Kaliurang (UII News-27/05) – Sebelum memasuki program profesi pendidikan klinik segenap dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia melakukan prosesi Janji Dokter Muda. Pengucapan ini dilakukan dihadapan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia disaksikan oleh Wakil Rektor Universitas Islam Indonesia dan RS Pendidikan RSUD Soedono Madiun.

 

Hal itu disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia, dr. Hj. Linda Rosita, M.Kes, Sp.PK saat memberikan sambutan dalam prosesi Janji Dokter Muda periode Mei 2015 pada hari Rabu, 9 Syaban 1436 H bertepatan dengan tanggal 27 Mei 2015 di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Dr. Sardjito, MPH Universitas Islam Indonesia, yang diikuti 45 mahasiswa yang terdiri dari 30 putri dan 15 putra.

Dekan FK UII menjelaskan bahwa selama menjalankan proses pendidikan klinik segenap dokter muda FK UII wajib menjunjung tinggi almamater dengan membudayakan sikap dan tingkah laku saling senyum, salam dan sapa, serta selalu menjalin komunikasi kepada pihak rumah sakit.

“Rumah Sakit RSUD Soedono Madiun adalah tempat dokter muda FK UII periode Juni ini untuk menempuh pendidikan klinik, perhatikan budaya disana, jaga nama baik diri sendiri, almamater, rumah sakit pendidikan dalam pergaulan serta hati-hati merahasiakan sekaligus menjaga nama baik pasien dan keluarganya”, demikian pesan Dekan FK UII.

Sementara itu dari RSUD Soedono Madiun yang diwakili oleh Wakil Direktur (Wadir) Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, M.Makmun, MM mengaku bangga dengan Dokter Muda FK UII yang dibingkai dalam bentuk kerjasama selama ini, dan mengucapkan selamat datang di RS Madiun yang merupakan RS Pendidikan FK UII berdasarkan SK Kemenkes dan SK Dikti.

“Masyarakat Madiun sukanya bertanya, dimanapun dan mau kemanapun akan selalu bertanya, sehingga dokter muda FK UII siap dan harus bisa menjawab pertanyaan tersebut, misalkan tanya letak loket BPJS, Toilet, dan lain-lain yang berada di RS Soedono Madiun, itulah masyarakat Madiun maunya bertanya, tidak suka membaca”, Kata Pak Makmun dalam sambutannya.

Sementara itu Rektor UII yang dihadiri oleh Wakil Rektor I UII, Dr.-Ing, Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA, IAI mengaja segenap dokter muda FK UII dalam melaksanakan pendidikan klinik di RS Pendidikan selalu mengedepankan aspek Fikir dan Dzikir sebagai wujud implementasi dari mahasiswa FK UII yang selalu mengedepankan berilmu amaliah dan beramal ilmiah, demikian pesannya. Wibowo/Tri