Terharu, Usai Sumpah, Dokter Baru FK UII Nyanyikan Lagu Bunda

  • Diposkan oleh

               Sleman (UII News) :  Lantunan lagu berjudul  “Bunda” yang dipopulerkan oleh Melly Goeslaw dinyanyikan oleh dr. M.A. Jussri Widjaya Tianotak asal Maluku Utara mahasiswa FK UII angkatan 2008 seusai acara pelantikan Sumpah Dokter FK UII periode XXVII yang diselenggarakan di auditorium Lt. 5 RS JIH Yogyakarta, pada hari Kamis, 15 Januari 2015 bertepatan dengan 24 Rabiul Awal 1436 H,  segenap tamu undangan terharu dan beberapa meminta tisu untuk mengeringkan air mata yang menetes di pipi.

               “Silahkan teman-teman ku dokter baru FK UII, marilah kita pandangi wajah bunda dan ayahanda kita, yang telah membersarkan kita, yang telah mengantarkan kita untuk menjadi dokter pada hari ini, sambi menangis juga boleh”, ajak Jussri disela-sela menyanyikan lagu Bunda.

               Menurut Jussri, lagu ini memang di agendakan oleh para calon dokter periode ini, yang mana pelantikan sebelumnya belum pernah ada, lagu ini  dipersembahkan khusus bagi para ibunda dan ayahanda kami berserta guru-guru kami yang telah iklas mendidikan kami hingga sampai dengan saat ini, tambahnya.

               Dalam sambutannya, Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc berpesan kepada para dokter baru FK UII  senantiasa perlu juga untuk selalu diingat, bahwa proses pendidikan para dokter baru UII tidaklah berakhir dengan mengucapkan sumpah ini, tetapi akan terus berlanjut tanpa batas waktu.

               Para alumni selalu dituntut untuk terus mengembangkan kompetensi dan profesionalitasnya sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat terus berkembang ke arah yang lebih baik serta pengabdian alumni UII kepada masyarakat akan semakin nyata, tuturnya.

               Sementara itu dalam memberikan sambutan,  Dekan FK UII dr. Linda Rosita, M.Kes., Sp.PK menjelaskan bahwa pada hari ini tanggal 15 Januari 2015 ini, kita telah melantik dan mengambil sumpah yang ke-27 sebanyak 44 dokter baru, yang terdiri dari 18 dokter laki-laki dan 26  dokter perempuan. “Alhamdulillah sampai saat ini FK UII telah meluluskan sebanyak 834 dokter, yang telah berkiprah sebagai PNS, dosen, dokter praktek pribadi, pemilik RS dan klinik serta banyak pula yang masih menempuh studi lanjut baik ke jenjang magister ataupun spesialis”, jelasnya.

               Dokter lulusan UII yang kami cintai, tantangan dokter ke depan akan semakin besar, apalagi yang paling dekat Januari 2015 adalah pasar bebas ASEAN 2015.  Ada beberapa catatan penting yang harus dilakukan oleh kita sebagai pemberi layanan jasa kesehatan pada pasar bebas tersebut, yaitu kita sebagai dokter siap bersaing pada standar profesi dengan dokter dari ASEAN yang mau praktek di Indonesia, demikian imbuhnya. Wibowo