Syukuran RSUD Dr. Soedono Madiun sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama FK UII

  • Diposkan oleh
Rumah Sakit Pendidikan merupakan rumah sakit yang dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan dan juga pelaksanaan pendidikan dokter, terutama pada tahap pendidikan klinik (koass). Pesatnya  pertumbuhan institusi pendidikan kedokteran di Indonesia harus diiringi dengan peningkatan jumlah rumah sakit pendidikan. Sebagai syarat untuk dapat melaksanakan program pendidikan dokter, setiap prodi pendidikan dokter hendaknya telah memiliki rumah sakit pendidikan yang telah terakreditasi.  Penelitian tahun 2003 menunjukkan terdapat 97 rumah sakit yang dimanfaatkan untuk pelaksanaan pendidikan dokter, tetapi sampai tahun 2009 hanya 39 rumah sakit yang resmi memiliki Surat Keputusan Menteri Kesehatan sebagai Rumah Sakit Pendidikan.

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia menggelar acara syukuran atas diterimanya SK Menteri Kesehatan bagi RS dr Soedono Madiun sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama untuk FK UII. Acara dilaksanakan di Sagan Resto, Sabtu 22 Januari 2011, dan dihadiri oleh Direktur dr. Restu dan segenap staf RS dr Soedono Madiun, Wakil Rektor 2 dra. Neni Meidawati Msi, Akt, dekanat dan staf Fakultas Kedokteran UII. Proses untuk menjadi rumah sakit pendidikan yang terakreditasi merupakan suatu proses yang panjang, sehingga keberhasilan tersebut layak untuk disyukuri.

Prof Rusdi dan dekan FK UII dr Isnatin Miladiyah mengungkapkan dalam sambutannya, bahwa pendidikan dokter  dalam tahap klinis ke depan menjadi tanggung jawab bersama antara FK UII dan Rumah Sakit Pendidikan. Dengan diterimanya SK tersebut, FK UII telah memiliki satu rumah sakit pendidikan utama yang terakreditasi. Saat ini, Fakultas Kedokteran UII sedang mempersiapkan beberapa rumah sakit lain untuk bisa memperoleh akreditasi sebagai rumah sakit pendidikan. Ke depan diharapkan FK UII bisa memiliki beberapa rumah sakit yang memenuhi syarat untuk mendukung upaya mencetak dokter-dokter yang berkompeten. Saat ini FK UII  secara intensif melakukan pendampingan proses persiapan akreditasi untuk Rumah Sakit Umum Daerah Sragen. Proses pendampingan untuk RSUD Sragen tersebut melibatkan FK UII dan RS dr Soedono Madiun.