FK Selenggarakan MEDEX

  • Diposkan oleh

Kaliurang (UII News) – Medical Expo (MEDEX) adalah sebuah acara dari Pendpro LEM FK UII. Konsep yang diusung adalah “Gain Knowledge, Well Planned, For a Glorious Future” maksudnya acara ini akan mengenalkan peserta tentang Fakultas Kedokteran UII, selain itu peserta mendapatkan ilmu kemudian dapat membuat rencana untuk menentukan masa depan yang penuh kemenangan. Acara ini berbeda dengan program Pendpro tahun sebelumnya (Pancreas) yang hanya mengadakan lomba, tahun ini ada tambahan talkshow dengan tema Bipolar dan tour de medica.

Hal itu disampaikan oleh Teguh Sulistiyono, selaku Ketua MEDEX FK UII saat berlangsungnya acara di Auditorium Kahar Muzakir Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang Km.14,5 Sleman, Yogyakarta pada hari Sabtu, 31 Januari 2015 dan dihadiri lebih dari dua ratus peserta.

Menurut Teguh, pengambilan tema talkshow tentang Bipolar sendiri dikarenakan gangguan kejiwaan yang satu ini sedang hangat dibicarakan sehingga cocok untuk dibahas dari akar sampai ujungnya.

“Libbie Anatagia S.Psi., M, Psi dan Prof. Dr. dr. H. Soewadi MPH, SP. Kj (K), memberikan pemahaman kepada peserta MEDEX tentang gangguan mood disorder (Bipolar), mulai dari tahapan, faktor yang mempengaruhi, sampai cara mengatasinya. Selain itu ada R.Y. Kusumaningtyas yang menceritakan bagaimana caranya bangkit setelah divonis terkena Bipolar kemudian bisa menginspirasi banyak orang”, kata Teguh.

Sementara itu dari peserta umum yang hadir mengaku bahwa acara MEDEX FK UII sangat bermanfaat sekali. “Acara sejenis ini perlu diadakan lagi tahun depan karena dapat memberi pada  peserta untuk  mendapatkan bayangan tentang kehidupan di Fakulas Kedokteran”, kata Aditya Rahmat Z.

Menurut para  pemateri dari acara ini, Libbie Anatagia S.Psi., M, Psi dan R.Y. Kusumaningtyas mengaku senang dapat menghadiri acara ini yang sangat positif karena pertama dapat memberikan edukasi tentang gangguan kejiwaan bipolar dan menjadi sarana bagus untuk mengenalkan kampus. Kedua pemateri ini juga menyampaikan bahwa secara umum acara ini berjalan lancar, panitianya baik dan pemilihan tema materi bagus.

“Untuk kedepannya akan lebih baik jika acara semacam ini dilanjutkan dengan mengusung tema baru yang sedang hangat diperbincangkan, kemudian memberikan waktu lebih lama untuk diskusi interaktif agar terjalin kontak dengan audience sehingga tidak hanya searah saja.”, demikian kesan dan pesan dari Libbie. Wibowo