KATA PENGANTAR

Hanya ucapan syukur Alhamdulillah atas karunia Allah SWT yang telah diberikan kepada semua sehingga selalu sehat wal afiat dan bisa bekerja dengan baik serta beribadah dengan sempurna. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada baginda Nabi Muhammad SAW sebagai panutan kita dan teladan kita yang selalu kita tunggu syafaatnya nanti di hari kiamat.

Buku panduan akses jurnal elektronik dan ebook ini disusun untuk menjadi panduan bagi semua sivitas akademika FK UII dalam memanfaatkan, mengakses, menggunakan serta menyebarkan konten jurnal dan ebook yang dilanggan oleh FK UII. Semoga dengan adanya buku panduan ini semua pihak bisa memperoleh manfaat langsung dalam meningkatkan akses kepada pengetahuan terbaru atau terkini dari berbagai jurnal sesuai disiplin ilmu masing masing.

Harapan kami semoga kualitas pendidikan dokter di FK UII juga meningkat dengan tersedia layanan jurnal elektronik dan ebook yang mendukung proses belajar mengajar yang berbasis Evidence Based Medicine baik yang disease oriented dan patient oriented.

Dekan FK UII

Dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK

 

I. PENDAHULUAN

Pengetahuan terus berkembang seiring dengan meningkatkan jumlah penelitian dan publikasi ilmiah. Ledakan informasi begitu dahsyat sehingga sulit untuk diikuti percepatannya. Dalam satu tahun saja ratusan ribu sampai jutaan artikel telah diterbitkan diberbagai jurnal cetak atau online serta buku baik buku elektronik atau cetak. Kompetensi belajar sepanjang hayat harus ditanamkan kepada mahasiswa untuk selalau update terhadap perkembangan ilmu ilmu kedokteran supaya tidak ketinggalan informasi dan teknologi dalam praktek nantinya. Kewajiban dokter untuk mengumpulkan 200 SKS dari CME atau pendidikan berkelanjutan adalah suatu hal yang harus dipenuhi demi diakuinya kompetensi dokter dalam perpanjangan praktek atau STR.

Evidence Based Practice (EBP) adalah proses penggunaan bukti-bukti terbaik yang jelas, tegas dan berkesinambungan guna pembuatan keputusan klinik dalam merawat individu pasien. Dalam penerapan EBP harus memenuhi tiga kriteria yaitu berdasar bukti empiris, sesuai keinginan pasien, dan adanya keahlian dari praktisi. Setiap makalah ilmiah yang didapat dinilai berdasarkan evidence-based medicine, ditentukan level of evidence (LOE) dan tingkat rekomendasinya. Berikut ini LOE yang menjadi pilihan muali dari level I,II, dan III.

Gambar 1. Level of evidence

Picture1.jpg

Berikut ini adalah Levels of Evidence for Clinical Studies Menurut The North American Spine Society 2005

Level I:

High quality randomized trial or prospective study; testing of previously developed diagnostic criteria on consecutive patients; sensible costs and alternatives; values obtained from many studies with multiway sensitivity analyses; systematic review of Level I RCTs and Level I studies.

Level II:

Lesser quality RCT; prospective comparative study; retrospective study; untreated controls from an RCT; lesser quality prospective study; development of diagnostic criteria on consecutive patients; sensible costs and alternatives; values obtained from limited studies; with multiway sensitivity analyses; systematic review of Level II studies or Level I studies with inconsistent results.

Level III:

Case control study (therapeutic and prognostic studies); retrospective comparative study; study of nonconsecutive patients without consistently applied reference “gold” standard; analyses

based on limited alternatives and costs and poor estimates; systematic review of Level III studies.

Level IV:

Case series; case control study (diagnostic studies); poor reference standard; analyses with no sensitivity analyse

Level V:

Expert opinion.

Menurut ilmu metodologi penelitian jenis evidence yang paling baik adalah penelitian yang paling sesuai dengan masalah utama dengan pendekatan yang sesuai untuk menjawabnya seperti pada gambar dibawah ini. Penelitian baik Jenis kuantitatif atau kualitatif tingkatan validitasnya sangat tergantung pada masalah dan tujuan penelitian yang akan dilakukannya. Menurut CEBMA atau Center of Evidence Based Management piihan design penelitian tergantung research question sebagai berikut;

Bersyukur FK UII sebagai FK terakreditasi A telah menyediakan akses jurnal ilmiah terbaik di dunia untuk pembelajaran dari segi disesase oriented dengan OVID dan pasien oriented dengan UpToDate.Selain itu universitas melalui Perpustakaan Pusat juga telah melanggan EBSCO, ScienceDirect, West Law, JSTOR dan berbagai Ebook dari penerbit Elsevier atau EBSCO. Alasan mengapa FK UII memilih OVID, UPTODATE dan EBSCO Dyamed plus adalah kesesuaiannya dalam aplikasi EBM di dalam penanganan pasien yang selalu update sesuai bukti terbaru.

 

II. CARA AKSES JURNAL

Bagi yang di Kampus UII

Untuk mengakses jurnal jurnal yang dilanggan oleh UII melalui Perpustakaan Pusat bisa membuka laman www.library.uii.ac.id.

Dari sekian banyak jurnal yang dilanggan oleh UII seperti yang tersedia di laman library.uii.ac.id tersebut bisa langsung diakses dengan mengclick jurnal yang dinginkan. Secara otomatis saudara akan terhubung dengan jurnal tersebut jika saudara dilingkungan kampus UII dalam jangkauan jaringan IP address UII melalui Wifi Kampus atau jaringan kabel internet UII di kawasan kampus UII. Pilihan akses di lingkungan kampus bisa menggunakan eudoram yang bisa dipakai juga diluar negeri saat berada di lingkungan yang menggunakan eudoram juga atau memilih UIIconnect dengan username dan password sesuai NIK atau daftar dulu ke BSI dengan menghubungi itsupport@uii.ac.id

Bagi yang berada di luar kampus UII

Untuk mengakses semua jurnal yang dilanggan perpustakaan UII dan FK UII bisa memanfaatkan fasilitas vpn.uii.ac.id yang khusus memberikan layanan akses jurnal gratis yang sudah dilanggan UII di luar kampus yang seolah olah menggunakan IP address UII. Selengkapnya untuk mendowload applikasi VPN bisa dibuka laman vpn.uii.ac.id dengan click konfigurasi di laman vpn.uii.ac.id serta pilih jenis laptopnya apakah pakai windows atau apple. Applikasi ini juga bisa dipakai untuk android dengan memilih aplikasi konfigurasi untuk android dan syarat utamanya adalah memiliki usernamae dan password unysis.uii.ac.id yang bisa dipakai untuk akses vpn.

Panduan Koneksi VPN dengan Device Android

  1. Buka browser dan kunjungi vpn.uii.ac.id
  2. Tap tautan pada “Unduh file konfigurasi VPN pada tautan ini”. Simpan di SD Card.
  3. Tap tautan “Download the Latest OpenVPN Android app from this link”.

C:\Users\fkuii\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\1.jpg

  1. Maka akan muncul Aplikasi OpenVPN Connect di Google Play Store.

Tap Pasang untuk mulai menginstal.

C:\Users\fkuii\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\2a.jpg

  1. Tunggu hingga pemasangan selesai.

Tap pada tombol Buka untuk mulai membuka aplikasi OpenVPN

C:\Users\fkuii\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\2b.jpg

  1. Tap pada Icon Menu lalu tap pada menu Import

C:\Users\fkuii\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\3a.jpg

  1. Pilih file “vpnuii.ovpn” yang telah di download di SD Card atau di folder Download.

Lalu klik Save.

C:\Users\fkuii\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\3b.jpg

  1. Konfirmasikan dengan beri centang Saya mempercayai aplikasi ini. Lalu tap Oke.

C:\Users\fkuii\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\4.jpg

  1. Masukkan Username dan Password Unisys. Beri centang pada Save dan tap tombol Connect.

C:\Users\fkuii\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\5.jpg

  1. Jika berhasil maka muncul keterangan OpenVPN Connected.

C:\Users\fkuii\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\6.jpg

Panduan Akses Jurnal OVID

  1. Buka Browser lalu masukkan alamat http://ovidsp.ovid.com/autologin
    Catatan: Gunakan OpenVPN UII jika akses di luar jaringan UII.

  1. Klik menu search lalu Masukkan kata kunci kemudian klik Search.

  1. Klik pada artikel jurnal yang dituju.

Panduan Akses Uptodate

  1. Buka browser lalu masukkan alamat http://www.uptodate.com. Lalu klik Login.

Catatan:

Gunakan OpenVPN UII jika akses di luar jaringan UII.

Register terlebih dahulu untuk dapat login.

Akun akan expired selama 2 bulan, maka pengguna diminta agar login kembali dengan akses jaringan di lingkungan untuk dapat mengaktifkan kembali.

  1. Ketikkan kata kunci yang ingin dicari Lalu klik Search.

Panduan Akses Jurnal Ebsco

  1. Buka browser lalu masukkan alamat http://www.uptodate.com. Lalu klik Login.

Catatan: Gunakan OpenVPN UII jika akses di luar jaringan UII.

  1. Beri tanda centang pada Medline with Full Text lalu klik Continue

Untuk akses EBSCO bisa juga menggunakan cara lain jika belum download VPN yaitu sebagai berikut:

Go to: http://search.ebscohost.com
User Id: ns004253
Password: password

III. CARA AKSES EBOOK

Untuk akses ebook bisa melalui website OVIDSP.OVID.COM dengan username fkuii01 password uii123 atau melalui aplikasi vpn tanda perlu username dan password. Setelah itu pilih menu Books pada laman ovidsp.ovid.com. Tinggal pilih buku yang terbaik sesuai kebutuhan atau yang paling berguna dengan total 104 buku.

Berdasarkan pengalaman yang paling berguna adalah buku Algorithmic Diagnosis of Symptoms and Signs: A Cost-Effective Approach. Akses ebook juga bisa dilakukan melalui EBSCO ketik search.ebscohost.com dan pilih menu Ebook dengan jumlah buku 3.811 dari segala bidang ilmu pengetahuan dan untuk kedokteran mencapai ratusan. Untuk membatasi pencarian bisa khusus dengan memasukan keyword yang tepat sesuai budang ilmu kedokteran. Jika ingin tanpa username dan password bisa melalui aplikasi vpn.uii.ac.id. Jika ada hambatan atau kesulitan bisa menghubungi BSI melalui email itsupport@uii.ac.id .

Jika dengan cara apapun untuk akses jurnal dan ebook tidak bisa mendapatkan fulltextnya karena harus membayarnya maka bisa dilakukan langkah terakhir dengan menggunakan sci-hub.cc/ yang sudah diakui oleh dunia internasional. Dengan mengcopy paste alamat DOI dari artikel tersebut ke laman sci-hub.cc maka otomatis fulltext bisa diakses dan diownload gratis. Semoga informasi ini berguna bagi kemajuan studi para mahasiswa semua.

IV. PENUTUP

Demikin buku panduan ini kami susun semoga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengakses jurnal online dan ebook yang dilanggan oleh UII maupun FK UII.