswa, dan masyarakat luas. (Hila/Jo)