proporsi dan faktor resiko kejadian jatuh pada lansia

  • Diposkan oleh
PROPORSI DAN FAKTOR RESIKO KEJADIAN ”JATUH” PADA LANSIA
DI PANTI SOSIAL TRESNA WREDHA UNIT ABIYOSO, PAKEM, SLEMAN, YOGYAKARTA
 
 
Latar Belakang: Jatuh adalah salah satu peristiwa yang sering dialami oleh seorang lansia. Jatuh berkaitan dengan peningkatan morbiditas dan mortalitas serta penurunan fungsi dan kemandirian. Jatuh biasanya terjadi akibat rangkaian beberapa faktor resiko, yang sebagian besar dapat dikoreksi, salah satunya adalah faktor resiko intrinsik.
Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proporsi dan faktor resiko terjadinya jatuh pada lansia di Panti Sosial Tresna Wredha Abiyoso Pakem, Sleman, Yogyakarta.
 
Metode Penelitian: Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptifanalitik dengan rancangan penelitian cross-sectional (belah lintang) pada lansia di Panti Sosial Tresna Wredha Abiyoso Pakem, Sleman, Yogyakarta. Lansia yang memenuhi kriteria inklusi diperiksa faktor resiko terjadinya jatuh. Analis data menggunakan cara diskriptif dan uji statistik Chi-Square Test untuk mengetahui faktor resiko yang berpengaruh terhadap kejadian jatuh pada lansia.
 
Hasil: Lansia yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi sebanyak 46 orang, dengan proporsi kejadian jatuh sebanyak 24 orang (52,2%). Faktor resiko terjadinya jatuh adalah umur, paling banyak terjadi pada kelompok 75-90 tahun yaitu sebanyak 11 orang (55%). Jenis kelamin, paling banyak terjadi pada kelompok lansia laki-laki sebanyak 10 orang (58,8%). Kelainan kognitif, paling banyak terjadi pada lansia yang menderita kelainan kognitif sedang sebanyak 7 orang (70%), hipotensi postural sebanyak 5 orang (55,6%), riwayat penyakit sebanyak 20 orang (62,5%) dan riwayat pengobatan sebanyak 24 orang (57,1%). Tidak ada hubungan antara faktor resiko yang diteliti dengan kejadian jatuh pada lansia.
 
Simpulan: Proporsi kejadian jatuh pada lansia di Panti Sosial Tresna Wredha Abiyoso Pakem, Sleman, Yogyakarta sebesar 52% dari populasi lansia. Faktor resiko intrinsik yang diteliti tidak berpengaruh dengan kejadian jatuh pada lansia.
 
Kata kunci : Proporsi, Faktor Resiko, Jatuh, Lansia
 
 
Pembimbing Utama
dr.Hj.Niarna Lusi Sp.PD
 
 
Pembimbing Pendamping
dr. Yeny Dyah C.