FK UII Memberikan Bekal Pengetahuan dan Keterampilan OSCE Bagi Penguji dan Pelatih Standar

Simulasi ujian OSCE FK UII

Kaliurang (17/10)- Penguji dan Pelatih Pasien Standar (PPS) merupakan komponen yang wajib ada di dalam Objectives Structured Clinical Examination (OSCE). Untuk menjadi penguji dan PPS, dokter-dokter di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) maupun di Rumah Sakit (dokter pendidikan klinik) perlu diberikan bekal baik pengetahuan maupun keterampilan dalam hal sebagai penguji maupun PPS OSCE.

Dalam rangka memperkuat dan memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan penguji dan PPS di lingkungan FK UII, pada Sabtu, 15 Oktober 2022 diselenggarakan “Pelatihan Penguji dan Pelatih Standar Ujian Kompetensi OSCE Tahun 2022” di Auditorium FK UII, Kampus Terpadu UII.

Peserta Pelatihan Penguji dan Pelatih Standar Ujian Kompetensi OSCE sebanyak 38 orang yang merupakan dokter dari FK UII, RSUD dr. Soedono Madiun, RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, RSUD dr. Soedirman Kebumen, RSUD dr. Soeroto Ngawi, RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, RSJ Grhasia, RSUD dr. Moewardi, dan RSI Yogyakarta PDHI.

Dekan FK UII, Dr. dr. Isnatin Miladiyah, M.Kes memberikan sambutan

Dekan FK UII, Dr. dr. Isnatin Miladiyah, M.Kes, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran para dokter di lingkungan UII maupun di Rumah Sakit (dokter pendidikan klinik) yang akan menguji mahasiswa terutama di OSCE perlu dilatih dan perlu dilakukan persamaan persepsi bagaimana menilai dan melakukan assessment keterampilan mahasiswa. Hal ini perlu dilaksanakan agar memberikan bekal sebagai penguji dan PPS OSCE. “Dengan pelatihan ini diharapkan bisa memberikan bekal baik pengetahuan maupun keterampilan dalam hal sebagai penguji dan PPS OSCE. Kegiatan seperti ini merupakan usaha kita untuk menghasilkan/dalam proses mendidik lulusan dokter yang dapat memenuhi harapan masyarakat luas”, ujar Dr. Isnatin.

Penyampaian materi oleh dr. Tridjoko Hadianto, DTM&H, M.Kes

Pelatihan Penguji dan Pelatih Standar kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dua narasumber yaitu dr. Tridjoko Hadianto, DTM&H, M.Kes dan Dr. dr. Wiwik Kusumawati, M.Kes dengan membawakan materi diantaranya: OSCE sebagai Uji Kompetensi, Blueprint dan Template Soal OSCE, Menjadi Penguji OSCE, Standard Setting OSCE, Menjadi Pelatih PS OSCE, Prinsip Pelatihan dan Pengelolaan PS, dan Simulasi Pelaksanaan Ujian OSCE.

Foto bersama peserta, pemateri, dan Dekan FK UII. (Jo)