Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Kedokteran UII

  • Diposkan oleh
DPM merupakan lembaga mahasiswa tertinggi di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII). DPM mempunyai peran sebagai lembaga legislatif, yaitu sebagai penyalur aspirasi mahasiswa FK UII serta melakukan kontrol terhadap aktifitas Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) dan jajaran dibawahnya.

ANGGOTA DPM
Anggota DPM dipilih melaui mekanisme pemilihan umum mahasiswa (PEMILWA) yang diikuti oleh seluruh mahasiswa FK yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) FK. Kemudian setelah terpilih, anggota DPM mengadakan Sidang Umum, yang kemudian mengangkat Pengurus Inti DPM serta Delegatoris DPM sebagai Ketua LEM.

STRUKTUR ORGANISASI DPM
Pengurus Harian (PH)
Terdiri dari Ketua dan Sekretaris Jendral (Sekjen)
 

Komisi
Guna menjalankan fungsinya sebagai aspirator maka dibentuklah 3 komisi yang mempunyai tugas masing-masing sesuai dengan Garis Garis Besar Program Kerja DPM Fakultas Kedokteran UII, yaitu:

Komisi I (Intern)
Kesejahteraan Mahasiswa dan Keorganisasian
1.Menjadikan lembaga mahasiswa sebagai wadah yang mampu menampung aspirasi mahasiswa
2.Mengoptimalkan peran aktif mahasiswa dalam berbagai bidang
3.Melakukan kajian terhadap masalah-masalah keagamaan, keilmuan dan kemahasiswaan secara intensif yang berorientasi kepada pengembangan intelektual serta tanggap terhadap persoalan-persoalan kemahasiswaan dan kebangsaan yang berkaitan dengan bidang internal serta melibatkan mahasiswa secara aktif.
4.Mewadahi dan mengembangkan potensi mahasiswa melalui lembaga-lembaga kemahasiswaan yang ada di lingkungan FK UII.
5.Melaksanakan fungsi evaluasi dan fungsi kontrol terhadap aktivitas lembaga kemahasiswaan sebagai dasar berjalannya aktivitas lembaga mahasiswa.
6.Menjadikan lembaga mahasiswa sebagai pengawas dan pengontrol terhadap kebijakan birokrasi kampus di FK UII dan melaksanakan fungsi advokasi jika diperlukan.
7.Meningkatkan komunikasi dengan mahasiswa secara periodik, terbuka dan intensif

Komisi II (Ekstern)
Sosial, Politik, dan Kemasyarakatan
1.Meningkatkan peran aktif mahasiswa dalam mencermati dan menyikapi masalah-masalah sosial politik kemahasiswaan dan kemasyarakatan atas dasar sikap yang konsisten dan independen dengan berpegang teguh pada nilai-nilai islam
2.Memberikan akses kepada mahasiswa tentang dunia luar demi terserapnya informasi-informasi yang dibutuhkan dan demi kemajuan lembaga mahasiswa serta kemajuan pendidikan di lingkungan kelembagaan FK UII
3.Menghimpun infomasi intern dan ekstern serta membuat media untuk memberikan akses bagi eksistensi lembaga kemahasiswaan dalam rangka membangun network antar lembaga.
4.Menciptakan hubungan antar lembaga kemahasiswaan baik regional, nasional maupun internasional dengan tidak mengabaikan nilai-nilai keislaman
5.Membendung nilai-nilai yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam, yang menerobos masuk dan berkembang di dalam lingkungan FK UII dengan strategi dan pola kerja yang mengarahkan pada tujuan UII dan Islam.
6.Meningkatkan bergaining position untuk menjadi partner strategis bagi Badan Wakaf, Universitas dan Fakultas dalam menentukan kebijakan yang berhubungan dengan kemahasiswaan.

Komisi III
Administrasi Keuangan
1.Menyusun mekanisme keuangan yang efektif dan efisien dalam sebuah sistem yang cepat, aman dan murah.
2.Menyusun, membukukan dan melaporkan semua pemasukan dan pengeluaran dana secara teperinci dan berkala serta bersifat terbuka.
3.Mengatur pemasukan dan pengeluaran dana bagi kelancaran organisasi serta kegiatan-kegiatan lembaga kemahasiswaan di lingkungan FK UII secara efektif, efisien dan transparan.
4.Menyusun anggaran belanja Dewan Perwakilan Mahasiswa FK UII dan mengesahkan anggaran belanja yang diajukan oleh LEM FK UII selama satu periode.
5.Melakukan kontrol secara periodik per triwulan terhadap inventaris dan penggunaan dana kemahasiwaan oleh LEM FK UII.
6.Setiap pengeluaran dana harus dapat dipertanggungjawabkan secara formal dan material.

Struktur Kepungurasan Dewan Perwakilan Mahasiswa FK UII periode 2011-2012
Ketua DPM : Rio Rialdi (2008)
Sekertaris Jendral : Reza Andhtya (2009)

Ketua Komisi I : Ryo Budiharso (2009)
Staff : Savina Olga Melati (2008)
Rahmat Nugroho (2009)

Ketua Komisi II : Izzah Baridah (2009)
Staff : Muhammad Zuhdan (2009)

Ketua Komisi III : Yemi M (2008)
Staff : Dwi Inggiany (2009)