FORDEK AIPKI: “Untuk Menghadapi Tantangan dalam Pendidikan Kedokteran, Perlu Inovasi dalam Pembelajaran”

Pontianak (27/07)– Forum Dekan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (FORDEK AIPKI) diselenggarakan pada Jumat dan Sabtu, 26-27 Juli 2024, bertempat di Aston Pontianak Hotel dan Convention Center, Jl. Gajah Mada No.21, Benua Melayu Darat, Pontianak Selatan, Kalimantan Barat. Acara ini dihadiri oleh para pemimpin institusi pendidikan kedokteran di seluruh Indonesia, termasuk peserta dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) yaitu Dr. dr. Isnatin Miladiyah, M.Kes; dr. Erlina Marfianti, M.Sc., Sp.PD; dr. Ana Fauziyati, M.Sc., Sp.PD; dan dr. Umatul Khoiriyah, M.Med.Ed, Ph.D, yang merupakan pengurus AIPKI.

Dengan tema “Advancing Medical Education Excellence: Enhancing the Development of Academic Health System and Ensuring the Quality of Specialist Doctor Graduates,” forum ini menjadi momentum berharga untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran di Indonesia.

Dekan FK UNTAN, dr. Ita Armyanti, M.Pd.Ked, dalam sambutannya menekankan pentingnya kolaborasi untuk menghadapi tantangan dalam pendidikan kedokteran, serta perlunya inovasi dalam metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Lebih lanjut, dr. Ery Hermawati, M.Sc, Ketua Panitia FORDEK AIPKI 2024, menekankan bahwa forum ini merupakan kesempatan penting untuk membahas kebutuhan masyarakat akan tenaga medis yang berkualitas. Melalui diskusi dan kerjasama yang terjalin, diharapkan dapat ditemukan solusi strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan kedokteran di Indonesia.

“Dengan adanya kerjasama yang erat dalam FORDEK, kami optimis bahwa forum ini akan memberikan manfaat bagi seluruh peserta dan membantu menghasilkan lulusan dokter spesialis yang memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan,” ungkap dr. Ery.

Foto bersama peserta FORDEK AIPKI 2024

FORDEK AIPKI 2024 tidak hanya menjadi ajang bertukar pikiran, tetapi juga platform untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam menciptakan sistem pendidikan kedokteran yang berkualitas dan berkelanjutan.

Dengan harapan yang tinggi, para peserta diundang untuk bergabung dalam forum ini dan berkontribusi dalam upaya bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan kedokteran di Indonesia. (Yani/Jo)