Lokakarya Evaluasi Penilaian Kegiatan Belajar

  • Diposkan oleh
Senin dan Selasa,9-10 Mei 2011 PIC 3 Tim Hibak PHK PKPD telah mengadakan lokakarya Evalausi Penilaian Kegiatan Belajar. Lokakarya ini merupakan bagian dari policy study Penilaian Kegitan Belajar, aktifitas dari program 3 PHK PKPD FK UII yaitu Perbaikan Kualitas Proses Pembelajaran Melalui Inovasi Pembelajaran dan Optimalisasi Sumber Daya.
Hasil yang diharapkan tercapai melalui kegiatan lokakarya ini adalah terevalusinya berbagai tools penilaian yang telah diimplementasikan di FK UII saat ini.  Agar hasil tersebut tercapai maka dihadirkan pembicara dalam lokakarya tersebut adalah Ibu Ratna Syifa’a Rachmahana S.Psi, Msi, Psikolog dari Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII dan dr. Sari Puspa Dewi MHPE dari FK UNPAD.

 

Ibu Ratna memberikan materi terkait Teknik Evaluasi Penilaian Alat Ukur Kegiatan Belajar yang dispesifikan kepada mengukur validitas dan reliabilitas sebuah metode penilaian kegiatan belajar. Pada hari kedua, dr Sari,yang telah cukup banyak memiliki pengalaman terkait pengembangan assessment di FK UNPAD, selain menyampaikan materi tentang Dasar-Dasar Evaluasi Penilaian Alat Ukur Kegiatan Belajar juga memberikan feedback terhadap presentasi hasil evaluasi berbagai penilaian kegiatan belajar di FK UII. Presentasi ini merupakan hasil FGD kelompok kecil yang telah dilakukan pada hari pertama.

 

Hasil evaluasi melalui FGD yang telah mendapatkan feedback dari pakar dapat menjadi acuan dalam pengembangan Sistem Penilaian Kegiatan Belajar di FK UII. Policy studi ini akan dilanjutkan dengan beberapa rangkaian kegiatan berikutnya sehingga akan dihasilkan sebuah Sistem Penilaian Kegiatan Belajar di FK UII yang lebih baik lagi.