Bakti Sosial Dosen, Alumni, dan Mahasiswa KKN FK UII Pasca Erupsi Merapi

  • Diposkan oleh
 Meskipun bencana alam letusan Gunung Merapi telah berlalu, namun kehidupan masyarakat di sekitar lereng merapi ternyata masih jauh dari normal. Berbagai masalah kebutuhan hidup, mulai dari tempat tinggal yang hancur hingga fasilitas kesehatan, masih menjadi kendala yang cukup dirasakan oleh para korban pasca erupsi merapi. Beranjak dari hal tersebut, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) yang sedang menjalani kuliah kerja nyata (KKN) di berbagai unit dan wilayah sekitar lereng Merapi berinisiatif untuk mengkoordinir penyelenggaraan Bakti Sosial (baksos) Pelayanan Kesehatan Gratis Pasca Erupsi Merapi di wilayah Shelter Gondang I, Kepuh Harjo, Sleman dan Panggang, Klaten pada hari Minggu tanggal 20 Maret 2011. Selain mahasiswa KKN FK UII, dosen dan alumni FK UII juga berpartisipasi aktif dalam acara tersebut, seperti dr. Ranita Parjaman, dr. Fanny Anissa, dr. Sani Rachman, dr. Yohana Sahara, dan dr. Arie Nugroho.

Menurut Russy Novita, mahasiswi KKN FK UII angkatan 2008 yang menjadi koordinator baksos di Kepuh Harjo, masyarakat yang menjadi korban erupsi Merapi di Shelter Gondang I sangat antusias mengikuti acara tersebut. Mereka berasal dari Dusun Kali Adem dan Jambu. “Jumlah warga yang berobat di sini mencapai 110 pasien dan terdiri dari berbagi kelompok umur, mulai anak-anak, dewasa, hingga lansia. Untuk kasus yang banyak dijumpai antara lain hipertensi, radang sendi, hingga ISPA” jelas Russy, yang juga aktif sebagai pengurus LEM FK UII tersebut.
Tidak jauh berbeda dengan di Kepuh Harjo, pelaksanaan baksos pelayanan kesehatan gratis di wilayah Panggang, Klaten juga dipadati warga. Kegiatan yang dikoordinir oleh Puja, mahasiswa KKN FK UII angkatan 2006 tersebut diikuti oleh 50 pasien dengan berbagai kasus, seperti hipertensi, gastritis, hingga dermatitis. “Kegiatan seperti ini sangat bagus bagi para mahasiswa FK UII yang notabene merupakan calon dokter di masa mendatang. Melalui event seperti ini mereka tidak hanya belajar mengamalkan ilmu tapi juga mengasah jiwa sosial dalam membantu masyarakat yang membutuhkan” ujar dr. Yohana Sahara, salah satu dosen sekaligus alumni FK UII yang berpartisipasi dalam baksos tersebut.