persepsi masyarakat kota yogyakarta terhadap iklan program tanggap flu burung di media massa

  • Diposkan oleh
PERSEPSI MASYARAKAT KOTA YOGYAKARTA
TERHADAP IKLAN PROGRAM TANGGAP FLU BURUNG DI MEDIA MASSA
 
 
Latar Belakang: Untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam Program Tanggap Flu Burung, media massa dianggap sebagai faktor lingkungan yang dapat mengubah perilaku masyarakat melalui proses belajar sosial. Efektif tidaknya iklan Program
Tanggap Flu Burung di media massa sangat dipengaruhi oleh persepsi masyarakat, oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat kota Yogyakarta terhadap Iklan Program Tanggap Flu Burung di media massa.
 
Tujuan Penelitian: Mengetahui Persepsi masyarakat terhadap iklan Program Tanggap Flu Burung di media massa menurut tingkat pendidikan dan pengetahuan tentang flu burung.
 
Metode Penelitian: Penelitian menggunakan metode cross sectional. Dalam penelitian ini tingkat persepsi masyarakat terhadap iklan Program Tanggap Flu Burung di media massa diketahui melalui kuisioner.
 
Hasil: Tingkat pendidikan tidak mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap Iklan Program Tanggap Flu Burung di media massa dengan nilai p=0,612 (>0,05).. Sedangkan pengetahuan tentang flu burung (nilai p=0,001, <0,05) mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap iklan tersebut. Secara bersama-sama tingkat pendidikan, pengetahuan dan faktor media massa berpengaruh terhadap persepsi masyarakat terhadap iklan Program Tanggap Flu Burung dengan hasil uji F yang menunjukkan nilai p (0,044) lebih kecil dari 0,05.
Kesimpulan: Secara bersama-sama terdapat pengaruh antara tingkat pendidikan, pengetahuan dan faktor media massa terhadap persepsi masyarakat pada iklan Program tanggap Flu Burung. Secara parsial, tingkat pendidikan tidak mempengaruhi persepsi masyarakat, sedangkan pengetahuan mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap Iklan Program Tanggap Flu Burung
 
Kata Kunci: Persepsi, Iklan Program Tanggap Flu Burung, Media massa, Tingkat Pendidikan, Pengetahuan
 
 
Pembimbing Utama
dr. H. Zuchairi Dahlan, Sp.P
 
Pembimbing Pendamping
drg. Punik Mumpuni Wijayanti, M.Kes.