Pengaruh Aktivitas Fisik Submaksimal selama 30 Menit terhadap Perubahan Tekanan Darah

  • Diposkan oleh
PENGARUH AKTIVITAS FISIK SUBMAKSIMAL SELAMA 30 MENIT TERHADAP PERUBAHAN TEKANAN DARAH PADA ORANG SEHAT
 
Latar belakang : olahraga sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup. Olahraga yang optimal adalah olahraga yang menggunakan 60-80 % dari kapasitas maksimal denyut jantung atau biasa disebut sebagai olahraga submaksimal.

Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas fisik yang bersifat submaksimal berpengaruh terhadap perubahan tekanan darah.

Metode penelitian : penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dimana subjek akan diberi beban kerja pada kapasitas submaksimal selama 30 menit dan diukur perubahan tekanan darahnya tiap 3 menit. Penelitian dilakukan terhadap 50 subjek yang berusia 15-35 tahun dan sehat berdasarkan kriteria PAR-Q (physical Activity Readiness Questionnare).

Hasil : Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan program SPSS dengan metode one-way ANOVA. Analisa hasil probabilitas, nilai F hitung sistolik adalah 1.040 dengan p= 0.408,sedangkan nilai F hitung diastolic adalah 1.318 dengan p= 0.217. hipotesis yang berlaku adalah apabila p > 0.05 maka Ho diterima atau rata-rata sistolik maupun diastolik tidak berbeda secara nyata.

Kesimpulan : tidak ada perbedaan yang signifikan pada perubahan tekanan darah selama subjek melakukan aktivitas fisik submaksimal selama 30 menit.

Kata kunci : aktivitas fisik submaksimal, tekanan darah