Meningkatkan Kemajuan Ilmu Kedokteran Penerbit Elsevier Beraudiensi dengan Dosen FK UII

  • Diposkan oleh

Kaliurang (UII News) – Dalam rangka meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi  khususnya di bidang kedokteran, Penerbit Elsevier melakukan terobosan khususnya dalam mendorong publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal maupun buku-buku kepada para dosen di lingkungan FK UII.

Hal itu diceritakan oleh Wakil Dekan FK UII, dr. Syaefudin Ali Akhmad, M.Sc saat mengikuti acara penjelasan dairi Publishing Manager Elsevier Asia Tenggara, pada hari Rabu, 11 Februari 2015 / 21 Raobiul Akhir 1346 H di ruang auditorium lt. 1 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia yang diikuti para dosen di FK UII.

Dijelaskan oleh dokter Udin, bahwa dalam acara tersebut disampiakan oleh Pubishing Manager Elsevier Asia Tenggara Mrs Chee Hooi Ping yang berkantor di Singapura bahwa Elsivier hadir untuk menguatkan Pengetahuan dengan symbol pohon Elm yang dirambati pohon anggur dan seorang kakek yang memetik buah anggur. Tulisan non Solus yang tergantung di pohon tersebut memiliki arti tidak sendirian. Maksud dari symbol itu adalah upaya Elsevier merupakan sebuah usaha penerbitan seperti pohon yang membuahkan ilmu kebijaksaan yang bermanfaat bagi manusia.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Wakil Dekan FK UII ini bahwa dalam kunjungan nya di FK UII pihak Publishing Elsevier ingin mendapatkan masukan dari dosen FK UII. Elsevier juga pada kesempatan tersebut secara khusus meminta kesediaan dosen FK UII menjadi reviewer beberapa buku kedokteran terbitan Elsevier. Selain itu Elsevier menggali saran-saran untuk perbaikan konten dan segi bahasa buku-buku kedokteran supaya lebih mudah diterima oleh mahasiswa dan dosen FK di Indonesia. Dalam presentasinya Mrs Chee Ping memaparkan bahwa 40% mahasiswa FK memilih buku karena bahasa Indonesia dan 60 % karena konten yang relevan dengan kurikulum FK.

Acara tersebut dilanjutkan dengan dialog antara dosen dengan Mrs Ping untuk membuka peluang kerja sama dalam penerjemahan dan review buku yang lebih up to date, relevan, praktis dan disertai dengan eletronik resources seperti salah satu produk Elsevier yaitu student consult.

“ Hadir dalam pertemuan perwakilan dari berbagai departemen seperti Depertemen Penyaki Dalam, Ilmu Kesehatan Anak, Biokimia, Histologi, Medical Education, dan Mikrobiologi, Patologi Klinik serta Fisiologi Anatomi”, demikian penjelasan dokter Udin. Wibowo