SMART LEM FK UII Selenggarakan KAKAP Dengan Tema Urgensi Penulis

  • Diposkan oleh

Kaliurang (UII News) – Kajian Kamis Pagi yang biasa akrab disingkat KAKAP kembali diselenggarakan oleh SMART (Scientific Medical Activities of Research and Technology). Kali ini SMART LEM FK UII mengambil tema tentang Urgensi sebagai Penulis.

Hal itu disampaikan oleh Faisal Ridho Sakti (2013) yang menjabat sebagai Ketua SMART LEM FK UII saat acara berlangsung pada Kamis, 16 April 2015 / 26 Jumadil Akhir1436 H, diauditorium Lt.2 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang Km.14,5 Sleman Yogyakarta yang diikuti oleh sepuluh anggota SMART LEM FK UII.

Dijelaskan oleh Ridho, bahwa sepuluh mahasiswa pilihan yang menghadiri Kakap ( Kajian Kamis Pagi ) pada tanggal 16 April 2015 mendapat arahan yang sangat luar biasa oleh Pak Rudy mengenai Urgensi Penulis.

Menurut Ridho, Pak Rudy yang merupakan dosen FMIPA UII memberi pesan bahwa sebagai penulis harus menyadari betul mengenai perbedaan Metodology dengan Metods. Ketika kita berhasil membedakan, maka itulah awal dari kesuksesan menulis. Dalam waktu 30 menit, Pak Rudy memberi 15 Tips Sukses Menulis yang beliau buat sesuai pengalaman yang sudah dilaluinya, demikian kata Ketua SMART FK UII ini. Adapun 15 Tips itu sebagai berikut :

Tips 1 : Tentukan Ketertarikanmu

Tips 2 : Diskusi Terarah (Penting!)

Tips 3 : Grouping (I don’t same We)

Tips 4 : Dinamika Kelompok

Tips 5 : Presentasikan Idemu

Tips 6 : Lihat Perbedaan (Rahmat)

Tips 7 : Baca dan IIkut Panduan

Tips 8 : Mulai Menulis

Tips 9 : FOKUS

Tips 10 : Detail

Tips 11 : Kreatif dan Inovatif

Tips 12 : TIME FRAME

Tips 13 : Komit terhadap Komitmen

Tips 14 : Tegar dan Sabar

Tips 15 : The End of Improvement

 

Ditambahkan oleh Ridho lagi, bahwa Pesan terakhir sebelum ditutup kegiatan Kakap ini, Pak Rudy berpesan “tetap bermimpi… Seperti Habibie memimpikan menerbangkan Habibie… mimpi terus sampai Tuhan memeluk mimpi kita… “ , demikian kata Pak Rudi.

Sebagai kesan dan pesannya, disampaikan bahwasannya tidak rugi rasanya, 10 mahasiswa pilihan dengan merelakan waktu lebih dan semangat yang membara mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa dengan mendatangkan pemateri yang sangat luar biasa karena pengalaman menulis yang sangat banyak serta seorang motivator yang sungguh bisa memotivasi kesepuluh mahasiswa tersebut, demikian kesan Ridho. Wibowo/Tri