proporsi trauma kepala akibat kecelakaan lalu lintas di rs pku

  • Diposkan oleh
PROPORSI TRAUMA KEPALA AKIBAT KECELAKAAN LALU LINTAS
DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
PERIODE 1 JANUARI 2007- 31 DESEMBER 2007
 
 
Latar Belakang: Trauma kepala merupakan penyebab utama kematian dan kecacatan di seluruh dunia dimana kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utamanya sekitar 40 – 50 %. Mayoritas trauma kepala terjadi pada usia 15 – 45 tahun dengan kejadian tertinggi pada pria.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proporsi kejadian dan kematian trauma kepala akibat kecelakaan lalu lintas berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat keparahan trauma kepala, kategori pengguna jalan, jenis kecelakaan, penegakan diagnosis trauma kepala, penatalaksanaan trauma kepala dan penggunaan alat pengaman.
 
Metode Penelitian: Penelitian yang dilakukan adalah penelitian non eksperimental, deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional dan ilakukan analisis secara deskriptif terhadap variabel – variabel yang telah ditentukan.
Hasil: Pasien trauma kepala yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 235 orang dengan proporsi kejadian trauma kepala akibat kecelakaan lalu lintas sebesar 56 % dan proporsi kematian sebesar 7,7 %. Berdasarkan jenis kelamin kejadian tauma kepala terbanyak pada pria sebesar 57 % dengan tingkat kematian sebesar 61 %, berdasarkan usia terbanyak pada rentang 25-44 tahun sebesar 34 % dengan tingkat kematian tertinggi pada kelompok usia > 60 tahun sebesar 33 %, berdasarkan tingkat keparahan trauma kepala terbanyak pada trauma kepala ringan sebesar 60 % dengan tingkat kematian tertinggi pada trauma kepala berat sebesar 94 %, berdasarkan kategori pengguna jalan terbanyak pada pengguna sepeda motor sebesar 43 % dengan tingkat kematian sebesar 44 %, berdasarkan jenis kecelakaan terbanyak pada tabrakan sebesar 30 % dengan tingkat kematian sebesar 50 %, berdasarkan penegakan diagnosis paling banyak penggunakan CT scan sebesar 87 % dengan tingkat kematian sebesar 83 %, berdasarkan penatalaksanaan paling banyak rawat inap sebesar 94 % dengan tingkat kematian sebesar 89 % dan penatalaksanaan non-operatif / konservatif sebesar 92 % dengan tingkat kematian sebesar 94 %.
 
Simpulan:  Proporsi kejadian trauma kepala akibat kecelakaan lalu lintas di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta periode 1 Januari 2007 – 31 Desember 2007 sebesar 56 % dengan proporsi kematian sebesar 7,7 %.
 
Kata Kunci : Proporsi, Kematian, Trauma kepala, Kecelakaan Lalu Lintas
 
Pembimbing I
Prof. Dr. dr. H. Rusdi Lamsudin, M.Med.Sc, Sp.S(K)
 
Pembimbing II
dr. R. Edi Fitriyanto