Sarana dan Prasarana

  • Diposkan oleh
Sarana prasarana Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) disediakan lengkap sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kegiatan Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD FK UII).

A.    PERKULIAHAN
 Kegiatan perkuliahan PSPD FK UII dilaksanakan di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Dr. Sardjito, MPH. Gedung kuliah tiga lantai memiliki 5 ruang kuliah teaterikal dan satu ruang sidang/rapat. Gedung ini dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai. Setiap ruang kuliah dilengkapi dengan fasilitas audio visual yang baik dan terkoneksi internet. Selain itu, di lingkungan GKU juga dilengkapi dengan kantin, hotspot dan fasilitas parkir yang luas.
 

 
 
 
 
B.    DISKUSI TUTORIAL
 Kegiatan diskusi tutorial merupakan salah satu kegiatan utama dalam PBL. Mahasiswa dibagi dalam kelompok-kelompok diskusi yangmasing-masing  terdiri atas 10-12 orang. Kegiatan dilaksanakan di 42 ruang diskusi tutorial. Setiap ruangan dilengkapi dengan meja diskusi, kursi, white board, alat tulis, flipchart, TV 32 inchi, AC. Selain itu, karena ruangan untuk diskusi tutorial juga dimanfaatkan untuk kegiatan ketrampilan medik, ruang ini juga dilengkapi dengan tempat tidur pasien, lampu untuk membaca foto radiologi.
 
 
 
C.    PRAKTIKUM
 1.    Laboratorium Biomedik
Fakultas kedokteran dilengkapi dengan fasilitas laboratorium biomedik yang terdiri atas Laboratorium Anatomi, Laboratorium Mikrobiologi, laboratorium Parasitologi, Laboratorium Biokimia, Laboratorium Histologi, Laboratorium patologi Anatomi, Laboratorium Faal, Laboratorium Farmakologi dan Laboratorium Patologi Klinik. Laboratorium tersebut dimanfaatkan untuk kegiatan praktikum terjadwal, praktikum mandiri dan juga penelitian dosen dan mahasiswa. Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas alat yang sangat memadai.
 
2.    Laboratorium Ketrampilan Medik
Untuk melatih ketrampilan klinis mahasiswa, FK UII dilengkapi dengan fasilitas Labortaorium Ketrampilan Medik. Dengan mengikuti latihan ketrampilan medik terjadwal setiap Selasa dan kamis serta latihan mandiri, mahasiswa diharapkan dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. Laboratorium Ketrampilan Medik dilengkapi dengan alat-alat yang sangat lengkap. Selain itu, FK UII memiliki ruang ujian OSCE yang sudah memenuhi standar nasional.
 
3.    Laboratorium Komputer
 Laboratorium Komputer FK UII memiliki 64 komputer yang terkoneksi internet. Laboratorium komputer ini dimanfaatkan untuk kegiatan praktikum ketrampilan belajar, pelatihan-pelatihan, mengakses jurnal dan informasi on-line dan juga ebook.

 
 
 
 
 
 
D.    PERPUSTAKAAN
Perpustakaan FK-UII berada diGedung Utama Unit XII Lantai IV sayap barat Fakultas Kedokteran UII Kampus Terpadu. Jam buka Senin-Jum'at : 08.00-16.30m Sabtu : 08.00-14.00. Adapun fasilitas yang dimiliki adalah :
  • Koleksi terdiri atas buku teks, Atlas kedokteran, Surat kabar, Jurnal dan Majlah kedokteran, Kaset, CD. 
  • Sistem Informasi Perpustakaan (SIMPUS) yang terintegrasi dengan SIM UII untuk kemudahan pengelolaan anggota, penelusuran dan peminjaman.
  • Laboratorium Multimedia
  • Ruang ber-AC dilengkapi meja belajar dan meja diskusi
  • Layanan Fotokopi
Keanggotaan
  • Anggota Perpustakaan adalah seluruh civitas akademika FK UII.
  • Bersifat otomatis (terdaftar / registrasi di UII = anggota).
  • Free charges !
  • Hemat kartu, cukup menggunakan kartu mahasiswa (KTM) untuk melakukan semua transaksi perpustakaan di seluruh UII.

Peminjaman koleksi
Anggota

  • Peminjaman buku sebanyak 3 eksemplar selama 5 hari.
  • Peminjaman buku cadangan dan referensi sebanyak 2 eksemplar selama 1 hari.
  • Denda keterlambatan Rp. 1000,- setiap 1 hari dan Rp 2000,- setiap 1 hari untuk buku cadangan.

Layanan lainnya

  • Layanan spesial: Paket Liburan, Paket Spesial Lebaran
  • Informasi Daftar Buku Blok dan Perkuliahan
  • Kliping berita/artikel kedokteran populer
  • Layanan pembayaran denda

Non Anggota
– Layanan peminjaman koleksi (terbatas) untuk civitas akademika UII (non FK)
– Layanan membaca di tempat dan fotokopi bagi pengunjung dari luar UII

Langkah peminjaman buku

  • Cari buku melalui katalog online
  • Catat label buku yang diinginkan
  • Ambil buku dari rak
  • Serahkan ke counter sirkulasi beserta KTM
  • Tunggu sampai proses selesai

Staf
1 Ahmad Sofyan Hadi, Koordinator Perpustakaan / Urusan Pelayanan Pemakai
2 Marni Utami  Urusan Manajemen Koleksi
3 Muhammad Lukman, Urusan Pemeliharaan Koleksi

 Selain perpustakaan Fakultas Kedokteran, civitas akademika juga dapat memanfaatkan perpustakaan universitas “Mohammad Hatta”. Saat ini, jumlah koleksi buku yang tersedia kurang lebih berjumlah 213.088 eksemplar, tak kurang dari 7000 koleksi bertambah setiap tahunnya melengkapi koleksi yang sudah ada. E-library sebagai salah satu bentuk kemajuan di bidang teknologi informasi juga sudah diterapkan di perpustakaan baru ini.

 
Saat ini user dimanjakan dengan sistem pengecekan otomatis (Selfcheck) baik saat meminjam dan mengembalikan buku. Alat panduan pengamanan (security guide) juga telah terpasang di perpustakaan baru kita. Security Guide ini terpasang di setiap pintu keluar dan masuk ruang buku. Setiap buku yang dibawa user melewati alat ini tanpa terlebih dahulu diproses secara benar akan terdeteksi secara otomatis oleh alat tersebut karena setiap buku sudah terpasang RFID (Radio Frequency ID). Kerjasama dengan perpustakaan di kampus lain juga terus dikembangkan baik di dalam maupun diluar negeri. Perpustakaan UII bersama perpustakaan perguruan tinggi di Yogyakarta telah tergabung dengan hub Jogja Library for All. UII menargetkan dalam setahun ke depan kerjasama dengan setidaknya dua puluh perguruan tinggi di Indonesia dapat terjalin.

E.    PUSKESMAS
 Fakultas Kedokteran universitas Islam Indonesia menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen dalam hal pelaksanaan caturdarma. Saat ini, Puskesmas yang ada di kedua kabupaten tersebut dimanfaatkan sebagai lahan praktek dokter muda (koassisten) Ilmu Kesehatan Masyarakat dan juga untuk kegiatan Program pengenalan Klinik di tahap pendidikan Sarjana Kedokteran.

 
 
 
 
 
 
F.    RUMAH SAKIT PENDIDIKAN
Fakultas Kedokteran UII menjalin kerjasama dengan beberapa rumah sakit sebagai lahan praktek dokter muda selama menempuh pendidikan klinik. Saat ini, RSUD dr.Soedono Madiun telah menjadi Rumah Sakit Pendidikan yang terakreditasi. FK UII juga sedang proses pendampingan RS lain untuk memperoleh akreditasi sebagai Rumah Sakit Pendidikan.
  1. RSUD dr. Soedono Madiun
  2. RSU Kardinah Tegal
  3. RSUD Kebumen
  4. RSUD Muntilan Kabupaten Magelang
  5. RSUD Wonosari
  6. RSUD Sragen
  7. RS Ghrasia Pakem
  8. RS Islam Klaten
  9. Fakultas Kedokteran UNS
  10. RS Bhayangkara Semarang
  11. RSUD Dr Soeroto Ngawi
  12. RSUD Dr Sayidiman Magetan
  13. RSUD Purbalingga
  14. RSUD Dr Soetrasno Rembang
  15. RSUD Caruban
  16. RS Jiwa Magelang
  17. RSUD Kraton Pekalongan
  18. RSI Siti Khotijah
  19. RSUD Pacitan
  20. RSJD Dr RM Soedjarwadi Klaten
  21. Puskesmas di Lingkungan Kabupaten Magelang

G.    SARANA PENUNJANG KEGIATAN YANG LAIN
1.    Masjid dan musholla
a.    Masjid Ulil Albab
 Sebagai universitas yang mengusung nilai ajaran islam, keberadaan masjid Ulil albab bagi UII memiliki arti yang sangat strategis bagi pembinaan keagamaan semua civitas akademika UII. Masjid Ulil albab memiliki luas 6450 m2 yang dapat menampung 1500 jamaah. Masjid ini tidak hanya dipergunakan untuk kepentingan ibadah semata, tetapi telah dikembangkan sedemikian rupa juga sebagai pusat penelitian dalam hal ini yaitu Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM). Informasi terkait dengan mesjid Ulil Albab dapat dilihat pada ulilalbab
 
b.    Musholla Baitul Hadi
Selain masjid Ulil Albab, gedung unit 12 juga dilengkapi dengan Musholla Baitul Hadi. Musholla ini dimanfaatkan untuk kegiatan sholat, tadarus dan juga kajian-kajian keagamaan

2.    Kantor Lembaga Kemahasiswaan
 FK UII memfasilitasi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan intra dan ekstra kampus salah satunya dengan menyediakan ruang kantor lembaga mahasiswa yang terletak di unit 12.

 
 
 
 
 
 
 
 
3.    Student Area
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
4.    Parkir

5.    Asrama Mahasiswa
 Asrama mahasiswa merupakan bagian yang penting untuk pembinaan dan pengembangan mahasiswa. UII memiliki dua buah asrama yaitu asrama putra dan putri yang dibangun atas hibah pemerintah melalui kementerian perumahan rakyat. Bangunan ini terdiri dari empat lantai dan 120 kamar. Asrama ini dipergunakan untuk pembinaan keagamaan mahasiswa yang dikelola oleh Direktorat Penelitian dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI).
 

 
 
 
 
 
6.    Fasilitas Olahraga
a.    Gymnasium
 UII sangat peduli terhadap kesehatan semua civitas akademikanya. Oleh karena itu, di area kawasan kampus terpadu UII telah disediakan berbagai infrastruktur olah raga yang sangat memadai yang meliputi gedung olah raga, lapangan sepak bola, lapangan tenis dan lapangan basket. Fasilitas ini dimanfaat oleh semua civitas akademika untuk berolah raga dan berkompetisi untuk membangun sebuah semangat spoirtifitas dalam mengahadapi persaingan. Diharapkan dengan adanya fasilitas ini maka akan lahir generasi yang cerdas dan sehat dalam menghadapi dinamika kehidupan dan persaingan global.
 b.    lapangan
7.    Kantin
8.    Poliklinik Unisia Polifarma
 Poliklinik merupakan fasilitas Kesehatan milik Universitas Islam Indonesia yang ditujukan untuk melayani kesehatan bagi seluruh karyawan dan mahasiswa. Layanan kesehatan di Poliklinik Unisi Polifarma diberikan oleh dokter umum, dokter spesialis dan perawat.
 
 
 
 
 
 
 
9.    Pusat Bahasa (CILACS)
 Center for International Language and Culture Studies (CILACS) merupakan pusat bahasa yang dikelola secara tersendiri oleh universitas. Lembaga ini memberikan layanan kursus bahasa asing seperti Inggris, Arab, Jepang, Mandarin, dan Korea. Guna meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa Prodi TL, maka dilakukan program intensif kelas bahasa Inggris selama dua semester bagi mahasiswa baru. Program ini telah berjalan secara efektif sejak tahun ajaran 2010/2011. Pada program ini mahasiswa wajib mengikuti kelas bahawa setiap hari selama dua semester. Diharapkan dengan adanya program ini maka akan dapat meningkatkan kemampuan bahasa bagi mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan. Informasi lebih lanjut tentang CILACS dapat berkunjung ke http://www.cilacs.com/.
 
10.    Rumah Sakit JIH
 Rumah sakit Jogja International Hospital (JIH) merupakan icon kesehatan tersendiri tidak hanya bagi UII tetapi juga bagi Yogyakarta sebagai kota wisata. JIH memberikan layanan kesehatan berstandar internasional dengan infrastruktur bangunan dan peralatan medis yang sangat modern. Selain untuk layanan publik, JIH juga memberikan layanan khusus bagi seluruh civitas akademika UII. Selain itu rumah sakit ini juga memiliki komitment yang tinggi terhadap pengelolaan lingkungan akibat adanya buangan limbah rumah sakit. JIH juga dimanfaatkan oleh mahasiswa dan dosen sebagai media untuk melakukan penelitian sesuai dengan bidang kompetensi masing-masing. Informasi lebih lanjut dapat dilihat ke http://www.rs-jih.com/gardenia/.
 
11.    Student center
 Student center merupakan fasilitas yang diberikan oleh UII untuk kegiatan mahasiswa. Gedung ini memiliki luas 3.948 m2 yang dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana seperti ruang lembaga mahasiswa, meeting room, dan juga guest house. Di area ini mahasiswa dapat mengaktualisasikan berbagai bakat dan kemampuannya. Saat ini terdapat beberapa lembaga kemahasiswaan seperti LEM, BEM, MAPALA, minat bakat seperti drumband, basket, futsal, beladiri dan sebagainya. Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh kegiatan minat dan bakat ini baik pada tingkat nasional maupun internasional.

 

12.    Media Teknologi Informasi
UII telah mengembangkan teknologi informasi yang sangat handal sehingga semua unit di lingkungan UII telah memanfaatkan TI untuk kepentingan administrasi, akademik, perpustakaan, keuangan, SDM, dan juga pengelolaan aset. Untuk mendukung kegiatan, FK UII berlanggan bandwith sebesar 5 Giga. jumlah tersebut sangat mencukupi kebutuhan civitas akademika.
13.    Radio Unisi FM
 Radio Unisi FM merupakan jembatan komunikasi publik antara UII dengan masyarakat. Media komunikasi ini dijadikan sebagai corong UII dan juga Fakultas Kedokteran untuk menyebarkan berbagai informasi kepada masyarakat antara lain kegiatan penyuluhan kesehatan “Solusi Sehat” yang dilaksanakan setiap Senin pukul 15.15 WIB. Narasumber acara tersebut adalah staf pengajar FK UII. Sedangkan UII news merupakan media cetak untuk memberitakan berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh semua unit yang ada di UII termasuk Fakultas Kedokteran. Informasi lebih lanjut mengenai Radio Unisi dapat dilihat pada unisi fm