Alhamdulillah, Peserta Seminar Pro Kontra Imunisasi Lebihi Target

  • Diposkan oleh

Yogyakarta (UII News) – Bertujuan memberikan gambaran dan wacana kepada masyarakat tentang pemberian imunisasi, serta memberikan wahana diskusi bagi pihak-pihak yang ingin mengambil kesimpulan tentang isu pro kontra imunusasi yang ada di masyarakat maka FK UII menyelenggarakan Seminar Nasional Pro dan Kontra Imunisasi.

            Hal itu disampaikan oleh Dekan FK UII, dr. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK saat memberikan sambutannya dalam acara tersebut, di Jogjakarta Plaza Hotel, 18 Januari 2015/ 27 Rabiul awal 1436 H, pk. 09.00 WIB dihadiri oleh Rektor UII,Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc berserta tamu undangan, dan diikuti oleh 400 peserta.

            Menurutnya, secara umum, vaksinasi dianggap metode yang efektif untuk mencegah penyakit menular. Agen aktif dari vaksin mungkin utuh tetapi tidak aktif (non-infeksi) atau dilemahkan (dengan infektivitas dikurangi) bentuk pathogen, atau dimurnikan komponen dari pathogen yang telah ditemukan sangat imunogenik (misalnya, protein mantel luar dari virus).

            “Proses pencegahan penyakit menular ini menjadi sangat penting dengan meningkatnya status sosial ekonomi masyarakat yang terjadi saat ini”, katanya.

            Sementara itu selaku koordinator publikasi dan pendaftaran peserta, dr. Putrya Hawa, M.Biomed mengaku sukses penyelenggaraan seminar nasional ini, hal ini dibuktikan dari respon masyarakat, praktisi kesehatan, dokter, bidan serta masyarkat umum yang antusias mendaftar dalam acara ini.

            “Alhamdulillah, peserta yang mendaftar 400 orang lebih, ini melebihi dari target panitia yang hanya mentarget 300 peserta saja”, kata dr. Puty.

            Peserta mengaku senang bisa mengikuti seminar pro dan kontra imunsasi ini, salah satunya Ibu Erna dari Dinkes Klaten, Jateng, menurutnya dengan mengikuti seminar ini, bisa memberikan penjelasan kepada para kader, ibu-ibu tentang pentingnya imunisasi bagi tumbuh kembang putra-putrinya, dan juga terhindar dari penyakit.

            Dalam seminar tersebut, FK UII menghadirkan pemateri yang kompeten dibidang imunisasi, diantaranya adalah dr. Soeroyo Machfudz, MPH, Sp.A (K) dengan judul makalahnya “Imunisasi Lengkap Mencerdaskan Anak Indonesia”, di sesi ke II disampaikan oleh dr. Piprim B, Yanuarso, Sp.A(K) selaku Sekretaris Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dosen FK UI Jakarta dengan makalahnya “Vaksinasi dan Sejarah Keemasan Islam”, dan pemateri dari MUI dengan makalah berjudul “Hukum Imunisasi dan Vaksinasi dalam Islam” disampaikan oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia yang diampu oleh Dr.Drs. H. Makhrus Munajad, SH., M.Hum. Wibowo